Proteksi Induktor Dengan Dioda Dan Kapasitor (Snubber)

Monday, February 9th 2015. | Artikel Elektronika, Teori Elektronika

Pada rangkaian elektronika dengan beban iduktif (relai/motor DC) akan menimbulkan lonjakan tegangan yang berasal dari proses induksi beban induktor tersebut. Lonjakan yang berasal dari proses induksi dari beban induktor memiliki level tegangan yang cukup besar. Sehingga lonjakan tegangan dari beban induktif ini dapat mengganggu kinerja rangkaian yang lain. Besarnya lonjakan tegangan dari beban induktif (V) adalah :

V=-L\frac{di}{dt}

Terjadinya lonjakan tegangan induktif pada beban induktor ini terjadi pada saat beban induktor tersebut pertama kali diberikan sumber tegangan (ON) dan pada saat tegangan sumber diputuskan (OFF).

Pada rangkaian dengan beban induktif diperlukan komponen atau rangkaian untuk memproteksi dari terjadinya lonjakan tegangan induktif tersebut agar tidak mempengaruhi kinerja rangkaian. Untuk memproteksi rangkaian dari kondisi ini (terjadinya tegangan induksi) dapat dilakukan dengan memasang dioda atau kapasitor paralel pada beban induktif tersebut seperti terlihat pada gambar berikut.

Rangkaian Proteksi Tegangan Induktif (Snubber)

Rangkaian Proteksi Tegangan Induktif (Snubber),rangkaian proteksi induktif,proteksi induktif,teori snubber,rangkaian snubber,skema snubber,fungsi snubber,membuat snubber,membuat protektor induktor,tegangan induktif,arus induktif,fungsi dioda pad beban induktor,efek tegangan induktif,menghindari tegangan induktif

Pada gambar diatas menunjukan contoh-contok teknik proteksi tegangan induktif dari beban induktif pada rangkaian elektronika. Rangkaian proteksi tegangan induktor seperti terlihat pada gambar diatas disebut juga dengan nama rangkaian snubber.

Dari gambar diatas, pada saat saklar di OFF-kan. Dioda akan mendapat bias maju sehingga tegangan induktif akan kembali mengalir ke induktor. Kumdian pada saat saklar di ON-kan kembali maka dioda akan mendapat bias mundur. Kekurangan dari metode proteksi dengan dioda ini adalah terjadinya delay arus pada beban karena tegangan induksi pada beban sebesar :

V\div \frac{\Delta I}{\Delta t}

Untuk aplikasi AC yang cepat seperti pada printer dot-matrix, relay cepat dll. digunakan rangkaian proteksi (snubber) seperti pada gambar c, hal ini karena proteksi (snubber) dengan dioda hanya berkonduksi untuk setngah siklus saja.

Berbagi Artikel "Proteksi Induktor Dengan Dioda Dan Kapasitor (Snubber)":

Artikel Terkait "Proteksi Induktor Dengan Dioda Dan Kapasitor (Snubber)"

Karena ilmu itu adalah cahaya yang selalu menerangi setiap kehidupan kita. Diperbolehkan meng-copy tulisan di blog ini dengan tetap menjaga amanah ilmiyah & mencantumkan URL Link alamat blog ini. Dan mohon koreksi apabila terdapat kesalahan dalam penyampaian materi. Semoga artikel "Proteksi Induktor Dengan Dioda Dan Kapasitor (Snubber)" memberikan manfaat. Terima kasih

Like Untuk Ikuti Perkembangan Materi Elektronika

Buat Pesan Untuk Artikel "Proteksi Induktor Dengan Dioda Dan Kapasitor (Snubber)"

Be nice, Keep it clean, Stay on topic and No spam.
3+9= (Plus)