Konstruksi Dan Parameter Antena Biquad

Sunday, September 23rd 2012. | Percobaan, Teori Elektronika

Antena Biquad merupakan antena kawat dipole loop berbentuk kubus ganda dengan reflektornya berbentuk sebuah flat panel (large flat sheet) dengan lebar sisi yang sedikit lebih panjang daripada rangkaian dipolenya sehingga bertindak seolah-olah sebagai bidang yang tak berhingga luasnya. Letak reflektor tidak jauh dari dipolenya yang bertujuan untuk mengurangi radiasi ke arah belakang. Dengan jarak yang kecil antara antena dengan reflektornya, maka susunan ini juga menghasilkan gain yang lebih besar pada radiasinya ke arah depan.

Gain yang dihasilkan oleh antena ½ dengan large flat sheet reflektor relatif tergantung dari jarak dipolenya. Semakin jauh jarak dipolenya, gain yang diperoleh akan semakin kecil namun bandwidthnya akan semakin besar. Sedangkan pola radiasi antena biquad pada umumnya berbentuk lobe seperti terlihat pada gambar berikut.

Gambar Pola Radiasi Antena Biquad

Gambar Pola Radiasi Antena Biquad,Antena Biquad,antena kawat dipole loop berbentuk kubus ganda,arge flat sheet,pola radiasi antena biquad,2 antena quad,elemen driven antena biquad,dipole antena biquad,dipole biquad,Reflektor antena biquad,desain antena biquad,teori Antena Biquad,harga Antena Biquad,membuat Antena Biquad,cara buat sendiri Antena Biquad,bentuk v,desain Antena Biquad,ukuran Antena Biquad,frekuensi kerja Antena Biquad,marancang Antena Biquad,rumus Antena Biquad,keunggulan Antena Biquad

Dimensi Antena Biquad

Antena biquad merupakan perpaduan 2 antena quad yang dirancang dalam 1 elemen. Panjang elemen driven antena biquad adalah 1λ yang mana nilai panjang gelombangnya (λ) yang dapat dirumuskan sebagai berikut:

\lambda =\frac{c}{f}(m)

dengan:

Λ = Panjang gelombang (m)
c = Kecepatan gelombang cahaya (3 10 ) 8 x m/s
f  = Frekuensi kerja antena (Hz)

Untuk rancangan dipole antena biquad didapat dari panjang gelombang 1/2λ yang dibentuk menjadi dipole lipat sehingga panjang masing-masing sisinya menjadi 1/4λ. Jarak dipole biquad yang digunakan sejauh 1/8λ dari reflektornya. Reflektor antena biquad berbentuk bujur sangkar dengan lebar sisi yang sedikit lebih panjang daripada rangkaian dipolenya, dengan ukuran dapat dirumuskan sebagai berikut:

R=R_{a}+0,1R_{a}

dengan:

R = Panjang elemen reflector (m)
Ra = Panjang elemen dipolenya (m)

Perencanaan ukuran desain antena biquad dapat digambarkan sebagai berikut :

Gambar Rancangan Ukuran Desain Antena Biquad

Antena Biquad,antena kawat dipole loop berbentuk kubus ganda,arge flat sheet,pola radiasi antena biquad,2 antena quad,elemen driven antena biquad,dipole antena biquad,dipole biquad,Reflektor antena biquad,desain antena biquad,teori Antena Biquad,harga Antena Biquad,membuat Antena Biquad,cara buat sendiri Antena Biquad,bentuk v,desain Antena Biquad,ukuran Antena Biquad,frekuensi kerja Antena Biquad,marancang Antena Biquad,rumus Antena Biquad,keunggulan Antena Biquad,Gambar Pola Radiasi Antena Biquad,Dimensi Antena Biquad,Gambar Rancangan Ukuran Desain Antena Biquad

Parameter Antena dan Kinerjanya Setelah melakukan perancangan untuk mengetahui unjuk kerja suatu antena yang sesungguhnya maka, dilakukan serangkaian pengujian parameter – parameter dari yang dibutuhkan, yaitu :

  • Pola radiasi untuk mengetahui keterarahan radiasi lebar berkas dan penguatan yang dihasilkan antena
  • Polarisasi antena untuk mengetahui arah vektor medan elektrik dan magnetiknya
  • VSWR (standing wave ratio antena) untuk mengetahui kualitas penyaluran daya dan bandwidth dari antena.

UPS For Power Supply dalam artikel ini

Karena ilmu itu adalah cahaya yang selalu menerangi setiap kehidupan kita. Diperbolehkan meng-copy tulisan di blog ini dengan tetap menjaga amanah ilmiyah & mencantumkan URL Link alamat blog ini. Dan mohon koreksi apabila terdapat kesalahan dalam penyampaian materi. Semoga artikel "Konstruksi Dan Parameter Antena Biquad" memberikan manfaat. Terima kasih

Berbagi Artikel "Konstruksi Dan Parameter Antena Biquad":

Buat Pesan Untuk Artikel "Konstruksi Dan Parameter Antena Biquad"

Be nice, Keep it clean, Stay on topic and No spam.
1+8= (Plus)