Radio Penerima AM

Monday, May 28th 2012. | Rangkaian, Teori Elektronika

Rangkaian radio AM kebanyakan seperti ditunjukkan dalam gambar di dibawah terdiri tuner, penguat IF, detektor, penguat AF dan speaker. Tuner terdiri dari penguat frekuensi tinggi (RF), mixer dan osilator lokal. Transistor Q1 berkaitan dengan sinyal masukan bertindak sebagai penguat frekuensi tinggi, juga sebagai penguat osilator lokal sekaligus berfungsi sebagai mixer. Mixer berfungsi mencampur sinyal masukan frekuensi tinggi dari pemancar (fs) dan sinyal frekuensi tinggi yang dihasilkan osilator lokal (fo) untuk menghasilkan frekuensi menengah. Terdapat empat sinyal keluaran rangkaian mixer yaitu (fs), (fo), (fs-fo) dan (fo-fs) selain harmonisasinya.

Rangkaian Penerima AM

Radio Penerima AM,teori penerima AM,bagian radio AM,fungsi bagian peneriam am,radio am,penerima am,rangkaian am,rangkaian penerima am,skema radio am,skema penerima am,rangkaian receiver am,teori radio am,artikel radio am,prinsip kerja penerima am,frekuensi kerja penerima am,frekuensi radio am,fungsi bagian radio am,penjelasan radio am,radio am adalh,artikel penerima am

Sinyal menengah IF merupakan selisih antara sinyal osilator lokal (fo) dan sinyal siaran (fs) dapat ditulis secara matematis (fo-fs). Pemilihan ini dilakukan dengan pemasanan filter LC dari trafo IFT1 dan kapasitor. Sinyal keluaran dari tuner diteruskan ke penguat tertala IF untuk dikuatkan sehinga menghasilkan amplitudo yang cukup untuk dideteksi. Penguat tertala artinya penguat yang dapat memberikan penguatan maksimum pada frekuensi tertentu, untuk mencapai frekuensi tertentu tersebut disediakan rangkaian penala L variable, C berupa trafo IFT2, IFT3 dan kapasitor. Disini digunakan penguat IF tertala dua tingkat dimaksudkan untuk mencapai penguatan yang besar disamping lebar bidang datar respon frekuensi yang cukup lebar.

Setelah melalui penguat IF sinyal diteruskan ke rangkaian detektor yang berfungsi untuk memisahkan sinyal informasi dari sinyal pembawa. Melaui pra penguat sinyal dikuatkan untuk selanjuntnya dikuatkan pada penguat daya. Penguat daya yang digunakan jenis puh pull dengan kopling trafo ke beban yang berupa loudspeaker. Loudspeaker berfungsi mengubah besaran listrik menjadi sinyal suara yang dapat didengar.

Tuner Penerima AM

Tuner berfungsi untuk menerima dan mengubah frekuensi pembawa RF menjadi frekuensi menengah, dengan cara mencampurkan frekuensi tinggi sinyal masukan (fs) dan frekuensi osilator lokal (fo). Campuran sinyal ini menghasilkan frekuensi menengah (IF) yang tidak lain adalah selisih dari kedua sinyal masukan. Frekuensi osilator (fo) dapat dibuat lebih kecil atau lebih besar dari pada frekuensi sinyal masukan (fs).

Rangkaian Tuner AM

Rangkaian Tuner AM,prinsip kerja tuner am,tuner am,teori tuner am,frekuensi kerja tuner am,oscilator penerima am,bagian tuner radio am,rangkaian tuner radio am,tuner radio am,skema tuner am,skema tuner radio am,rumus tuner am,perhitungan tuner am,menghitung frekuensi tuner am

Besarnya frekuensi osilator fo adalah

f_{o}=\frac{1}{2 \pi (LC_{o})1/2}

dan

f_{s}=\frac{1}{2 \pi (LC_{s})1/2}

sehingga :

\frac{Cs_{maks}}{Cs_{min}}=\frac{fs_{maks}}{fs_{min}}^{2}=\frac{1600}{500}^{2}=10,24

Untuk fo>fs pada tuner AM

465 + (500 sampai 1600) = 965 sampai 2065 kHz. Ini memberikan perbandingan frekuensi Comaks/Comin = (fomaks/fomin)2 = (2065/965)2 = 4,58

Untuk fo<fs pada tuner AM

cakupan frekuensi fs-fo = 465 sehingga cakupan fo adalah -465 + (500 sampai 1600) 35 sampai 1135 kHz sehingga perbandingan Comaks/Comin = (1135/35)2 = 1052 (tidak praktis).

Dengan fo > fs cakupan penalaan kapasitor lebih kecil mudah dicapai dengan kapasitor variable, itulah mengapa dalam rangkaian tuner digunakan fo>fs.

Karena ilmu itu adalah cahaya yang selalu menerangi setiap kehidupan kita. Diperbolehkan meng-copy tulisan di blog ini dengan tetap menjaga amanah ilmiyah & mencantumkan URL Link alamat blog ini. Dan mohon koreksi apabila terdapat kesalahan dalam penyampaian materi. Semoga artikel "Radio Penerima AM" memberikan manfaat. Terima kasih

Berbagi Artikel "Radio Penerima AM":

Buat Pesan Untuk Artikel "Radio Penerima AM"

Be nice, Keep it clean, Stay on topic and No spam.
4+4= (Plus)