Rangkaian Dasar Photo Transistor

Saturday, June 23rd 2012. | Rangkaian, Sensor / Tranducer, Teori Elektronika

Photo transistor merupakan sensor cahaya yang dapat digunakan untuk aplikasi dengan cahaya infra merah dan cahaya matahari. Photo transistor dapat dioperasikan secara langsung untuk mendapatkan logika output dari perubahan cahaya yang diterima oleh photo transistor tersebut atau dengan menambahkan penguat transistor untuk meningkatkan performa dan kecepatan respon photo transistor. Rangkaian dasar yang dapat digunakan untuk menggunakan photo transistor sebagai sensor cahaya dapat menggunakan rangkaian sederhana berikut.

1. Rangkaian Dasar Dengan Logika HIGH Pada Saat Mendeteksi Cahaya

rangkaian dasar photo transistor,konfigurasi dasar photo transistor,skema photo transistor,aplikasi photo transistor,teori photo transisto,prisip kerja photo transistor,photo transistor aktif high,skema dasar photo transistor,skema aplikasi photo transistor,photo transistor aktif high,Rangkaian Dasar Dengan Logika HIGH Pada Saat Mendeteksi Cahaya

Dengan konfigurasi pada gambar 1 pertama diatas photo transistor sudah dapat memberikan logika HIGH pada saat menerima pancaran cahaya. Pada saat menerima cahaya maka nilai konduktifitas kaki kolektor – emitor akan naik sehingga Vout mendapat sumber tegangan dari Vcc melalui kaki emitor photo transistor sehingga Vout berlogika HIGH dan sebaliknya pada saat tidak menerima cahaya maka photo transistor OFF dan Vout dihubungkan ke ground melalui RL sehingga berlogika LOW.

Kemudian untuk konfigurasi kedua dari gambar 1 diatas pada saat photo transistor menerima cahaya maka photo transistor konduk sehingga TR1 tidak mendapat bias basis sehingga TR1 OFF dan Vout berlogika HIGH. Kemudian pada saat photo transistor tidak menerima cahaya makan photo transistor OFF dan basis transistor TR1 mendapat bias maju sehingga TR1 ON dan Vout dihubungkan ke ground melalui TR1 sehingga Vout berlogika LOW.

2. Rangkaian Dasar Dengan Logika LOW Pada Saat Mendeteksi Cahaya

Rangkaian Dasar Dengan Logika LOW Pada Saat Mendeteksi Cahaya,rangkaian dasar photo trnasistor aktif low,skema dasar photo transistor aktif low,konfigurasi photo transistor aktif low,membuat photo transistor aktif low,sena photo transistor,sensor cahaya aktif lowsor cahay

Dari gambar 2 rangkaian pertama diatas pada saat photo transistor menerima cahaya maka photo transistor ON sehingga Vout dihubungkan ke ground melalui photo transistor sehingga Vout berlogika LOW dan sebaliknya pada saat tidak menerima cahaya maka photo transistor OFF dan Vout dihubungkan ke Vcc melalui RL sehingga berlogika HIGH.

Kemudian untuk konfigurasi kedua dari gambar 2 diatas pada saat photo transistor menerima cahaya maka photo transistor konduk sehingga TR1 mendapat bias basis sehingga TR1 ON dan Vout dihubungkan ke ground oleh TR1 sehingga Vout berlogika LOW. Kemudian pada saat photo transistor tidak menerima cahaya makan photo transistor OFF dan basis transistor TR1 tidak mendapat bias maju sehingga TR1 OFF dan Vout dihubungkan ke Vcc melalui RL sehingga Vout berlogika HIGH.

Berbagi Artikel "Rangkaian Dasar Photo Transistor":

Artikel Terkait "Rangkaian Dasar Photo Transistor"

Karena ilmu itu adalah cahaya yang selalu menerangi setiap kehidupan kita. Diperbolehkan meng-copy tulisan di blog ini dengan tetap menjaga amanah ilmiyah & mencantumkan URL Link alamat blog ini. Dan mohon koreksi apabila terdapat kesalahan dalam penyampaian materi. Semoga artikel "Rangkaian Dasar Photo Transistor" memberikan manfaat. Terima kasih

Like Untuk Ikuti Perkembangan Materi Elektronika

Buat Pesan Untuk Artikel "Rangkaian Dasar Photo Transistor"

Be nice, Keep it clean, Stay on topic and No spam.
3+5= (Plus)