JK Flip-Flop Master / Slave

Tuesday, June 25th 2013. | Teori Elektronika

JK flip-flop master / slave merupakan pengembangan dari RS flip-flop dan JK flip-flop.  Pada JK flip-flop master / slave ini dibangun dari 2 bagian yaitu bagian Master (Majikan) dan bagian Slave (Budak). Kedua bagian pada JK flip-flop master slave tersebut pada dasarnya adalah RS flip-flop atau JK flip-flop. JK flip-flop master / slave dapat dibuat menggunakan 2 buah RS flip-flop maupun 2 buah JK flip flop, untuk lebih jelasnya dapat dilihat pada rangkaian dasar JK flip-flop master / slave berikut.

Rangkaian Dasar JK Flip-Flop Master/Slave Dari RS Flip-Flop

jk FF master slave,jk ff majikan budak,jk flip flop utama pembantu,teori jk flip flop master slave,pengertian jk flip flop master slave,prinsip kerja jk flip flop master slave

Rangkaian Dasar JK Flip-Flop Master/Slave Dari JK Flip-Flop

Master Slave Flip Flop JK,jk flip flop master slavedari jk ff,rangkaian jk flip flop master slave

Dari kedua rangkaian dasar JK flip-flop master/slave diatas memiliki output yang sama apabila diberikan data input yang sama. Output pada JK flip-flop master / slave akan berubah sesuai dengan data input pada jalur masukan J dan K pada saat diberikan pulsa clock. Perubahan output JK flip-flop master / slave ini terjadi pada saat perubahan pulsa clock dari puncak positif ke sisi negatif (terpicu-pinggiran-positif). Prinsip kerja dari JK flip-flop master / slave diatas dapat dibuat suatu timing diagram sebagai berikut.

Timing Diagram JK Flip-Flop Master / Slave

timing diagram jk flipflop,diagram waktu jkflip flop mater slave

Prinsip Kerja JK Flip-Flop Master / Slave

Prinsip kerja dari JK flip-flop master / slave adalah sebagai berikut. Pertama, flip-flop master terpicu-pinggiran-positif dan flip-flop slave terpicu-pinggiran-negatif. Oleh karenanya, flip-flop master memberikan tanggapan terhadap masukan-masukan J dan K nya sebelum flip-flop slave. Jika J=1 dan K=0, flip-flop master diset pada saat pinggiran pulsa clock positif diberikan. Keluaran Q yang tinggi dari flip-flop utama mendrive masukan J pada flip-flop slave, maka pada saat pinggian pulsa clock negatif diberikan, flip-flop slave diset, menyamai kerja flip-flop master.

Jika J=0 dan K=1, flip-flop master direset pada saat pinggiran naik pulsa clock diberikan. Keluaran Q yang tinggi dari flip-flop master  menuju ke masukan K pada flip-flop slave. Oleh karenanya, kedatangan pinggiran turun pulsa clock mendorong flip-flop slave untuk reset. Sekali lagi, flip-flop slave menyamai kerja flip-flop master.

Jika masukan J dan K pada flip-flop master adalah tinggi, maka flip-flop ini toggle pada saat pinggiran pulsa clock positif diberikan sedang flip-flop slave toggle pada saat pinggiran pulsa clock negatif diberikan. Dengan demikian, apapun yang dilakukan oleh flip-flop master, akan dilakukan pula oleh flip-flop slave: jika flip-flop master diset, flip-flop slave diset; jika flip-flop master direset, flip-flop slave direset pula.

Disebut sebagai JK flip-flop master / slave karena setiap proses yang dikerjakan oleh flip-flop master maka proses tersebut akan diproses dan dikuti oleh flip-flop slave. Semoga artikel Jk flip-flop master / slave ini bermanfaat.

Karena ilmu itu adalah cahaya yang selalu menerangi setiap kehidupan kita. Diperbolehkan meng-copy tulisan di blog ini dengan tetap menjaga amanah ilmiyah & mencantumkan URL Link alamat blog ini. Dan mohon koreksi apabila terdapat kesalahan dalam penyampaian materi. Semoga artikel "JK Flip-Flop Master / Slave" memberikan manfaat. Terima kasih

Berbagi Artikel "JK Flip-Flop Master / Slave":

Buat Pesan Untuk Artikel "JK Flip-Flop Master / Slave"

Be nice, Keep it clean, Stay on topic and No spam.
4+4= (Plus)