Voltage Dependent Resistor (VDR)

Friday, November 30th 2012. | Komponen

VDR adalah “ Voltage Dependent Resistor “ semikonduktor yang secara prinsip sebagai penggabungan secara anti pararel dari hubungan seri PN Junction. Ketika sebuah tegangan variabel DC disambungkan ke VDR (Voltage Dependent Resistor) tanpa memperhatikan polaritas, arus mengalir menyebabkan tegangan diseluruh PN Junction yang terhubung seri. Oleh karena itu, VDR (Voltage Dependent Resistor) mempunyai tahanan tinggi saat tegangan rendah dan bertahanan rendah saat tegangan tinggi.

Gambar Simbol VDR (Voltage Dependent Resistor)

Voltage Dependent Resistor (VDR),varistor,VDR,teori varistor,teori VDR,definisi VDR,pengertian varistor,harga VDR,harga varistor,jual varistor,fungsi varistor,aplikasi vdr,fungsi vdr

Gambar Bagian-bagian VDR (Voltage Dependent Resistor)

bagian vdr,konstruksi vdr,struktur vdr,susunan vdr,struktur varistor,konstruksi varistor,komponen varistor,penyusun vdr,bagian VDR (Voltage Dependent Resistor)

Keterangan:

a. Pelat metal
b. Zink oxid
c. Metal oxid
d. Bahan PVC
e. Kaki VDR (Voltage Dependent Resistor)

Karakteristik VDR (Voltage Dependent Resistor)

VDR (Voltage Dependent Resistor) disebut juga sebagai varistor yaitu suatu resistor dengan nilai tahanan yang variabel non-linier tergantung dari nilai tegangan yang diberikan pada VDR (Voltage Dependent Resistor) tersebut. Nilai resistansi VDR (Voltage Dependent Resistor) akan tinggi pada saat tegangan yang diberikan pada VDR tersebut berda dibawah tegangan ambang (treshold) dan resistansi akan turun dengan cepat pada saat tegangan yang diberikan pada VDR tersebut melebihi nilai ambang (treshold).

Gambar Karakteristik VDR (Voltage Dependent Resistor)

 Karakteristik VDR (Voltage Dependent Resistor),sifat vdr,karakteristik varistor,sifat varistor

Dari karakteristik VDR  (Voltage Dependent Resistor) di atas, dapat kita ketahui bahwa dengan bertambah besarnya harga tegangan yang terdapat diujung kedua VDR (Voltage Dependent Resistor), maka hambatan VDR (Voltage Dependent Resistor) semakin menurun. Dalam praktek VDR (Voltage Dependent Resistor) digunakan sebagai stabilisator tegangan, atau sebagai pengaman rangkaian terhadap kelebihan tegangan.

Berbagi Artikel "Voltage Dependent Resistor (VDR)":

Artikel Terkait "Voltage Dependent Resistor (VDR)"

Karena ilmu itu adalah cahaya yang selalu menerangi setiap kehidupan kita. Diperbolehkan meng-copy tulisan di blog ini dengan tetap menjaga amanah ilmiyah & mencantumkan URL Link alamat blog ini. Dan mohon koreksi apabila terdapat kesalahan dalam penyampaian materi. Semoga artikel "Voltage Dependent Resistor (VDR)" memberikan manfaat. Terima kasih

Like Untuk Ikuti Perkembangan Materi Elektronika

Buat Pesan Untuk Artikel "Voltage Dependent Resistor (VDR)"

Be nice, Keep it clean, Stay on topic and No spam.
4+6= (Plus)