Jenis-Jenis Sinyal Pada Sistem Kendali Digital

Sunday, November 4th 2012. | Teori Elektronika

Dalam sistem kendali digital dikenal beberapa jenis sinyal yang digunakan pada sistem tersebut. Terdapat 4 jenis sinyal dalam sistem kendali digital yaitu: sinyal analog, sinyal terkuantisasi, sinyal diskrit/data tercuplik dan sinyal digital. Jenis-jenis sinyal dalam sistem kendali digital tersebut memiliki pengertian atau didefinisikan sebagai berikut :

  • Sinyal analog, merupakan sinyal yang didefinisikan dalam suatu jangkauan batas waktu kontinyu yang amplitudonya mempunyai nilai yang kontinyu.
  • Sinyal diskrit, merupakan sinyal yang hanya didefinisikan dalam suatu saat waktu diskrit,amplitudonya mempunyai nilai hanya pada saat tertentu saja. Yang termasuk sinyal diskrit yaitu sinyal digital dan sinyal data tercuplik (sampled data signal).
  • Sinyal data tercuplik, merupakan sinyal diskrit  yang mempunyai amplitudo yang kontinyu pada  waktu cuplik (sampling time) tertentu.
  • Sinyal digital, merupakan suatu sinyal diskrit dengan amplitudo terkuantisasi, sinyal tersebut kemudian direpresentasi dengan sederet bilangan, umumnya  bilangan biner.

Berikut ini adalah bentuk beberapa jenis sinyal yang ditemui di dalam suatu sistem kontrol digital.

Gambar Jenis-Jenis Sinyal Sistem Kendali Digital (a) Sinyal Analog; (b) Sinyal Terkuantisasi (c) Sinyal Diskrit/Data Tercuplik; (d) Sinyal Digital

pengertian sinyal digital,sinyal sistem digital,sinyal kendali digital,teori sinyal pada sistem digital,Jenis-Jenis Sinyal Pada Sistem Kendali Digital,sistem kendali digital,sinyal analog,sinyal terkuantisasi,sinyal diskrit,data tercuplik,sinyal digital,sistem kontrol digital,Diagram Blok Sistem Kontrol Digital,sinyal kontinyu,quantized signal,Gambar Jenis-Jenis Sinyal Sistem Kendali Digital

Suatu sinyal kontinyu yang mempnyai suatu set nilai amplitudo tertentu dalam suatu jangkauan waktu tertentu disebut sinyal terkuantisasi (quantized signal). Gambar berikut memperlihatkan jenis-jenis sinyal di dalam suatu sistem kontrol digital.

Gambar Diagram Blok Sistem Kontrol Digital

Diagram Blok Sistem Kontrol Digital,sinyal pada Diagram Blok Sistem Kontrol Digital

Secara umum istilah analog dianggap sama dengan kontinyu, sedangkan istilah diskrit disamakan dengan digital atau data tercuplik (sampled data).

Karena ilmu itu adalah cahaya yang selalu menerangi setiap kehidupan kita. Diperbolehkan meng-copy tulisan di blog ini dengan tetap menjaga amanah ilmiyah & mencantumkan URL Link alamat blog ini. Dan mohon koreksi apabila terdapat kesalahan dalam penyampaian materi. Semoga artikel "Jenis-Jenis Sinyal Pada Sistem Kendali Digital" memberikan manfaat. Terima kasih

Berbagi Artikel "Jenis-Jenis Sinyal Pada Sistem Kendali Digital":

Buat Pesan Untuk Artikel "Jenis-Jenis Sinyal Pada Sistem Kendali Digital"

Be nice, Keep it clean, Stay on topic and No spam.
3+3= (Plus)