Metode Pengereman Regeneratif Pada Motor Listrik

Wednesday, February 25th 2015. | Teori Elektronika

Pengeraman pada motor listrik dapat dilakukan dengan beberapa metode, metode pengeraman motor listrik secara elektrik adalaha metode pengeraman regeneratif. Gambar  rangkaian di bawah ini menjelaskan mengenai rangkaian pemutus yang bekerja sebagai pengereman regeneratif. Vo adalah gaya gerak listrik yang dibangkitkan oleh mesin arus searah, sedangkan Vt adalah tegangan sumber bagi motor sekaligus merupakan batere yang diisi. Ra dan La masing-masing adalah hambatan dan induktansi jangkar.

Gambar Rangkaian Pengereman Regeneratif

Metode Pengereman Regeneratif Pada Motor Listrik,Gambar Rangkaian Pengereman Regeneratif,Metode Pengereman Regeneratif,pengereman motor listrik,pengereman elektrik motor listrik,metode pengereman elektrik,pengereman motor listrik

Prinsip kerja rangkaian pengereman regeneratif diatas adalah sebagai berikut :

Ketika saklar pemutus dihidupkan, maka arus mengalir dari jangkar, melewati skalar dan kembali ke jangkar. Ketika sakalar pemutus dimatikan, maka energi yang tersimpan pada induktor jangkar akan mengalir melewati dioda, baterai dengan tegangan Vt dan kembali ke jangkar. Analogi rangkaian sistem pengereman regeneratif dari gambar di atas dapat dibagi menjadi dua mode. Mode-1 ketika saklar on dan mode ke-2 ketika saklar off seperti ditunjukkan pada gambar di bawah ini.

Gambar Rangkaian Ekivalen Metode Pengereman Regeneratif

Gambar Rangkaian Ekivalen Metode Pengereman Regeneratif,rangkaian ekivalen pengereman motor listrik,rangkaian ekivalen pengereman regeneratif,rangkaian ekivalen pengereman elektrik

Gambar A diatas merupakan rangkian ekivalen untuk posisi saklar ON dan gambar B adalah rangkaian ekivalen posisi saklar OFF.

dengan :

Vo = gaya gerak listrik
La = induktansi jangkar
Ra = resistansi jangkar
Vt = tegangan baterai
i1  = kuat arus jangkar ketika pemutus on (arus tidak melewati baterai)
i2  = kuat arus jangkar ketika pemutus off ( arus melewati baterai)

Sedangkan gambar di bawah ini menunjukkan arus jangkar yang kontinyu dan yang tidak kontinyu.

Gambar Arus Jangkar Kontinyu Dan Terputus

Gambar Arus Jangkar Kontinyu Dan Terputus,arus jangkar kontinyu,arus jangkar tertutup,arus jangkar pada pengereman regeneratif,arus pengereman motor listrik,kondisi arus pengereman regeneratif,jenis pengereman motor listrik,metode pengeramna pada motor lidtrik

dengan:

I1o = kuat arus jangkar saat pemutus mulai on
I2o = kuat arus jangkar saat pemutus mulai off
ton = lama waktu pemutus on
toff = lama waktu pemutus off
td = lama waktu dimana i2 tidak nol
Tp = perioda pemutus , Tp = ton + toff

Berbagi Artikel "Metode Pengereman Regeneratif Pada Motor Listrik":

Artikel Terkait "Metode Pengereman Regeneratif Pada Motor Listrik"

Karena ilmu itu adalah cahaya yang selalu menerangi setiap kehidupan kita. Diperbolehkan meng-copy tulisan di blog ini dengan tetap menjaga amanah ilmiyah & mencantumkan URL Link alamat blog ini. Dan mohon koreksi apabila terdapat kesalahan dalam penyampaian materi. Semoga artikel "Metode Pengereman Regeneratif Pada Motor Listrik" memberikan manfaat. Terima kasih

Like Untuk Ikuti Perkembangan Materi Elektronika

Buat Pesan Untuk Artikel "Metode Pengereman Regeneratif Pada Motor Listrik"

Be nice, Keep it clean, Stay on topic and No spam.
0+7= (Plus)