Karakter Dan Aplikasi Induktor Toroid

Friday, August 3rd 2012. | Teori Elektronika

Induktor toroid adalah induktor yang dibuat pada inti atau core berbentuk lingkaran seperti donat. Jika biasanya induktor berbentuk silinder memanjang, maka toroid berbentuk lingkaran. Biasanya selalu menggunakan inti besi (core) yang juga berbentuk lingkaran seperti kue donat.

Bentuk Umum Induktor Toroid

Karakter Dan Aplikasi Induktor Toroid,Induktor Toroid,karakter Induktor Toroid,spesifikasi Induktor Toroid,sifat Induktor Toroid,teori Induktor Toroid,pengertian Induktor Toroid,prinsip kerja Induktor Toroid,sifat Induktor Toroid,keuntungan Induktor Toroid,kelebihan Induktor Toroid,mendan magnet Induktor Toroid,flux magnet Induktor Toroid,arus medan Induktor Toroid,bentuk Induktor Toroid,membuat Induktor Toroid,jumlah lilitan Induktor Toroid,aplikasi Induktor Toroid,rumus Induktor Toroid,induktansi Induktor Toroid,kualitas Induktor Toroid,kelebihan Induktor Toroid,penggunaan Induktor Toroid,penerapan Induktor Toroid,contoh Induktor Toroid,ukuran Induktor Toroid,Bentuk Umum Induktor Toroid,core  Induktor Toroid,inti induktor toroid,torid,toroidal,induktor lingkaran,induktor donat

Jika jari-jari toroid adalah r, yaitu jari-jari lingkar luar dikurang jari-jari lingkar dalam. Maka panjang induktor efektif adalah kira-kira :

l=2\pi r

Dengan demikian untuk toroida besar induktansi L adalah :

L=\frac{\mu \mu _{0}N^{2}A}{2\pi r}

Salah satu keuntungan induktor berbentuk toroid, dapat induktor dengan induktansi yang lebih besar dan dimensi yang relatif lebih kecil dibandingkan dengan induktor berbentuk silinder. Juga karena toroid umumnya menggunakan inti (core) yang melingkar, maka medan induksinya tertutup dan relatif tidak menginduksi komponen lain yang berdekatan di dalam satu pcb.

Aplikasi Induktor Toroid

Induktor toroid dapat ditemui pada perangkat radio atau power supply switching. Induktor toroid pada rangkaian power supply berfungsi sebgai filter. Pada saat ini induktor toroid juga dapat ditemui dalam bentuk transformer, terutama transformer pada power amplifer daya besar.

Kelebihan Induktor Toroid

  • Medan magnet yang tetutup, sehingga medan magnet yang dihasilkan oleh induktor toroid tidak akan menginterferensi perangkat elektronik yang lain.
  • Bentuk fisik yang lebih kecil untuk nilai induktensi yang sama dengan induktor jenis lain. Bentuk fisik yang kecil ini memberikan keuntungan efisiensi tempat perakitan induktor.
  • Medan magnet yang lebih kuat, sehingga induktor toroid dapat menghemat jumlah lilitan dalam pembuatan induktor dengan bentuk toroid.
  • Fisik yang lebih kecil dan lebih ringan.

Berbagi Artikel "Karakter Dan Aplikasi Induktor Toroid":

Artikel Terkait "Karakter Dan Aplikasi Induktor Toroid"

Karena ilmu itu adalah cahaya yang selalu menerangi setiap kehidupan kita. Diperbolehkan meng-copy tulisan di blog ini dengan tetap menjaga amanah ilmiyah & mencantumkan URL Link alamat blog ini. Dan mohon koreksi apabila terdapat kesalahan dalam penyampaian materi. Semoga artikel "Karakter Dan Aplikasi Induktor Toroid" memberikan manfaat. Terima kasih

Like Untuk Ikuti Perkembangan Materi Elektronika

Buat Pesan Untuk Artikel "Karakter Dan Aplikasi Induktor Toroid"

Be nice, Keep it clean, Stay on topic and No spam.
1+6= (Plus)