Oscilator Colpitts

Saturday, February 6th 2016. | Rangkaian

Oscilator Colpitts pada dasarnya mirip dengan oscilator Hartley. Perbedaan yang mendasar terletak pada bagian rangkaian tangki (tank circuit). Pada oscilator Colpitts, digunakan dua kapasitor sebagai pengganti induktor yang terbagi. Rangkaian umpan balik dibuat dengan menggunakan “medan elektrostatik” melalui jaringan pembagi kapasitor. Frekuensi resonansi rangkaian oscilator colpitts ditentukan oleh dua kapasitor terhubung seri dan induktor. Rangkaian oscilator colpitts secara detil dapat dilihat pada gambar berikut :

Rangkaian Oscilator Colpitts

Oscilator Colpitts,rangkaian oscilator colpitts,dasar teori Oscilator Colpitts,definisi oscilator colpitts,skema oscilator colpitts,rangkaian osilator colpitts,frekuensi resonansi oscilator colpitts,orinsip kerja oscilator colpitts,yangkaian oscilator colpitts transistor,proses osilasi osilator colpitts,rangkaian tangki Oscilator Colpitts,rangkaian oscilator colpitts,dasar teori Oscilator Colpitts,definisi oscilator colpitts,skema oscilator colpitts,rangkaian osilator colpitts,frekuensi resonansi oscilator colpitts,orinsip kerja oscilator colpitts,yangkaian oscilator colpitts transistor,proses osilasi osilator colpitts,tank circuit Oscilator Colpitts,rangkaian oscilator colpitts,dasar teori Oscilator Colpitts,definisi oscilator colpitts,skema oscilator colpitts,rangkaian osilator colpitts,frekuensi resonansi oscilator colpitts,orinsip kerja oscilator colpitts,yangkaian oscilator colpitts transistor,proses osilasi osilator colpitts,prose pengisian dan pengosongan tank circuit,tegangan bias Oscilator Colpitts,rangkaian oscilator colpitts,dasar teori Oscilator Colpitts,definisi oscilator colpitts,skema oscilator colpitts,rangkaian osilator colpitts,frekuensi resonansi oscilator colpitts,orinsip kerja oscilator colpitts,yangkaian oscilator colpitts transistor,proses osilasi osilator colpitts

Dari gambar rangkaian oscilator colpitts diatas  tegangan bias untuk basis diberikan melalui R1 dan R2 sedangkan tegangan bias untuk emitor diberikan melalui R4. Kolektor diberi bias mundur dengan menghubungkan ke bagian positif dari VCC melalui R3. Resistor R3 juga berfungsi sebagai beban kolektor. Penguat transistor rangkaian oscilator colpitts dibuat dengan konfigurasi common emitor.

Pada saat sumber tegangan DC diberikan pada rangkaian oscilator colpitts, arus mengalir dari bagian negatif VCC melalui R4, Q1 dan R3. Arus IC yang mengalir melalui R3 menyebabkan penurunan tegangan VC dengan harga positif. Tegangan yang berubah ke arah negatif ini juga diberikan ke bagian atas C1 melalui C3. Bagian bawah C2 bermuatan positif dan tertambahkan ke tegangan basis sehingga menaikkan harga IB. Transistor Q1 akan semakin berkonduksi sampai pada titik jenuh. Saat Q1 sampai pada titik jenuh maka tidak ada lagi kenaikan IC dan perubahan VC juga akan terhenti. Sehingga tidak terdapat umpan balik ke bagian atas C2. Muatan pada C1 dan C2 akan dikosongkan melalui L1 dan selanjutnya medan magnet di sekitar L1 akan menghilang. Arus pengosongan tetap berlangsung untuk sesaat. Keping C2 bagian bawah menjadi bermuatan negatif dan keping C1 bagian atas bermuatan positif. Ini akan mengurangi tegangan bias maju Q1 dan IC akan menurun. Harga VC akan mulai naik ke arah VCC, kenaikan ini akan diupankan kembali ke bagian atas keping kapasitor C1 melalui C3. C1 akan bermuatan lebih positif dan bagian bawah C2 menjadi lebih negatif. Proses ini terus berlanjut sampai Q1 pada rangkaian ocilator colpitts sampai pada titik cutoff.

Pada saat Q1 rangkaian oscilator colpitts sampai pada titik cutoff, maka tidak ada arus IC. Tidak ada tegangan umpan balik ke C1. Gabungan muatan yang terkumpul pada C1 dan C2 dikosongkan melalui L1. Arus pengosongan mengalir dari bagian bawah C2 ke bagian atas C1. Muatan negatif pada C2 akan habis dengan cepat dan medan magnet di sekitar L1 akan menghilang. Arus yang mengalir masih terus berlanjut. Keping C2 bagian bawah menjadi bermuatan positif dan keping C1 bagian atas bermuatan negatif. Tegangan positif pada C2 menarik Q1 dari daerah cutoff . Selanjutnya IC akan mulai mengalir lagi dan proses dimulai lagi dari titik ini. Energi dari rangkaian umpan balik ditambahkan ke rangkaian tangki oscilator colpitts sesaat pada setiap adanya perubahan.

Besarnya umpan balik pada rangkaian osilator colpitts ditentukan oleh “nilai kapasitansi” C1 dan C2. Harga C1 pada rangkaian ini jauh lebih kecil dibandingkan dengan C2 atau XC1 > XC2. Tegangan pada C1 lebih besar dibandingkan pada C2. Dengan membuat C2 lebih kecil akan diperoleh tegangan balikan yang lebih besar. Namun dengan menaikkan balikan terlalu tinggi akan mengakibatkan terjadinya distorsi. Biasanya sekitar 10-50% tegangan kolektor dikembalikan ke rangkaian tangki sebagai sinyal umpan balik rangkaian oscilator colpitts.

Berbagi Artikel "Oscilator Colpitts":

Artikel Terkait "Oscilator Colpitts"

Karena ilmu itu adalah cahaya yang selalu menerangi setiap kehidupan kita. Diperbolehkan meng-copy tulisan di blog ini dengan tetap menjaga amanah ilmiyah & mencantumkan URL Link alamat blog ini. Dan mohon koreksi apabila terdapat kesalahan dalam penyampaian materi. Semoga artikel "Oscilator Colpitts" memberikan manfaat. Terima kasih

Like Untuk Ikuti Perkembangan Materi Elektronika

Buat Pesan Untuk Artikel "Oscilator Colpitts"

Be nice, Keep it clean, Stay on topic and No spam.
2+7= (Plus)