Sistem Modulasi Dan Struktur Modem ADSL

Friday, August 28th 2015. | Teori Elektronika

Pada sistem modulasi ADSL terdapat 5 jenis sistem modulasi yang digunakan pada keluarga xDSL, yaitu 2B1Q, TCM-AMI, DMT, CAP dan PAM. Pada ADSL digunakan sistem modulasi DMT (Discrete Multi Tone). Akhir-akhir ini dalam bidang wireless communicatioin OFDM (Orthogonal Frequency Domain Multiplex) banyak digunakan. DMT memiliki prinsip dasar yang sama dengan OFDM. DMT menggunakan wilayah frekuensi dari 30kHz sampai 1MHz sebagai carrier sinyal. Frekuensi carrier tadi dibagi-bagi lagi menjadi sub carrier 4kHz untuk kemudian dimodulasikan.

Gambar Spektrum Sistem Modulasi DMT

Sistem Modulasi Dan Struktur Modem ADSL,Sistem Modulasi Modem ADSL,Struktur ADSL,Sistem Modulasi ADSL,sistem modulasi DMT,Discrete Multi Tone,prinsip dasar modulasi DMT,pengertian modulasi ADSL,teori modulasi ADSL,Gambar Spektrum Sistem Modulasi DMT,Keuntungan sistem modulasi DMT,jenis-jenis modulasi ADSL

Keuntungan sistem modulasi DMT ini adalah memiliki karakteristik saluran yang sangat baik dalam penyaluran data/sinyal/informasi, baik dari segi loss (hilangnya data) maupun noise. Hal ini disebabkan karena adanya pembagian pada frekuensi carrier menjadi sub carrier tadi. DMT merupakan standar ANSI T1.413 yang ditetapkan pada tahun 1995 untuk modulasi demodulasi pada ADSL.

Struktur Modem ADSL

Struktur Modem ADSL,blok struktur modem ADSL,rangkaian modulator DMT,rangkaian IDFT,Inverse Discrete Fourier Transform

Gambar diatas menunjukan blok struktur modem ADSL yang menggunakan sistem modulasi DMT. Secara singkat prinsip kerja dari blok diagram di atas adalah sebagai berikut. Pertama-tama data input di-frame-kan, kemudian dijadikan kode (Coding) dengan menggunakan rangkaian pengkode. Untuk mencegah kesalahan pada kode-kode data, pada proses pengkodean ini disertakan juga kode tambahan lain yang bertujuan untuk melakukan pembetulan bila nantinya terjadi kasalahan data. Seletah itu dimodulasikan (encoder) dengan rangkaian modulator DMT (constellation encoder). Lalu sinyal output (sinyal digital) tadi dianalisa dengan menggunakan rangkaian IDFT (Inverse Discrete Fourier Transform). Setelah itu dikonverterkan dengan DAC (Digital to Analog Converter) yang sebelum dilewatkan ke rangkaian P/S (Paralel/Serial). Rangkaian (line) driver di sini berfungsi meng-amplitude-kan sinyal-sinyal output analog dari rangkaian DAC. Setelah itu dengan melalui rangkaian hybrid, output-an dari rangkaian driver dialirakan ke sambungan (line) telepon.

Gambar Alokasi Carrier DMT Pada ADSL

Gambar Alokasi Carrier DMT Pada ADSL,Alokasi DMT Carrier Pada ADSL,rangkaian penguat LNA,Low Noise Amplifier,Carrier ADSL,Carrier DMT,alokasi carrier sistem DMT

Pada modem terdapat rangkaian pengirim dan penerima yang satu sama lain terpisah. Baik sinyal dari rangkaian pengirim maupun sinyal dari rangkaian penerima menggunakan sepasang saluran telepon yang sama. Rangkaian hybrid bertugas memisahkan sinyal pengirim yang dilewatkan di atas saluran telepon dan sinyal penerima dialirkan ke rangkaian penerima.

Prinsip kerja (proses) rangkaian penerima merupakan kebalikan rangkaian pengirim, seperti telah dijelaskan di atas. Sinyal input yang masuk dari saluran telepon diperkuat dengan rangkaian penguat LNA (Low Noise Amplifier). Untuk proses selanjutnya adalah kebalikan dari rangkaian pengirim.

Berbagi Artikel "Sistem Modulasi Dan Struktur Modem ADSL":

Artikel Terkait "Sistem Modulasi Dan Struktur Modem ADSL"

Karena ilmu itu adalah cahaya yang selalu menerangi setiap kehidupan kita. Diperbolehkan meng-copy tulisan di blog ini dengan tetap menjaga amanah ilmiyah & mencantumkan URL Link alamat blog ini. Dan mohon koreksi apabila terdapat kesalahan dalam penyampaian materi. Semoga artikel "Sistem Modulasi Dan Struktur Modem ADSL" memberikan manfaat. Terima kasih

Like Untuk Ikuti Perkembangan Materi Elektronika

Buat Pesan Untuk Artikel "Sistem Modulasi Dan Struktur Modem ADSL"

Be nice, Keep it clean, Stay on topic and No spam.
2+9= (Plus)