Port Parallel DB-25

Wednesday, August 26th 2015. | Artikel Elektronika

Untuk berhubungan dengan alat lain, komputer di beri tambahan berupa port paralel dan port seri. Pada port paralel data dikirimkan dalam format paralel (8-bit sekaligus) sehingga dapat dikirim dengan cepat. Namun untuk itu diperlukan banyak kabel dan tidak dapat dipergunakan  untuk jarak yang jauh. Pada saat ini port parallel kompoter sudah jarang digunakan, akan tetapi beberapa peralatan ukur elektronika maish banyak menggunakan port parallel komputer ini untuk saling berkomunikasi.

Port paralel mempunyai beberapa nama yaitu LPT0, LPT1 dan LPT2 yang memiliki alamat sendiri-sendiri untuk nama-nama tersebut, seperti pada tabel berikut.

Tabel Alamat Port Parallel LPT-0, LPT-1 dan LPT-2

Tabel Alamat Port Parallel LPT-0, LPT-1 dan LPT-2,port parallel komputer,alamat port parallel,port parallel DB-25,komunikasi port parallel,fungsi port parallel,modek kerja prot parallel,mode ECP,mode EPP,mode SPP,sifat port parallel,karakter port parallel,menggunakan port parallel,komunikasi dengan port parallel,aplikasi port parallel

Port paralel dapat digunakan dalam beberapa mode dan normalnya dapat dikonfigurasi melalui perangkat lunak. Mode-mode tersebut meliputi:

  • Mode SPP (Standart Parallel Port)
  • Mode EPP (Enhanced Parallel Port)
  • Mode ECP (Extended Capabilities Port)

Mode SPP merupakan suatu port paralel standar yang satu arah saja, tidak fitur dua-arah, sehingga bit-5 pada kanal kontrol tidak akan respon. Pada mode ini port paralel hanya dapat digunakan sebagai output saja dan tidak dapat digunakan untuk masukan.

Mode EPP merupakan mode dua-arah (bidirectional). Pada mode ini peralel port dapat digunakn sebagai saluran input dan output. Dengan mode EPP ini dapat dilakukan akses ke register-register SPP (data, status dan kontrol) serta mengakses register-register EPP. Pada mode ini juga, dapat membalikkan arah port menggunakan bit-5 dari register kontrol. Mode EPP memiliki dua tipe yaitu EPP1.7 dan EPP1.9 yang dapat mengakses bit time out pada register EPP. Selain itu mode EPP mempunyai kecepatan pengiriman data (transfer rate) antara 500KB/S sampai 2MB/S.

Mode ECP akan memberikan port paralel dengan kemampuan tambahan (Extended Capabilities Port). Mode ini dapat diset melalui register kontrol tambahan (extended control register) dari ECP.

Mode-mode diatas dapat dikonfigurasi melalui BIOS pada komputer. Dan dapat di konfigurasikan ulang menggunakan perangkat lunak. Register-register perangkat lunak ini ini, umumnya ditemukan pada alamat-alamat 0x2FA, 0x3F0, 0x3F1 dan lain-lain yang diperuntukkan diakses oleh BIOS.

Susunan kaki (pin) pada konektor DB-25 port paralel pada mode SPP dan EPP seperti pada tabel berikut.

Tabel Susunan Kaki (pin) Konektor DB-25

Tabel Susunan Kaki (pin) Konektor DB-25,konstruksi pin DB-25,konstruksi pin port parallel,susunan kaki port parallel komputer,nama kaki port parallel,kaki port parallel komputer,konsfigurasi pin LPT1 LPt2 LPT0,susunan kaki port parallel

Berbagi Artikel "Port Parallel DB-25":

Artikel Terkait "Port Parallel DB-25"

Karena ilmu itu adalah cahaya yang selalu menerangi setiap kehidupan kita. Diperbolehkan meng-copy tulisan di blog ini dengan tetap menjaga amanah ilmiyah & mencantumkan URL Link alamat blog ini. Dan mohon koreksi apabila terdapat kesalahan dalam penyampaian materi. Semoga artikel "Port Parallel DB-25" memberikan manfaat. Terima kasih

Like Untuk Ikuti Perkembangan Materi Elektronika

Buat Pesan Untuk Artikel "Port Parallel DB-25"

Be nice, Keep it clean, Stay on topic and No spam.
0+3= (Plus)