Kombinasi Gelombang Sinus

Wednesday, September 19th 2012. | Teori Elektronika

Jika dua atau lebih sinyal gelombang sinus mempunyai frekuensi sama dan amplitudo ditambahkan, didapatkan hasil sinyal yang memiliki frekuensi sama dan amplitudo tergantung hubungan fasa dari sinyal aslinya. Jika terdapat beda fasa 120°, menghasilkan amplitudo yang sama seperti salah satu dari sinyal aslinya. Jika dikombinasikan dalam fasa yang sama menghasilkan dua kali dari amplitudo dari salah satu sinyal asli. Untuk perbedaan fasa antara 120° dan 240° menghasilkan sinyal yang selalu memiliki amplitudo kurang dari salah satu dari sinyal aslinya. Jika kedua sinyal memiliki beda fasa pasti 180° akan menghasilkan total nol.

Gambar Kombinasi Dua Gelombang Sinus Beda Fasa

Gambar Kombinasi Dua Gelombang Sinus Beda Fasa,Kombinasi Dua Gelombang Sinus Beda Fasa

Dalam rangkaian listrik sulit mempertahankan hubungan fasa yang identik untuk semua komponen gelombang sinus dari sinyal yang lebih kompleks, kecuali untuk kasus-kasus tertentu dimana sinyal dikombinasikan dengan hubungan fasa 0° atau 180°. Rangkaian yang mempertahankan hubungan fasa khusus (misal 45°) diluar lebar cakupan frekuensi jelas kompleks. Cakupan lebar demikian, semua fasa yang dilewatkan menggeser jaringan yang digunakan dalam pemrosesan sinyal akustik. Bila berkaitan dengan sinyal kompleks seperti musik atau pembicaraan, satu hal yang harus dimengerti yaitu konsep koherensi. Sinyal listrik diumpankan melalui penguat berkualitas tinggi. Sebagian kecil sinyal mengalami distorsi, sinyal keluaran merupakan replika sinyal masukan, kecuali untuk amplitudo. Kedua sinyal meski tidak identik, dikatakan memiliki koheren (terpadu) tinggi. Jika sinyal dilewatkan melalui sebuah amplifier yang kurang baik, maka akan didapatkan substansi perbedaan antara masukan dan keluaran, dan koherensi tidak akan sebesar dengan penguat yang baik. Jika diperbandingkan perbedaan sinyal secara total, terdapat keserupaan secara acak dan keduanya dapat dikatakan tidak koheren.

Gambar Kombinasi Dua Pembangkit Noise Acak

Gambar Kombinasi Dua Pembangkit Noise Acak,Kombinasi Dua Pembangkit Noise Acak

Bila dua sinyal yang tidak koheren ditambahkan, harga rms sinyal yang dihasilkan dapat dihitung dengan menambahkan daya relatip dari kedua sinyal, lebih baik dari pada tegangannya. Misal jika mengkombinasikan keluaran dari pembangkit noise yang terpisah, masing-masing menghasilkan keluaran 1 volt rms, pengukuran akan menghasilkan 1,414 volt rms ditunjukkan pada gambar diatas.

Kombinasi Gelombang Sinus Tertunda

Jika dua sinyal cakupan lebar koheren dikombinasi dengan spesifikasi perbedaan waktu antara keduanya ini lebih baik dari pada hubungan fasa yang tetap. Beberapa frekuensi akan ditambahkan dan yang lain akan ditunda. Satu sinyal yang sampai ditunda dan dikombinasi dengan sinyal original menghasilkan bentuk filter comb, yang memasuki respon frekuensi sinyal sebagaimana ditunjukkan dalam gambar dibawah. Penundaan dapat dicapai secara elektrikal melalui penggunaan jaringan tunda yang melewatkan semua sinyal atau dengan pemroses digital. Berkaitan dengan sinyal akustik di udara, tidak ada cara untuk menghindari pengaruh penundaan dikarenakan kecepatan suara relatip lambat.

Gambar Kombinasi Sinyal Tertunda

Gambar Kombinasi Sinyal Tertunda,Kombinasi Sinyal Tertunda

Karena ilmu itu adalah cahaya yang selalu menerangi setiap kehidupan kita. Diperbolehkan meng-copy tulisan di blog ini dengan tetap menjaga amanah ilmiyah & mencantumkan URL Link alamat blog ini. Dan mohon koreksi apabila terdapat kesalahan dalam penyampaian materi. Semoga artikel "Kombinasi Gelombang Sinus" memberikan manfaat. Terima kasih

Berbagi Artikel "Kombinasi Gelombang Sinus":

Buat Pesan Untuk Artikel "Kombinasi Gelombang Sinus"

Be nice, Keep it clean, Stay on topic and No spam.
1+9= (Plus)