Hukum Kirchhoff

Sunday, April 8th 2012. | Teori Elektronika

Hukum kirchhoff merupakan salah satu  teori elektronika untuk menganalisa lebih lanjut tentang rangkaian elektronika. Dengan hukum kirchhoff kita dapat menganalisa lebih lanjut tentang arus yang mengalir dalam rangkaian dan tegangan yang terdapat pada titik-titik rangkaian elektronika. Hukum kirchhoff ini berlaku untuk analisis rangkaian loop tertutup seperti pada contoh rangkaian berikut.

hukum kirchhoff.hukum kirchhoff arus,hukum kirchhoff tegangan,hukum kirchhoff 1,hukum kirchhoff 2,persamaan hukum kirchhoff,rumus uum kirchhoff,arus dalam hukum kirchhoff,tegangan dalam hukum kirchhoff,rangkaian loop tertutup kirchhoff,rangkaian DC

Dalam hukum kirchhoff dikenal 2 teori yang dapat digunakan untuk analisis rangkaian elektronika yaitu Hukum Kirchhoff Arus (KCL, Kirchhoff Current Law) dan Hukum Kirchhoff Tegangan (KVL, Kirchhoff Voltage Law).

Hukum Kirchhoff Arus (KCL, Kirchhoff Current Law)

Hukum kirchhoff arus merupakan hukum kirchhof pertama (1) yang menyatakan bahwa “Arus total yang masuk pada suatu titik sambungan atau percabangan adalah nol“. Hukum kirchhoff arus ini dapat dinyatakan dalam persamaan matematika sebagai berikut.

\sum i_{n}=0

Arah setiap arus ditunjukkan dengan anak panah, jika arus berharga positif maka arus mengalir searah dengan anak panah, demikian sebaliknya. Dengan demikian untuk rangkaian seperti pada gambar diatas dapat dituliskan persamaan matematik berdasarkan hukum kirchhoff arus sebagai berikut:

-I_{1}+I_{2}+I_{3}=0

Tanda negatif pada I1 menunjukkan bahwa arus keluar dari titik cabang dan jika arus masuk titik cabang diberi tanda positif

Hukum Kirchhoff Tegangan (KVL, Kirchhoff Voltage Law)

Pada hukum kirchhoff tegangan atau yang sering disebut hukum kirchhoff ke II ini menyatakan “Pada setiap rangkaian tertutup (loop), jumlah penurunan tegangan adalah nol” . Hukum kirchhoff tegangan ini dapat juga dinyatakan dengan persamaan matematika sebagai berikut.

\sum V_{n}=0

Dari contoh rangkaian pada gambar diatas dengan hukum kirchhoff dapat dituliskan beberapa persamaan matematis untuk menyatakan hukum kirchhoff tegangan sesuai loop sebagai berikut.

Loop kiri           -E1+R_{3}I_{3}+R_{1}I_{1}=0

Loop kanan      -E2+R_{2}I_{2}+R_{1}I_{1}=0

Loop luar          -E1+R_{3}I_{3}-R_{2}I_{2}+E_{2}=0

Semua komponen pada contoh gambar rangkaian diatas dilewati arus sehingga sesuai hukum kirchhoff tegangan berlaku persamaan sebagai berikut.

\sum V_{n}=0

-E+Ir+IR=0

Dengan r adalah resistansi internal baterai maka besarnya arus yang mengalir dapat dituliskan sebagai berikut.

I=\frac{E}{R+r}

V=E-Ir

Persamaan diatas memperlihatkan bahwa tegangan V merupakan hasil penurunan tegangan akibat adanya beban yang dialiri arus. Terlihat dalam hukum kirchhoff  tegangan bahwa V merupakan bagian dari E.

Karena ilmu itu adalah cahaya yang selalu menerangi setiap kehidupan kita. Diperbolehkan meng-copy tulisan di blog ini dengan tetap menjaga amanah ilmiyah & mencantumkan URL Link alamat blog ini. Dan mohon koreksi apabila terdapat kesalahan dalam penyampaian materi. Semoga artikel "Hukum Kirchhoff" memberikan manfaat. Terima kasih

Berbagi Artikel "Hukum Kirchhoff":

Buat Pesan Untuk Artikel "Hukum Kirchhoff"

Be nice, Keep it clean, Stay on topic and No spam.
1+7= (Plus)