Sensor Accelerometer MMA7260Q

Wednesday, August 8th 2012. | Sensor / Tranducer

Accelerometer adalah alat yang digunakan untuk mengukur percepatan, mendeteksi dan mengukur getaran (vibrasi), dan mengukur percepatan akibat gravitasi (inklinasi). Accelerometer dapat digunakan untuk mengukur getaran pada mobil, mesin, bangunan, dan instalasi pengamanan. Accelerometer juga dapat diaplikasikan pada pengukuran aktivitas gempa bumi dan peralatan-peralatan elektronik, seperti permainan 3 dimensi, mouse komputer, dan telepon. Untuk aplikasi yang lebih lanjut, sensor ini banyak digunakan untuk keperluan navigasi.

Percepatan merupakan suatu keadaan berubahnya kecepatan terhadap waktu. Bertambahnya suatu kecepatan dalam suatu rentang waktu disebut percepatan (acceleration). Namun jika kecepatan semakin berkurang daripada kecepatan sebelumnya, disebut perlambatan (deceleration). Percepatan juga bergantung pada arah/orientasi karena merupakan penurunan kecepatan yang merupakan besaran vektor. Berubahnya arah pergerakan suatu benda akan menimbulkan percepatan pula. Untuk memperoleh data jarak dari sensor accelerometer, diperlukan proses integral ganda terhadap keluaran sensor.

s=\int (\int (\vec{a})dt)dt

Proses penghitungan ini dipengaruhi oleh waktu cuplik data, sehingga jeda waktu cuplik data (dt) harus selalu konstan dan dibuat sekecil mungkin Secara sederhana, integral merupakan luas daerah di bawah suatu sinyal selama rentang waktu tertentu. Untuk lebih jelasnya dapat dilihat pada gambar berikut.

Proses Integral Terhadap Suatu Sinyal

Proses Integral Terhadap Suatu Sinyal,sinyal accelerometer,sinyal integrasi accelerometer,proses integrasi sinyal accelerometer,integrasi sinyal oleh sensor accelerometer

\int_{b}^{a}f(x)dx=\lim_{n\rightarrow \infty }\sum_{n}^{i=1}f(x_{i})\Delta x

\Delta x=\frac{b-a}{n}

Persamaan pengintegralan pada persamaan (2) masih memiliki error yang cukup besar. Untuk lebih mengoptimalkan hasil pengintegralan maka dapat digunakan metode Runge-Kutta dengan pendekatan trapezoidal seperti pada persamaan berikut.

x_{k}=x_{k-1}+\frac{h}{2}[f(x_{k},t_{k})+f(x_{k-1},t_{k-1})]

Dari persamaan (4) dapat diketahui bahwa hasil integral saat ini (xk) dipengaruhi oleh hasil integral sebelumnya (xk-1), masukan saat ini f(xk,tk) dan masukan sebelumnya, serta waktu cuplik antar data masukan (h).

Percepatan yang diperoleh dari hasil pengukuran accelerometer pada kenyataannya bukanlah data percepatan benda murni, melainkan juga terdapat derau.

U=a+r+d

Nilai a merupakan percepatan benda sesungguhnya, nilai r adalah random noise, dan d adalah drift noise.

Sensor accelerometer MMA7260Q digunakan dengan tiga sumbu pengukuran, yaitu terhadap sumbu x, sumbu y, dan sumbu z. Sensor accelerometer ini digunakan untuk mengukur percepatan benda dalam satuan gravitasi (g). Sensor ini dapat mengukur percepatan dari 1,5 g sampai 6 g. Sensor accelerometer MMA7260Q dengan rangkaian pendukung yang terintegrasi dapat dilihat pada gambar berikut.

Break Out Accelerometer MMA7260Q

Sensor Accelerometer MMA7260Q,Break Out Accelerometer MMA7260Q,accelerometer,sensor accelerometer,aplikasi sensor accelerometer,fungsi sensor accelerometer,cara menggunakan sensor accelerometer,cara seting sensor accelerometer,cara pakai sensor accelerometer,tegangan kerja sensor accelerometer,teori sensor accelerometer,membuat sensor accelerometer,rangkaian sensor accelerometer,komponen sensor accelerometer,modul sensor accelerometerkit sensor accelerometer,harga sensor accelerometer,jual sensor accelerometer harga beli sensor accelerometer,keunggulan sensor accelerometer,konfigurasi sensor accelerometer,seting sensor accelerometer,sisitem kerja sensor accelerometer,prinsip kerja sensor accelerometer,teori dasar sensor accelerometer

Pada sensor accelerometer MMA7260Q ini memiliki fasilitas g-select yang memungkinkan sensor bekerja pada tingkat sensitivitas yang berbeda-beda. Penguatan internal pada sensor akan berubah sesuai dengan tingkat sensitivitas yang dipilih, yaitu 1,5 g, 2 g, 4 g, atau 6 g. Pemilihan tingkat sensitivitas ini dilakukan dengan memberikan input logika pada pin g-select1 dan g-select2. Diskripsi pemilihan tingkat sensitivitas pada sensor accelerometer MMA7260Q dapat diamati pada tabel berikut.

Diskripsi Tingkat Sensitivitas Accelerometer MMA7260Q

 Diskripsi Tingkat Sensitivitas Accelerometer MMA7260Q,Accelerometer MMA7260Q,Sensitivitas Accelerometer,tingkat Sensitivitas Accelerometer

Berbagi Artikel "Sensor Accelerometer MMA7260Q":

Artikel Terkait "Sensor Accelerometer MMA7260Q"

Karena ilmu itu adalah cahaya yang selalu menerangi setiap kehidupan kita. Diperbolehkan meng-copy tulisan di blog ini dengan tetap menjaga amanah ilmiyah & mencantumkan URL Link alamat blog ini. Dan mohon koreksi apabila terdapat kesalahan dalam penyampaian materi. Semoga artikel "Sensor Accelerometer MMA7260Q" memberikan manfaat. Terima kasih

Like Untuk Ikuti Perkembangan Materi Elektronika

Buat Pesan Untuk Artikel "Sensor Accelerometer MMA7260Q"

Be nice, Keep it clean, Stay on topic and No spam.
1+3= (Plus)