Power Amplifier Kelas AB

Wednesday, February 4th 2015. | Audio, Teori Elektronika

Power Amplifier kelas AB ini dibuat bertujuan untuk membentuk penguat sinyal yang tidak cacat (distorsi) dari penguat kelas A dan untuk mendapatkan efisiensi daya yang lebih baik seperti pada amplifier kelas B. Karena amplifier kelas A memiliki efisiensi daya yang rendah (±25%) yang disebaban titik kerja berada di 1/2 VCC tetapi memiliki kualitas sinyal yang terbaik. Sedangkan amplifier kelas B memiliki efisiensi daya yang baik (±85%) karena titik kerja mendekati VCC tetapi kualitas suara yang kurang baik. Sehingga dibuat amplifier kelas AB yang memiliki efisiensi daya penguatan sinyal (±60%) dengan kualitas sinyal audio yang baik. Titik kerja amplifier kelas AB dapat dilihat pada grafik garis beban berikut.

Grafik Titik Kerja Amplifier Kelas AB

grafik kelas AB,garis beban amplifier kelas AB,grafik amplifier kelas AB,titik kerja amplifier kelas AB,bentuk grafik amplifier kelas AB,titk kerja penguat kelas AB,titik kerja kelas AB

Dengan menempatkan titik kerja rangkaian power amplifier kelas AB berada diantara titik kerja kelas A dan kelas B seperti terlihat pada grafik titik kerja rangkaian diatas, penguat kelas AB dimaksudkan mendapatkan karakteristik dasar gabungan dari amplifier kelas A dan amplifier kelas B.

Rangkaian Dasar Power Amplifier Kelas AB

amplifier kelas AB,rangkaian amplifier kelas AB,dasar rangkaian kelas AB,power amplifier kelas AB,rangkaian power amplifier kelas AB,rangkaian dasar power kelas AB

Power amplifier kelas AB pada umumnya menggunakan sumber tegangan simetris. Fungsi dioda pada rangkaian penguat kelas AB diatas adalah untuk memecah sinyal sisi puncak positif dan sisi sinyal puncak negatif. Q1 dan Q2 masing-masing berfungsi sebagai penguat sinyal sisi puncak positif dan puncak negatif.

Pada saat menguatkan sinyal sinus maka pada rangkaian amplifier kelas AB diatas dapat dihitung tegangan output dan daya output dari rangkaian diatas sebagai berikut.

Tegangan output RMS :    V'_{rms}\approx \frac{\sqrt{2}V_{d}R_{L}}{R_{E}}

Daya Output :   P'_{L}\approx \frac{2V_{d}^{2}R_{L}}{R_{E}^{2}}

Dimana Vd adalah tegangan dioda antara basis dan Vin

Rangkaian diatas merupakan rangkaian dasar power amplifier kelas AB yang sering diaplikasikan pada power amplifier OCL, OTL maupun BTL. Power amplifier kelas AB ini cocok digunakan sebagai penguat sinyal audio karena memiliki efisiensi daya yang baik dan sinyal output yang dihasilkan tidak mengalami distorsi.

Berbagi Artikel "Power Amplifier Kelas AB":

Artikel Terkait "Power Amplifier Kelas AB"

Karena ilmu itu adalah cahaya yang selalu menerangi setiap kehidupan kita. Diperbolehkan meng-copy tulisan di blog ini dengan tetap menjaga amanah ilmiyah & mencantumkan URL Link alamat blog ini. Dan mohon koreksi apabila terdapat kesalahan dalam penyampaian materi. Semoga artikel "Power Amplifier Kelas AB" memberikan manfaat. Terima kasih

Like Untuk Ikuti Perkembangan Materi Elektronika

Buat Pesan Untuk Artikel "Power Amplifier Kelas AB"

Be nice, Keep it clean, Stay on topic and No spam.
2+5= (Plus)