Pembagi Arus (Current Divider)

Saturday, April 7th 2012. | Teori Elektronika

Rangkaian pembagi arus walaupun jarang kita jumpai pada aplikasi elektronika tetapi penting untuk diketahui. Rangkaian pembagi arus ini penting untuk dipahami terutama untuk pemasangan alat ukur arus (Ampere Meter) secara paralel dan pembagian arus pada beban yang lebih dari 1. Konsep dasar pembagi arus adalah menggunakan 2 buah resistor yang salah satu kakinya dihubung menjadi satu ke sumber arus dan kedua kaki yang lain dihubungkan ke beban yang berbeda. Dasar pembagian arus secara teori dapat dilihat pada contoh rangkaian berikut.

pembagi arus,rangkaian pembagi arus,dasar pembagi arus,rumus pembagi arus,current divider,teori pembagi arus,perhitungan pembagi arus,fungsi pembagi arus,pembagi arus listrik

Rangkaian diatas adalah contoh sederhana untuk memahami pembagian arus listrik. Dari rangaian diatas terlihat bahwa arus total (I) dibagi oleh rangkaian R1 dan R2 menjadi I1 dan I2 dan dapat dituliskan dengan persamaan matematis sebagai berikut.

I=I_{1}+I_{2}=\frac{V}{R_{1}}+\frac{V}{R_{2}}

Dari persamaan diatas menunjukan bahwa arus terbagi menjadi 2 masing-masing I1 dan I2 yang nilai dari I1 dan I2  tersebut masing-masing sebanding dengan besarnya harga resistor R1 dan R2 yang dilewati arus tersebut. Arus yang mengalir pada R1 dan R2 sebanding dengan nilai konduktansi (G) dari resistor, dimana konduktansi (G) adalah :

G=\frac{1}{R}

Sehingga besarnya I1 dan I2 dapat dituliskan sebagai berikut :

I_{1}=I\cdot \frac{G1}{G1+G2}

I_{2}=I\cdot \frac{G2}{G1+G2}

Contoh Aplikasi Pembagi Arus

Aplikasi pembagi arus dapat dijumpai pada pembagian arus untuk LED seperti pada gambar berikut.

pembagi arus LED,pembatas arus LED,resistor pembagi arus LED,rangkaian pembagi arus untuk LED,contor pembagi arus DC

Fungsi resistor pada tiap LED tersebut selain sebagai pembagi arus juga berfungsi sebagai pembatas arus yang akan dilewatkan oleh LED. Nilai resistor harus sesuai dengan arus maksimal yang boleh dilewati LED, agar LED tidak rusak. Nilai resistor yang tepasang harus sama agar nyala LED sama terang dan pembagian arus ke beban seimbang.

Karena ilmu itu adalah cahaya yang selalu menerangi setiap kehidupan kita. Diperbolehkan meng-copy tulisan di blog ini dengan tetap menjaga amanah ilmiyah & mencantumkan URL Link alamat blog ini. Dan mohon koreksi apabila terdapat kesalahan dalam penyampaian materi. Semoga artikel "Pembagi Arus (Current Divider)" memberikan manfaat. Terima kasih

Berbagi Artikel "Pembagi Arus (Current Divider)":

Buat Pesan Untuk Artikel "Pembagi Arus (Current Divider)"

Be nice, Keep it clean, Stay on topic and No spam.
0+6= (Plus)