Menampilkan Data Encoder Ke 7 Segment

Wednesday, June 20th 2012. | Pengujian, Percobaan, Tutorial

Rangkaian pada gambar berikut merupakan rangkaian pengujian pemberian logika input suatu encoder dan membuktikannya dalam bentuk tampilan angka desimal secara visual. Encoder adalah rangkaian yang berfungsi untuk mengkodekan suatu input menjadi kode bilangan dalam format digital, oleh karena itu untuk menampilkan kode tersebut perlu dilkukan proses yang bekebalikan dari encoder yaitu proses dekoder data bilangan tersebut menjadi format tampilan angka yang dapat dilihat secara visual. Rangkaian yang dapat digunakan untuk membuktikan proses encoder jalur input pada encoder tersebut dapat menggunakan rangkaian sperti pada gambar berikut.

Rangkaian Percobaan Encoder Decoder Ke Tampilan 7 Segment

percobaan encoder,menampilkan data encoder,tampilan encoder ke 7 segment,pengujian encoder,rangkian pengujian encoder,pembuktian encoder,skema percobaan encoder,encoder desimal ke 7 segment,encoder penampil 7 segment

Rangkaian percobaan diatas adalah mebuktikan data pengkodean encoder 10 to 4 line (desimal ke BCD) priority encoder 74147 menggunakan tampilan 7 segment. Rangkaian yang diperlukan untuk melakukan hal tersebut adalah decoder BCD ke 7 segment 7447. Rangkaian pada gambar diatas terdiri dari beberapa bagian yaitu.

  • Rangkaian input, berupa konfigurasi saklar yang akan memberikan logika input ke IC encoder 74147.
  • Priority encoder 74147, berfungsi untuk mengkodekan data input yang diberikan oleh saklar pada rangkaian input.
  • Decoder BCD ke 7 Segment, berfungsi untuk mengkodekan data BCD dari encoder 74147 menjadi data tampilan visual 7 segment.
  • 7 Segment,, berfungsi untuk menampilkan data tampilan tersebut mejadi tampilan visual yang kasat mata.

Dengan rangkaian percobaan seperti diatas maka setiap penekanan saklar input akan dikodekan menjadi data BCD oleh encoder 74147, kemudian data BCD dari encoder 74147 tersebut dikodekan kembali menjadi data tampilan 7 segment sampai akhirnya data tampilan tersebut ditampilkan dalam tampilan visual kasat mata melalui penampil 7 segment sesuai dengan data input yang di berikan melalui penekanan saklar inout encoder 74147.

Karena ilmu itu adalah cahaya yang selalu menerangi setiap kehidupan kita. Diperbolehkan meng-copy tulisan di blog ini dengan tetap menjaga amanah ilmiyah & mencantumkan URL Link alamat blog ini. Dan mohon koreksi apabila terdapat kesalahan dalam penyampaian materi. Semoga artikel "Menampilkan Data Encoder Ke 7 Segment" memberikan manfaat. Terima kasih

Berbagi Artikel "Menampilkan Data Encoder Ke 7 Segment":

Buat Pesan Untuk Artikel "Menampilkan Data Encoder Ke 7 Segment"

Be nice, Keep it clean, Stay on topic and No spam.
2+5= (Plus)