Pengoperasian Transistor

Sunday, October 12th 2014. | Teori Elektronika

Pengoperasian transistor dapat diterangkan secara kualitatif dalam hal distribusi potensial/tegangan pada sambungan basis, emitor dan kolektor pada transistor. Sambungan emitor dengan bias maju, dengan efek dari tegangan bias VBE terjadi penurunan tegangan penghalang pada sambungan emitor dan memberi kesempatan pada elektron melakukan injeksi ke basis dimana pada daerah ini miskin elektron (minoritas).

Dasar Pengoperasian Transistor NPN

Dasar Pengoperasian Transistor NPN,dasar teori kerja transistor,teori dasar transistor,pengoperasian transistor,prinsip kerja transistor,rangkaian dasar transistor,dasar bias transistor,dasar pemberian bias transistor,dasar tegangan panjar transistor

Sambungan kolektor dengan bias maju; sebagai efek dari pemasangan tegangan bias VCE akan menaikkan potensial penghalang pada sambungan kolektor. Karena daerah basis sangat tipis, hampir semua elektron yang terinjeksi pada basis tersapu ke kolektor dimana mereka melakukan rekombinasi dengan hole yang “disediakan” dengan pemasangan baterai luar. (Sebenarnya terjadi pengambilan elektron oleh baterai eksternal, meninggalkan hole untuk proses rekombinasi).

Pergerakan Muatan Pada Transistor NPN

Pergerakan Muatan Pada Transistor NPN,aliran muatan pada transistor,pergerakan elektron dalam transistor,aliran elektron transistor,muatan transistor

Sebagai hasilnya terjadi transfer arus dari rangkaian emitor ke rangkaian kolektor yang besarnya hampir tidak tergantung pada tegangan kolektor-basis. Seperti akan kita lihat, transfer tersebut memungkinkan pemasangan hambatan beban yang besar untuk mendapatkan penguatan tegangan.

Pada saat sambungan kolektor-basis dengan bias mundur dan sambungan emitor-basis dengan bias maju. Arus emitor sebagai fungsi dari tegangan emitor-basis sebagai berikut :

-i_{E}-I_{o}[exp(-v_{BE}/V_{T})-1]

dimana T V = 25 mV untuk transistor n-p-n pada temperatur ruang.

Io berasal dari pembawa muatan hasil generasi termal, sehingga secara kuat merupakan fungsi temperatur, dan harganya hampir berlipat dua untuk setiap kenaikan 10°C. Harga Io sangat bervariasi dari satu transistor ke transistor yang lain walaupun untuk tipe dan pabrik yang sama.

Aliran Arus Dalam Pengoperasion Transistor NPN

Aliran Arus Dalam Pengoperasion Transistor NPN,aliran arus transistor,aliran arus pada kaki transistor,arus transistor,aliran arus internal transistor

Hampir seluruh arus emiter berdifusi ke daerah basis dan menghasilkan arus
kolektor, dimana harganya lebih besar dari arus basis.

i_{C}=\beta i_{B}

dimana β merupakan parameter transistor terpenting kedua, dan disebut sebagai penguatan arus (current gain – sering dinyatakan dengan simbul hfe atau hFE untuk kasus tertentu).

Berbagi Artikel "Pengoperasian Transistor":

Artikel Terkait "Pengoperasian Transistor"

Karena ilmu itu adalah cahaya yang selalu menerangi setiap kehidupan kita. Diperbolehkan meng-copy tulisan di blog ini dengan tetap menjaga amanah ilmiyah & mencantumkan URL Link alamat blog ini. Dan mohon koreksi apabila terdapat kesalahan dalam penyampaian materi. Semoga artikel "Pengoperasian Transistor" memberikan manfaat. Terima kasih

Like Untuk Ikuti Perkembangan Materi Elektronika

Buat Pesan Untuk Artikel "Pengoperasian Transistor"

Be nice, Keep it clean, Stay on topic and No spam.
1+7= (Plus)