Tanggapan Waktu (Respon Time) Sensor

Friday, March 18th 2016. | Sensor / Tranducer

Tanggapan waktu pada sensor menunjukan seberapa cepat tanggapannya terhadap perubahan masukan. Sebagai contoh, instrumen dengan tanggapan frekuensi yang jelek adalah sebuah termometer merkuri. Masukannya adalah temperatur dan keluarannya adalah posisi merkuri. Misalkan perubahan temperatur terjadi sedikit demi sedikit dan kontinyu terhadap waktu, seperti tampak pada gambar (a) berikut.

Contoh Tanggapan Waktu (Respon Time) Suatu Sensor Temperature

Contoh Tanggapan Waktu (Respon Time) Suatu Sensor Temperature,Tanggapan waktu,tanggapan waktu sensor,respon time sensor,karakteristik sensor,respon time transduser,tanggapan waktu transduser,kecepatan respon sensor,kemampuan sensor,kepekaan sensor,sensitifitas sensor,teori sensor,kemampuan sensor

Frekuensi adalah jumlah siklus dalam satu detik dan diberikan dalam satuan hertz (Hz). { 1 hertz berarti 1 siklus per detik, 1 kilohertz berarti 1000 siklus per detik]. Pada frekuensi rendah, yaitu pada saat temperatur berubah secara lambat, termometer akan mengikuti perubahan tersebut dengan “setia”. Tetapi apabila perubahan temperatur sangat cepat lihat gambar (b) diatas maka tidak diharapkan akan melihat perubahan besar pada termometer merkuri, karena ia bersifat lamban dan hanya akan menunjukan temperatur rata-rata.

Ada bermacam cara untuk menyatakan tanggapan frekuensi sebuah sensor. Misalnya “satu milivolt pada 500 hertz”. Tanggapan frekuensi dapat pula dinyatakan dengan “decibel (db)”, yaitu untuk membandingkan daya keluaran pada frekuensi tertentu dengan daya keluaran pada frekuensi referensi.

Yayan I.B, (1998), mengatakan ketentuan lain yang perlu diperhatikan dalam memilih sensor yang tepat adalah dengan mengajukan beberapa pertanyaan berikut ini:

  • Apakah ukuran fisik sensor cukup memenuhi untuk dipasang pada tempat yang diperlukan?
  • Apakah ia cukup akurat?
  • Apakah ia bekerja pada jangkauan yang sesuai?
  • Apakah ia akan mempengaruhi kuantitas yang sedang diukur? Sebagai contoh, bila sebuah sensor panas yang besar dicelupkan kedalam jumlah air air yang kecil, malah menimbulkan efek memanaskan air tersebut, bukan menyensornya.
  • Apakah ia tidak mudah rusak dalam pemakaiannya?.
  • Apakah ia dapat menyesuaikan diri dengan lingkungannya?
  • Apakah biayanya terlalu mahal?

Berbagi Artikel "Tanggapan Waktu (Respon Time) Sensor":

Artikel Terkait "Tanggapan Waktu (Respon Time) Sensor"

Karena ilmu itu adalah cahaya yang selalu menerangi setiap kehidupan kita. Diperbolehkan meng-copy tulisan di blog ini dengan tetap menjaga amanah ilmiyah & mencantumkan URL Link alamat blog ini. Dan mohon koreksi apabila terdapat kesalahan dalam penyampaian materi. Semoga artikel "Tanggapan Waktu (Respon Time) Sensor" memberikan manfaat. Terima kasih

Like Untuk Ikuti Perkembangan Materi Elektronika

Buat Pesan Untuk Artikel "Tanggapan Waktu (Respon Time) Sensor"

Be nice, Keep it clean, Stay on topic and No spam.
2+6= (Plus)