Proses Emisi Electron Vacuum Tube

Thursday, September 27th 2012. | Teori Elektronika

Proses Emisi Electron merupakan salah satu bagian penting dari tabung hampa (vacuum tube), karena sesungguhnya prinsip kerja dari tabung yang paling mendasar ialah proses emisi elektron dan pengendalian emisi elektron pada tabung tersebut. Emisi elektron ialah proses pelepasan elektron dari permukaan suatu substansi atau material yang disebabkan karena elektron elektron tersebut mendapat energi dari luar.

Proses Emisi Electron Vacuum Tube

Proses Emisi Electron Vacuum Tube,Proses Emisi Electron,bagian penting dari tabung hampa,pengendalian emisi elektron,Emisi elektron,elektron bebas,elektron,elektron valensi,electron volt,daya tarik inti atom,proses penerimaan energi,Emisi Thermionic (Thermionic emission),Emisi medan listrik (Field emission),Emisi Sekunder (Secondary emission),pengertian emisi elektron,definisi emisi elektron,arti emisi elektron,teori emisi elektron,emisi elektron ialah,emisi elektron adalah,prinsip kerja vacuum tube,pengertian proses emisi elektron,teori proses emisi elektron

Dalam realita yang ada proses emisi elektron cenderung terjadi pada logam dibandingkan pada bahan lainnya, hal ini disebabkan karena logam banyak memiliki elektron bebas yang selalu bergerak setiap saat. Banyaknya elektron bebas pada logam disebabkan karena daya tarik ini atom logam terhadap elektron, terutama pada elektron yang terletak pada kulit terluar dari atom logam (elektron valensi) tidak terlalu kuat dibandingkan yang terjadi pada bahan lainnya. Akan tetapi walaupun daya tarik tesebut tidak terlalu kuat, masihlah cukup untuk menahan elektron agar tidak sampai lepas dari atom logam. Agar supaya elektron pada logam bisa melompat keluar melalui permukaan logam,  ehingga terjadi proses emisi elektron, maka diperlukanlah sejumlah energi untuk mengatasi daya tarik inti atom terhadap elektron. Besarnya energi yang diperlukan oleh sebuah elektron untuk mengatasi daya tarik inti atom sehingga bisa melompat keluar dari permukaan logam, didefinisikan sebagai Fungsi Kerja (Work Function). Fungsi kerja biasanya dinyatakan dalam satuan eV (electron volt), besarnya fungsi kerja adalah berbeda untuk setiap logam.

Proses penerimaan energi luar oleh elektron agar bisa beremisi dapat terjadi dengan beberapa cara, dan jenis proses penerimaan energi inilah yang membedakan proses emisi elektron yaitu :

  1. Emisi Thermionic (Thermionic emission)
  2. Emisi medan listrik (Field emission)
  3. Emisi Sekunder (Secondary emission)
  4. Emisi Fotolistrik (Photovoltaic emission)
Karena ilmu itu adalah cahaya yang selalu menerangi setiap kehidupan kita. Diperbolehkan meng-copy tulisan di blog ini dengan tetap menjaga amanah ilmiyah & mencantumkan URL Link alamat blog ini. Dan mohon koreksi apabila terdapat kesalahan dalam penyampaian materi. Semoga artikel "Proses Emisi Electron Vacuum Tube" memberikan manfaat. Terima kasih

Berbagi Artikel "Proses Emisi Electron Vacuum Tube":

Buat Pesan Untuk Artikel "Proses Emisi Electron Vacuum Tube"

Be nice, Keep it clean, Stay on topic and No spam.
2+6= (Plus)