Filter Power Supply Dengan Kapasitor

Saturday, May 19th 2012. | Power Supply, Teori Elektronika

Filter atau tapis pada power supply merupakan bagian yang berfungsi untuk meratakan atau membuang riak gelombang hasil proses penyearahan gelombang AC dari transformer oleh dioda penyearah. Filter atau tapis yang sering digunakan dalam sebuah power supply adalah filter C, RC dan LC. Berikut adalah beberapa jenis filter atau tapis yang dapat digunakan pada suatu power supply.

Filter/Tapis Power Supply Dengan Kapasitor

Tapis kapasitor sangat efektif digunakan untuk mengurangi komponen AC pada keluaran penyearah. Pertama akan kita lihat karakter kapasitor sebagai tapis denganmemasang langsung pada keluaran penyearah tanpa memasang beban. Rangkaian power supply dengan filter/tapis kapasitor dapt dilihat pada gambar berikut.

Rangkaian Power Supply Dengan Filter Kapasitor

filter c power supply,rangkaian filter power supply,tapis kapasitor,tapis c catudaya,teori tapis kapasitor,rangkaian tapis c catudaya,rangkaian filter c,filter kapasitor,rumus tapis c,rumus tapis kapasitor,fungsi kapasitor,fungsi tapis kapasitor,pengaruh kapasitor

Saat sumber tegangan (masukan) dihidupkan, satu diode berkonduksi dan keluaran berusaha mengikuti tegangan transformator. Pada kondisi ini tiba-tiba tegangan kapasitor menjadi besar dan arus yang mengalir menjadi besar (dalam hal ini, i = C dv/dt; dv/dt = ∞ ). Saat masukan membesar keluaran juga akan membesar, namun saat masukan menurun tegangan kapaasitor atau keluaran tidak mengalami penurunan tegangan karena tidak ada proses penurunan tegangan. Dalam keadaan ideal ini, tegangan keluaran DC akan sama dengan tegangan puncak masukan dan akan ditahan untuk seterusnya.

Efektivitas kapasitor sebagai tapis tergantung pada beberapa faktor, diantaranya adalah :

  • Kapasitas/ukuran kapasitor
  • Nilai beban RL yang dipasang
  • Waktu

Ketiga faktor tersebut mempunyai hubungan sebagai berikut :

T=R*C

dimana T adalah waktu dalam detik, R adalah hambatan dalam ohm dan C adalah kapasitansi dalam farad. Perkalian RC disebut sebagai “konstanta waktu” merupakan ukuran seberapa cepat tegangan dan arus tapis (kapasitor) merespon perubahan pada masukan. Kapasitor akan terisi sampai sekitar 62,2% dari tegangan yang dekenakan selama satu konstanta waktu. Demikian saat dikosongkan selama satu konstanta waktu, maka tegangan kapasitor akan turun sebanyak 62,2%. Untuk mengisi kapasitor sampai penuh diperlukan waktu sekitar 5 kali konstanta waktu.

Karena ilmu itu adalah cahaya yang selalu menerangi setiap kehidupan kita. Diperbolehkan meng-copy tulisan di blog ini dengan tetap menjaga amanah ilmiyah & mencantumkan URL Link alamat blog ini. Dan mohon koreksi apabila terdapat kesalahan dalam penyampaian materi. Semoga artikel "Filter Power Supply Dengan Kapasitor" memberikan manfaat. Terima kasih

Berbagi Artikel "Filter Power Supply Dengan Kapasitor":

Buat Pesan Untuk Artikel "Filter Power Supply Dengan Kapasitor"

Be nice, Keep it clean, Stay on topic and No spam.
3+8= (Plus)