USB (Universal Serial Bus)

Tuesday, November 27th 2012. | Artikel Elektronika

USB (Universal Serial Bus) merupakan hasil kesepakatan raksaksa-raksaksa industri komputer, antara lain Compaq, DEL, IBM, Intel, Microsoft, NEC dan Northern Telecom  selama bertahun-tahun, untuk menentukan standar baru menghubungkan komputer dengan peralatan eksternal yang dinamakan sebagai Universal Serial Bus (USB).

Sifat Dan Kemampuan USB (Universal Serial Bus)

  • Mudah dihubungkan ke komputer karena tidak perlu membukapenutup komputer.
  • Bentuk konektor USB seragam, hanya ada dua bentuk tipe socket.
  • Hot-plugable – artinya peralatan USB dapat dihubungkan saatkomputer hidup
  • Plug and Play – artinya peralatan USB mudah digunakan, saat dihubungkan ke komputer, komputer akan mengenali mengambilprogram (driver) yang sesuai dengan peralatan tersebut.
  • Perlatan yang memerlukan sumber daya kecil, bisa mengambil sumber daya dari port USB. Sumber daya peralatan dimatikan saattidak digunakan.
  • Kecepatan transfer data tinggi, dapat mencapai 12 Mbps.
  • Satu port USB dapat dihubungkan dengan 127 alat.
  • Memiliki pemantau kesalahan dan pengiriman data akan diulanguntuk menjamin reliabilitas data.

Konstruksi Port USB (Universal Serial Bus)

Konektor USB hanya ada 2 macam, yakni konektor type A dan konektor type B seperti terlihat dalam gambar dibawah. Konektor type A dipakai untuk menghubungkan kabel USB ke terminal USB yang ada pada bagian belakang komputer produksi berapa tahun terakhir ini. Konektor type B dipakai untuk menghubungkan kabel USB ke terminal USB yang ada pada peralatan, untuk peralatan USB yang sederhana, misalnya mouse, biasanya tidak pakai konektor B, untuk menghemat beaya kabel langsung dihubungkan ke bagian dalam mouse.

Gambar Port USB (Universal Serial Bus)

USB (Universal Serial Bus),Universal Serial Bus,USB,sejarah USB,teori USB,port USB,kabel USB,terminal USB,Sifat Dan Kemampuan USB (Universal Serial Bus),karakteristik USB,keunggulan USB,kelebihan USB,Konstruksi Port USB (Universal Serial Bus),Bentuk konektor USB,Konektor USB,tipe port USB,perkembangan port USB,versi port USB

Dalam acuan baku ditentukan pesayaratan yang sangat ketat untuk kabel USB, tidak sembarang kabel bisa dipakai, lebih-lebih untuk USB dengan kecepatan transfer data penuh sampai 1.2 Mega bps. Sehingga kabel USB selalu dijual dalam bentuk sudah jadi, ujung yang satu terpasang konektor type A dan ujung satunya terpasang konektor type B, tidak ada yang menjual konektor USB secara lepas.

Pada komputer, biasanya terdapat dua buah terminal untuk konektor type A, jadi dengan mudah bisa dipasangkan 2 buah peralatan USB. Perusahaan pembuatan mother board ada yang membuat terminal USB tambahan, bisa dibeli jika ingin menambahkan lebih dari 2 peralatan USB. Terminal USB pada komputer dinamakan sebagai ‘Root Hub’.

Gambar USB HUB

USB Hub,USB root HUB,USB switch,harga USB,struktur USB HUB,kontruksi USB HUB

Cara lain adalah memakai USB Hub seperti terlihat dalam gambar diatas, dengan cara ini satu terminal USB bisa di- ‘pecah’ menjadi empat. Masing-masing pecahan tersebut bisa pula dihubungkan ke USB Hub yang lain, demikian pula seterusnya sambung menyambung sampai sebanyak 7 tingkat, yang akhirnya bisa terhubung ke 128 buah peralatan USB.

Berbagi Artikel "USB (Universal Serial Bus)":

Artikel Terkait "USB (Universal Serial Bus)"

Karena ilmu itu adalah cahaya yang selalu menerangi setiap kehidupan kita. Diperbolehkan meng-copy tulisan di blog ini dengan tetap menjaga amanah ilmiyah & mencantumkan URL Link alamat blog ini. Dan mohon koreksi apabila terdapat kesalahan dalam penyampaian materi. Semoga artikel "USB (Universal Serial Bus)" memberikan manfaat. Terima kasih

Like Untuk Ikuti Perkembangan Materi Elektronika

Buat Pesan Untuk Artikel "USB (Universal Serial Bus)"

Be nice, Keep it clean, Stay on topic and No spam.
0+5= (Plus)