CRT (Cathode Ray tube)

Tuesday, June 12th 2012. | Teori Elektronika

CRT (Cathode Ray tube) adalah jenis display yang paling tua dan paling banyak dipakai oleh masyarakat. Awalnya CRT ditemukan oleh Ahli fisika Jerman Ferdinand Braun tahun 1897 sehingga dikenal sebagai “Braun Tube”.

Sinar katode merupakan suatu berkas elektron yang keluar dari suatu pemanas katode (heater) yang berada di dalam tabung ruang hampa, dimana berkas elektron ini akan ditarik ke anoda disebabkan adanya beda potensial yang cukup tinggi antar katode dan anoda (tegangan ini umumnya dalam orde Kilo volt).

CRT (Cathode Ray tube)

CRT (Cathode Ray tube),crt,tabung tv,teori CRT (Cathode Ray tube),pengertian CRT (Cathode Ray tube),sejarah CRT (Cathode Ray tube),artikel tabung tv,sejarang tabung tv,tabung sinar katoda,teori video,materi tabung sinar katoda,penemu CRT (Cathode Ray tube),penemuan CRT (Cathode Ray tube)

Tabung sinar katode (CRT) adalah suatu tabung ruang hampa yang berisi suatu senapan elektron (Electron guns) dan suatu elemen pemanas (heater), yang berfungsi untuk mempercepat dan membelokkan berkas elektron (Electron beams). Hal ini dikarenakan di dalam ruang hampa yang panas, berkas elektron mudah untuk bergerak dari katoda menuju ke anoda. Untuk lebih jelasnya, perhatikan bagian-bagian CRT untuk televisi berwarna di di bawah ini.

Konstruksi CRT (Cathode Ray tube)

Konstruksi CRT (Cathode Ray tube),bagian CRT (Cathode Ray tube),elemen CRT (Cathode Ray tube),bagian tabung tv,elemen tabung tv,nama komponen tabung tv,komponen CRT (Cathode Ray tube),bagian tabung sinar kator,konstruksi tabung sinar katoda,dasar teori CRT (Cathode Ray tube),definisi CRT (Cathode Ray tube),pengertian CRT (Cathode Ray tube),gambar CRT (Cathode Ray tube),bentuk CRT (Cathode Ray tube)

Bagian-Bagian CRT (Cathode Ray tube) Berwarna

  • Electron guns
  • Electron beams
  • Focusing coils
  • Deflection coils
  • Anode
  • Mask
  • Phosphor layers
  • Close-up of the phosphor

Layar mempunyai sejumlah fosofor yang akan berpendar ketika terkena tembakan elektron yang dihasilkan oleh senapan elektron. Berkas elektron ini akan dibelokkan oleh medan magnet yang dikendalikan oleh kumparan vertikal dan horisontal (kumparan defleksi yoke). Elektron yang ditembakkan dan mengenai titik pospor akan menghasilkan cahaya yang terang yang dapat terlihat pada layar. selain itu, tabung juga memiliki mask color, semacam masker untuk menempatkan titik-titik pospor sehingga berkas elektron tepat mengenai pospor tersebut. Bila dilihat secata titik-titik, terbentuk tampilan seperti gambar dibawah. Ada 3 bulatan pospor yaitu merah, biru dan hijau. Bila digambarkan berdasarkan urutan warnanya, maka terlihat seperti gambar berikut.

Tampilan Warna Dasar CRT (Cathode Ray tube)

Tampilan Warna Dasar CRT (Cathode Ray tube),warna dasar tabung tv,tabung tv warna,trace warna tabung tv,warna dasar tabung sinar katoda,titik warna CRT (Cathode Ray tube)

Sumber berkas elektron adalah senapan elektron, yang menghasilkan suatu arus elektron melalui emisi-termion, dan memusat menjadi seuah titik kecil. Senapan ditempatkan pada leher CRT atau bagaian belakang CRT. Senapan elektron mempercepat tidak hanya elektron tetapi juga ion hadir di ruang hampa yang tidak sempurna. Ion lebih berat dibanding elektron, sulit untuk dibelokkan oleh medan megnet. Untuk untuk mencegahnya, senapan elektron ini dapat diposisikan pada poros tabung sedemikian sehingga ion akan membentur sisi CRT. Magnet tetap (perangkap ion) membelokkan elektron sehingga elektron membentur layar/pospor.

Senapan Elektron (Elektron Gun) CRT (Cathode Ray tube)

Senapan Elektron (Elektron Gun) CRT (Cathode Ray tube),senapan elektron,elektron gun,tembakan sinar crt,elemen elektron gun,bagian elektron gun,bagian senapan elektron,jenis senapan elektron,jenis crt,jenis tabung tv,ukuran tabung tv,tipe CRT (Cathode Ray tube),tipe tabung tv

CRT menggunakan suatu tabung yang umumnya berukuran besar, berat, dan relatif mudah pecah. Kemajuan teknologi, CRT mulai ditinggalkan dan tergantikan oleh LCD dan plasma. Ukuran CRT sangat bervariasi, mulai dari 6” sampai lebih dari 34”. Fisik yang besar sangat berpengaruh pada konsumsi daya.

Karena ilmu itu adalah cahaya yang selalu menerangi setiap kehidupan kita. Diperbolehkan meng-copy tulisan di blog ini dengan tetap menjaga amanah ilmiyah & mencantumkan URL Link alamat blog ini. Dan mohon koreksi apabila terdapat kesalahan dalam penyampaian materi. Semoga artikel "CRT (Cathode Ray tube)" memberikan manfaat. Terima kasih

Berbagi Artikel "CRT (Cathode Ray tube)":

Buat Pesan Untuk Artikel "CRT (Cathode Ray tube)"

Be nice, Keep it clean, Stay on topic and No spam.
3+8= (Plus)