Prinsip Kerja Dan Karakteristik JFET Kanal N

Thursday, August 2nd 2012. | Teori Elektronika

Pada saat semua terminal JFET Kanal N belum diberi tegangan bias dari luar, maka pada persambungan P dan N pada kedua gate JFET Kanal N terdapat daerah pengosongan. Hal ini terjadi sebagaimana pada pembahasan junction dioda. Pada daerah pengosongan JFET Kanal N tidak terdapat pembawa muatan bebas, sehingga tidak mendukung aliran arus sepanjang kanal.

Apabila antara terminal D dan S JFET Kanal N diberi tegangan positip (VDS = positip) dan antara terminal G dan S diberi tegangan nol (VGS = 0), maka persambungan antara G dan D mendapat bias negatip, sehingga daerah pengosongan JFET Kanal N semakin lebar. Sedangkan persambungan antara G dan S daerah pengosongannya tetap seperti semula saat tidak ada bias. Untuk membuat VGS = 0 adalah dengan cara menghubungkan terminal G dan terminal S pada JFET Kanal N .

JFET Kanal N Dengan VGS = 0 Dan VDS >0

Prinsip Kerja Dan Karakteristik JFET Kanal N,JFET Kanal N,karakteristik JFET Kanal N,prinsip kerja JFET Kanal N,aliran arus JFET Kanal N,mempelajari JFET Kanal N,teori JFET Kanal N,definisi JFET Kanal N,pengertian JFET Kanal N,JFET Kanal N adalah,sistem kerja JFET Kanal N,tegangan bias JFET Kanal N,bias JFET Kanal N,input JFET Kanal N,output JFET Kanal N,aplikasi JFET Kanal N,sifat JFET Kanal N,tipe JFET Kanal N,jenis JFET Kanal N,JFET kanal N dengan VGS = 0 dan VDS 0

Dengan adanya VDS JFET Kanal N bernilai positip, maka elektron dari S akan mengalir menuju D melewati kanal N, karena kanal-N tersedia banyak pembawa muatan mayoritas berupa elektron. Dengan kata lain arus listrik pada drain (ID) mengalir dari sumber VDS dan arus pada source (IS) menuju sumber. Aliran elektron JFET Kanal N ini melewati celah yang disebabkan oleh daerah pengosongan sebelah kiri dan kanan.

Kurva Hubungan ID Dengan VDS

Kurva hubungan ID dengan VDS,Kurva hubungan ID dengan VDS JFET kanal N,kurva karakteristik JFET kanal N,kurva hubungan JFET kanal N,kurva ID JFET kanal N,kurva VDS JFET kanal N,hubungan ID dan VDS pada JFET kanal N,sifat ID dan VDS,arus ID JFET kanal N,tegangan VDS JFET kanal N,tegangan input JFET kanal N,tegangan output JFET kanal N,perbandingan ID dan VDS JFET kanal N

Pada kondisi seperti pada gambar JFET kanal N dengan VGS = 0 dan VDS >0, aliran elektron sepenuhnya hanya tergantung pada resistansi kanal antara S dan D. Lebih jelasnya dapat dilihat pada gambar Kurva hubungan ID dengan VDS. Pada saat ini hubungan arus ID dan VDS masih mengikuti hukum Ohm. Apabila tegangan VDS diperbesar lagi hingga beberapa volt, maka persambungan G dan D semakin besar mendapat tegangan bias mundur, sehingga daerah pengosongan JFET Kanal N semakin melebar.

Apabila tegangan VDS JFET Kanal N dinaikkan terus hingga daerah pengosongan sebelah kiri dan kanan bersentuhan maka aliran elektron akan jenuh yang disebut dengan kondisi pinch-off seperti pada gambar dibawah. Pada kondisi ini (arus mulai jenuh dan VGS = 0) tegangan VDS disebut dengan tegangan pinch-off (Vp). Kenaikan VDS sesudah ini tidak akan menambah arus ID lebih besar lagi atau ID akan tetap, yakni yang disebut dengan IDSS (drain-source saturation current). IDSS adalah arus drain maksimum pada JFET Kanal N dengan kondisi VGS = 0 Volt dan VDS =|Vp|.

JFET kanal N dengan VGS = 0 dan VDS = Vp

JFET Kanal N Dengan VGS = 0 Dan VDS = Vp,hubungan VGS JFET Kanal N,VDS JFET Kanal N,VP JFET Kanal N,VGS JFET Kanal N,karakter VGS JFET Kanal N,arus drain JFET Kanal N,tegangan gate JFET Kanal N,sinyal input JFET Kanal N

Selanjutnya apabila VGS JFET Kanal N diberi tegangan negatip, misalnya sebesar VGS = -1 Volt, maka bias mundur untuk persambungan G-S maupun G-D semakin besar, sehingga daerah pengosongannya semakin lebar. Dengan demikian untuk mencapai kondisi pinch-off (kedua sisi daerah pengosongan bersentuhan) diperlukan tegangan VDS lebih kecil. Arus ID JFET Kanal N akan mencapai titik jenuh (maksimum) pada tegangan VDS yang lebih kecil. Namun perlu diingat arus bahwa arus jenuh pada VGS bukan nol namanya bukanlah IDSS.

Karena ilmu itu adalah cahaya yang selalu menerangi setiap kehidupan kita. Diperbolehkan meng-copy tulisan di blog ini dengan tetap menjaga amanah ilmiyah & mencantumkan URL Link alamat blog ini. Dan mohon koreksi apabila terdapat kesalahan dalam penyampaian materi. Semoga artikel "Prinsip Kerja Dan Karakteristik JFET Kanal N" memberikan manfaat. Terima kasih

Berbagi Artikel "Prinsip Kerja Dan Karakteristik JFET Kanal N":

1 Komentar Untuk Artikel " Prinsip Kerja Dan Karakteristik JFET Kanal N" »

Buat Pesan Untuk Artikel "Prinsip Kerja Dan Karakteristik JFET Kanal N"

Be nice, Keep it clean, Stay on topic and No spam.
0+7= (Plus)