Definisi Dan Prinsip Kerja Motor Listrik Sinkron

Friday, August 3rd 2012. | Komponen, Teori Elektronika

Motor arus bolak-balik (Motor AC) menggunakan arus listrik yang membalikkan arahnya secara teratur pada rentang waktu tertentu. Motor listrik memiliki dua buah bagian dasar listrik: “stator” dan “rotor” seperti ditunjukkan dalam gambar dibawah. Stator merupakan komponen listrik statis. Rotor merupakan komponen listrik berputar untuk memutar as motor. Salah satu jenis motor listrik AC adalah motor AC sinkronĀ  yang dijelaskan sebagai berikut.

Konstruksi Motor Sinkron

Definisi Dan Prinsip Kerja Motor Listrik Sinkron,Konstruksi Motor Sinkron,motor listrik,motor ac,motor sinkron,definsi motor sinkron,motor sinkron adalah,motor listrik sinkron adalah,bagian motor listrik,bagian motor ac sinkron,harga motor ac,harga motor listrik,harga motor ac sinkron,jual motor listrik,jual motor sinkron,fungsi motor listrik,fungsi motor ac sinkron,aplikasi motor ac sinkron,kelebihan motor listrik sinkron,harga beli motor ac,harga beli motor listrik,harga beli motor ac sinkron

Motor sinkron adalah motor AC, bekerja pada kecepatan tetap pada sistim frekwensi tertentu. Motor ini memerlukan arus searah (DC) untuk pembangkitan daya dan memiliki torque awal yang rendah, dan oleh karena itu motor sinkron cocok untuk penggunaan awal dengan beban rendah, seperti kompresor udara, perubahan frekwensi dan generator motor. Motor sinkron mampu untuk memperbaiki faktor daya sistim, sehingga sering digunakan pada sistim yang menggunakan banyak listrik.

Komponen utama motor sinkron adalah :

  • Rotor. Perbedaan utama antara motor sinkron dengan motor induksi adalah bahwa rotor mesin sinkron berjalan pada kecepatan yang sama dengan perputaran medan magnet. Hal ini memungkinkan sebab medan magnit rotor tidak lagi terinduksi. Rotor memiliki magnet permanen atau arus DC-excited, yang dipaksa untuk mengunci pada posisi tertentu bila dihadapkan dengan medan magnet lainnya.
  • Stator. Stator menghasilkan medan magnet berputar yang sebanding dengan frekwensi yang dipasok.

Motor sinkron ini berputar pada kecepatan sinkron, yang diberikan oleh persamaan matematis berikut :

N_{s}=\frac{120f}{P}

Dimana:

f = frekwensi dari pasokan frekwensi (Hz)
P= jumlah kutub (pool)

Karena ilmu itu adalah cahaya yang selalu menerangi setiap kehidupan kita. Diperbolehkan meng-copy tulisan di blog ini dengan tetap menjaga amanah ilmiyah & mencantumkan URL Link alamat blog ini. Dan mohon koreksi apabila terdapat kesalahan dalam penyampaian materi. Semoga artikel "Definisi Dan Prinsip Kerja Motor Listrik Sinkron" memberikan manfaat. Terima kasih

Berbagi Artikel "Definisi Dan Prinsip Kerja Motor Listrik Sinkron":

Buat Pesan Untuk Artikel "Definisi Dan Prinsip Kerja Motor Listrik Sinkron"

Be nice, Keep it clean, Stay on topic and No spam.
4+9= (Plus)