Parameter Alat Ukur Yang Wajib Diketahui

Saturday, September 15th 2012. | Instrument

Alat ukur listrik merupakan peralatan yang diperlukan oleh manusia untuk mengetahui suatu nilai dari besaran listrik. Alat ukur listrik dibutuhkan karena besaran listrik seperti : tegangan, arus, daya, frekuensi dan sebagainya tidak dapat secara langsung ditanggapi oleh panca indera. Untuk mengukur besaran listrik tersebut, diperlukan alat pengubah. Atau besaran ditransformasikan ke dalam besaran mekanis yang berupa gerak dengan menggunakan alat ukur. Perlu disadari bahwa untuk dapat menggunakan berbagai macam alat ukur listrik perlu pemahanan pengetahuan yang memadai tentang konsep – konsep teoritisnya. Dalam mempelajari alat ukur listrik dan teknik pengukuran dikenal beberapa istilah, antara lain :

  1. Instrumen : adalah alat ukur untuk menentukan nilai atau besaran suatu kuantitas atau variabel.
  2. Ketelitian : harga terdekat dengan mana suatu pembacaan instrumen mendekati harga sebenarnya dari variabel yang diukur.
  3. Ketepatan : suatu ukuran kemampuan untuk hasil pengukuran yang serupa
  4. Sensitivitas : perbandingan antara sinyal keluaran atau respons instrumen terhadap perubahan masukan atau variabel yang diukur.
  5. Resolusi : :perubahan terkecil dalam nilai yang diukur yang mana instrumen akan memberi respon atau tanggapan.
  6. Kesalahan : penyimpangan variabel yang diukur dari harga (nilai) yang sebenarnya.

Contoh Alat Ukur

Parameter Alat Ukur Yang Wajib Diketahui,Parameter Alat Ukur,ketelitian alat ukur,ketepatan alat ukur,sensitivitas alat ukur,resolusi alat ukur,tingkat kesalahan alat ukur,alat ukur yang baik,harga alat ukur,jual alat ukur,cara menggunakan alat ukut,cara mengetahui alat ukur baik,cara menentukan alat ukur,contoh alat ukur,Alat ukur standar/absolut,Alat ukur listrik,jenis Alat ukur listrik,tipe Alat ukur listrik,Alat ukur sekunder

Alat ukur listrik dikelompokkan menjadi dua, yaitu :

Alat ukur standar/absolut :

Alat ukur absolut maksudnya adalah alat ukur yang menunjukkan besaran dari komponen listrik yang diukur dengan batas-batas pada konstanta dan penyimpangan pada alat itu sendiri. Ini menunjukkan bahwa alat tersebut tidak perlu dikalibrasi atau dibandingkan dengan alat ukur lainnya lebih dahulu. Contoh dari alat ukur ini adalah galvanometer.

Alat ukur sekunder :

Alat ukur sekunder maksudnya adalah semua alat ukur yang menunjukkan harga besaran listrik yang diukur dan dapat ditentukan hanya dari simpangan alat ukur tersebut. Sebelumnya alat ukur sudah dikalibrasi dengan membandingkan pada alat ukur standar/absolut. Contoh dari alat ukur ini adalah alat ukur listrik yang sering dipergunakan sehari-hari.

Berbagi Artikel "Parameter Alat Ukur Yang Wajib Diketahui":

Artikel Terkait "Parameter Alat Ukur Yang Wajib Diketahui"

Karena ilmu itu adalah cahaya yang selalu menerangi setiap kehidupan kita. Diperbolehkan meng-copy tulisan di blog ini dengan tetap menjaga amanah ilmiyah & mencantumkan URL Link alamat blog ini. Dan mohon koreksi apabila terdapat kesalahan dalam penyampaian materi. Semoga artikel "Parameter Alat Ukur Yang Wajib Diketahui" memberikan manfaat. Terima kasih

Like Untuk Ikuti Perkembangan Materi Elektronika

Buat Pesan Untuk Artikel "Parameter Alat Ukur Yang Wajib Diketahui"

Be nice, Keep it clean, Stay on topic and No spam.
4+5= (Plus)