Sensor Aliran Orifice Plate

Sunday, August 16th 2015. | Sensor / Tranducer

Sensor aliran Orifice Plate merupakan salah satu jenis sensor yang digunakan untuk mengukur aliran fluida dengan konsep pengukuran perbedaan tekanan. Alat ukur dengan Sensor Aliran Orifice Plate terdiri dari pipa dimana dibagian dalamnya diberi pelat berlubang lebih kecil dari ukuran diameter pipa. Sensor tekanan diletakan disisi pelat bagian inlet (P1) dan satu lagi dibagian sisi pelat bagian outlet (P2). Jika terjadi aliran dari inlet ke outlet, maka tekanan P1 akan lebih besar dari tekanan outlet P2.

Keuntungan utama dari Orfice plate ini adalah dari :

  1. Konstruksi sederhana
  2. Ukuran pipa dapat dibuat persis sama dengan ukuran pipa sambungan.
  3. Harga pembuatan alat cukup murah
  4. Output cukup besar

Kerugian menggunakan Orfice plate adalah :

  1. Jika terdapat bagian padat dari aliran fluida, maka padat bagian tersebut akan terkumpul pada bagian pelat disisi inlet.
  2. Jangkauan pengukuran sangat rendah
  3. Dimungkinkan terjadinya aliran Turbulen sehingga menyebabkan kesalahan pengukuran jadi besar karena tidak mengikuti prinsip aliran Laminer.
  4. Tidak memungkinkan bila digunakan untuk mengukur aliran fluida yang bertekanan rendah.

Gambar Sensor Aliran Orifice Plate

Sensor Aliran Orifice Plate,Gambar Sensor Aliran Orifice Plate,Orifice Plate,sensor aliran,sensor tekanan,sensor tekanan fluida,sensor aliran zat cair,mengukur aliran fluida,alat ukur aliran fluida,Keuntungan utama dari Orfice plate,Kerugian menggunakan Orfice plate,manfaat orifice plate,teori orifice plate,fungsi orifice plate,aplikasi orifice plate,teori orifice plate,dasar orifice plate,konsep orifice plate,prinsip kerja orifice plate,sistem kerja orifice plate,penemu orifice plate,teknik orifice plate,membuat orifice plate,cara seting orifice plate,cara buat orifice plate,rumus orifice plate,persamaan orifice plate

Dari gambar sensor aliran fluida dengan orifice plate diatas maka jumlah fluida yang mengalir per satuan waktu (m3/dt) dapat dirumuskan sebagai berikut :

Q=KA_{2}\sqrt{\frac{2g}{\rho}}\sqrt{P_{1}-P_{2}}

di mana :

Q = jumlah fluida yang mengalir ( m3/dt)
K = konstanta pipa
A2 = luas penampang pipa sempit
P = tekanan fluida pada pipa 1 dan 2
ρ = masa jenis fluida
g = gravitasi bumi

Orifice Plate merupakan salah satu sensor tekanan yang digunakan untuk mengukur aliran fluida berdasarkan hukum kontinuitas.

Berbagi Artikel "Sensor Aliran Orifice Plate":

Artikel Terkait "Sensor Aliran Orifice Plate"

Karena ilmu itu adalah cahaya yang selalu menerangi setiap kehidupan kita. Diperbolehkan meng-copy tulisan di blog ini dengan tetap menjaga amanah ilmiyah & mencantumkan URL Link alamat blog ini. Dan mohon koreksi apabila terdapat kesalahan dalam penyampaian materi. Semoga artikel "Sensor Aliran Orifice Plate" memberikan manfaat. Terima kasih

Like Untuk Ikuti Perkembangan Materi Elektronika

Buat Pesan Untuk Artikel "Sensor Aliran Orifice Plate"

Be nice, Keep it clean, Stay on topic and No spam.
4+9= (Plus)