Teknik Komunikasi Data Digital

Saturday, August 3rd 2013. | Teori Elektronika

Dalam teknik komunikasi data digital, data ditransfer melalui sistem path komunikasi tunggal pada transmisi data secara serial dimana tiap elemen pensinyalan dalam teknik komunikasi data digital dapat berupa kurang dari 1 bit : misalnya dengan pengkodean Manchester, 1 bit : NRZ-L dan FSK adalah contoh-contoh analog dan digital atau lebih dari 1 bit : QPSK sebagai contohnya. Dalam bahasan ini, kita menganggap satu bit per elemen pensinyalan kecuali jika keadaan sebaliknya.

Teknik transmisi data digital,teori transmisi digital,kelbihan transmisi digital,kekurangan transmisi digital,jenis transmisi digital,tenik transmisi digital,sistem transmisi digtal,transmisi datasecara digital,proses transmisi digital,definisi transmisi digital

Dalam komunikasi data digital dikenal istilah synchronisasi, dimana synchronisasi adalah salah satu tugas utama dari komunikasi data. Suatu transmitter mengirim message 1 bit pada suatu waktu melalui suatu medium ke receiver. Receiver arus mengenal awal dan akhir dari blok-blok bit dan juga harus mengetahui durasi dari tiap bit sehingga dapat men-sampel line tersebut dengan timing yang tepat untuk membaca tiap bit. Misalkan pengirim (sender) mentransmisi sejumlah bit-bit data. Pengirim mempunyai suatu clock yang mempengaruhi timing dari transmisi bit-bit. Sebagai contoh, jika data ditransmisi dengan 10000 bits per second (bps), kemudian 1 bit akan ditransmisi setiap 1/10000 = 0,1 millisecond (ms), sebagai yang diukur oleh clock pengirim. Maka, receiver akan menentukan waktu yang cocok untuk sampel-sampelnya pada interval dari 1 bit time. Pada contoh ini, pen-sampling-an akan terjadi sekali setiap 0,1 ms. Jika waktu pen-sampling-an berdasarkan pada clocknya sendiri, maka akan timbul masalah jika clock-clock transmitter dan reciver tidak disamakan dengan tepat. Jika ada perbedaan 1 persen (clock receiver 1 persen lebih cepat atau lebih lambat daripada clock transmitter), maka pen-sampling-an pertama 0,001 ms meleset dari tengah bit (tengah bit adalah 0,05 ms dari awal dan akhir bit). Setelah sampel-sampel mencapai 50 atau lebih, receiver akan error karena pen-sampling-annya dalam bit time yang salah (50 x 0,001 = 0,05 ms). Untuk perbedaan timing yang kecil, error akan terjadi kemudian, tetapi kemudian receiver akan keluar dari step transmitter jika transmitter mengirim aliran bit yang panjang dan jika tidak ada langkah-langkah yang men-synchron-kan transmitter dan receiver.

Jenis Teknik Transmisi Data Digital

1. Sistem transmisi data synchronous

Pada sistem transmisis ini data ditransmisi per karakter pada suatu waktu, dimana tiap karakter adalah 5 sampai 8 bit.

2. Sistem transmisi data asynchronous

Pada transmisi synchronous, ada level lain dari synchronisasi yang perlu agar receiver dapat menentukan awal dan akhir dari suatu blok data. Untuk itu, tiap blok dimulai dengan suatu pola preamble bit dan diakhiri dengan pola postamble bit.

Kelebihan Penggunaan Sistem Komunikasi Digital

  • Dapat diterapkan mode jamak atau multiplexing data pada teknik transmisi digital (TDM, FDM, OFDM)
  • Kecepatan transmisi data yang tinggi
  • Memiliki kesesuai dengan perkembangan teknologi komputer.
  • Memiliki flesibelitas yang tinggi terhadap perangkat komunikasi yang lain dan dalam memenuhi kebutuhan publik.
  • Efisiensi bandwidth transmisi.

Kekurangan Penggunaan Sistem Komunikasi Digital

  • Adanya eror pada proses digitalisasi
  • Tidak dapat diterima langsung oleh perangkat analog (memerlukan interface)
  • Memerlukan interface atau perangkat tambahan agar dapat diterima oleh sistem visual dan audio manusia yang analog.
  • Biaya infrastruktur awal yang tinggi

Berbagi Artikel "Teknik Komunikasi Data Digital":

Artikel Terkait "Teknik Komunikasi Data Digital"

Karena ilmu itu adalah cahaya yang selalu menerangi setiap kehidupan kita. Diperbolehkan meng-copy tulisan di blog ini dengan tetap menjaga amanah ilmiyah & mencantumkan URL Link alamat blog ini. Dan mohon koreksi apabila terdapat kesalahan dalam penyampaian materi. Semoga artikel "Teknik Komunikasi Data Digital" memberikan manfaat. Terima kasih

Like Untuk Ikuti Perkembangan Materi Elektronika

Buat Pesan Untuk Artikel "Teknik Komunikasi Data Digital"

Be nice, Keep it clean, Stay on topic and No spam.
2+9= (Plus)