Penguat Penyangga (Pengikut Tegangan)

Tuesday, August 4th 2015. | Teori Elektronika

Pengikut tegangan biasanya didefinisikan sebagai rangkaian dengan penguatan satu. Diantara masukan dan keluaran terdapat isolasi impedansi. Keluaran dari op amp terhubung pada masukan inverting dan tegangan masukan dihubungkan pada masukan non inverting. Rangkaian penyangga dibangun menggunakan penguat operasional (Op-Amp) dengan konfigurasi salah satu inputnya digunakan sebagai jalur umpan balik secara langsung tanpa menggunakan resistansi, sehingga nilai resistansi umpan balik adalah 0 Ohm. Dengan hambatan umpan balik sama dengan nol sehingga besarnya penguatan dapat dirumuskan sebagai berikut :

A=\frac{R_{f}}{R_{in}}+1

Dengan masukan non inverting, rangkaian ini memiliki impedansi masukan yang amat tinggi serta impedansi keluaran yang amat rendah. Keuntungan ini menjadi sangat ideal untuk penyangga.

Gambar Penguat Penyangga Positif

Gambar Penguat Penyangga Positif,Penguat Penyangga Positif,rangkaian Penguat Penyangga Positif,teori Penguat Penyangga Positif,artikel Penguat Penyangga Positif,materi Penguat Penyangga Positif,dasar teori Penguat Penyangga Positif,pengertian Penguat Penyangga Positif,definisi Penguat Penyangga Positif,rumus Penguat Penyangga Positif,formulasi Penguat Penyangga Positif,penguatan tegangan pada Penguat Penyangga Positif

Penyangga negative sering diperlukan dalam pemakaian khusus. Rangkaian penyangga fase terbalik ditunjukan pada gambar dibawah. Dengan konfigurasi salah satu input dihubnungkan secara langsung ke jalur output sebagai jaringan umpan balik (feedback) sehingga nilai resistansi umpan balik Rf 0 Ohm dan tidak menggunakan resistansi input sehingga resistansi input Rin 0 Ohm. Karena Rin sama dengan Rf maka rumus penguatan sebagai berikut:

A=\frac{R_{f}}{R_{in}}+1=\frac{0}{R_{in}+1}=1

Berbeda dengan penguat penyangga positif, pada penguat penyangga negatif ini memiliki kelemahan dengan impedansi masukan yang menjadi rendah.

Gambar Penguat Penyangga Negatif

Gambar Penguat Penyangga Negatif,rangkaian Penguat Penyangga Negatif,skema Penguat Penyangga Negatif,teori Penguat Penyangga Negatif,definisi Penguat Penyangga Negatif,pengertian Penguat Penyangga Negatif,landasan teori Penguat Penyangga Negatif,penguatan Penguat Penyangga Negatif,rumus Penguat Penyangga Negatif,Penguat buffer,teori Penguat buffer,rangkaian Penguat buffer,definisi Penguat buffer,pengertian Penguat buffer,membuat Penguat buffer,analisa Penguat buffer

Aplikasi dari rangkaian penyangga ini adalah sebagai penguat arus, karena pada penguat penyangga tidak memiliki penguatan tegangan (A) atau penguatan tegangan 1 kali (A = 1).

Berbagi Artikel "Penguat Penyangga (Pengikut Tegangan)":

Artikel Terkait "Penguat Penyangga (Pengikut Tegangan)"

Karena ilmu itu adalah cahaya yang selalu menerangi setiap kehidupan kita. Diperbolehkan meng-copy tulisan di blog ini dengan tetap menjaga amanah ilmiyah & mencantumkan URL Link alamat blog ini. Dan mohon koreksi apabila terdapat kesalahan dalam penyampaian materi. Semoga artikel "Penguat Penyangga (Pengikut Tegangan)" memberikan manfaat. Terima kasih

Like Untuk Ikuti Perkembangan Materi Elektronika

Buat Pesan Untuk Artikel "Penguat Penyangga (Pengikut Tegangan)"

Be nice, Keep it clean, Stay on topic and No spam.
2+8= (Plus)