Nilai Resistansi Grounding Yang Baik

Monday, October 8th 2012. | Teori Elektronika

Ada kerancuan antara grounding (pentanahan) yang baik dan nilai tahanan yang seharusnya. Idealnya suatu grounding (pentanahan) besar tahanannya nol ohm. Tidak ada satu standar mengenai ambang batas nilai tahanan grounding yang harus diikuti oleh semua badan. Tetapi badan NFPA dan IEEE telah merekomendasikan nilai tahanan grounding (pentanahan) lebih kecil atau sama dengan 5 Ohm.

Gambar Hubungan Antara Penghantar Tanah Dan Elektroda Grounding

Nilai Resistansi Grounding Yang Baik,Resistansi Grounding,grounding (pentanahan),grounding,Hubungan Antara Penghantar Tanah Dan Elektroda Grounding,Komponen Elektroda Gronunding (Pentanahan),Elektroda pentanahan,elektroda tanah,tahanan elektroda tanah,grounding listrik,grounding  yang baik,nilai grounding  ideal,cara pasang grounding listrik,bahan grounding,bahan grounding listrik,material grounding yang baik

Badan NEC menyatakan bahwa untuk meyakinkan impedansi sistem ke tanah besarnya kurang dari 25 Ohm dan tercantum dalam NEC 250.56. Fasilitas dengan peralatan yang sensitif nilai tahanan tanahnya harus 5 ohm atau kurang. Industri telekomunikasi telah menggunakan 5 ohm atau kurang sebagai nilai tahanan pentanahan dan sambungan. Tujuan nilai tahanan pentanahan adalah untuk mendapatkan tahanan grounding (pentanahan) yang serendah mungkin yang bisa dipertimbangkan baik secara ekonomis dan secara pisik.

Komponen Elektroda Gronunding (Pentanahan)

Elektroda pentanahan umumnya dibuat dari bahan yang sangat konduktif/tahanan rendah seperti baja atau tembaga, besar tahanan elektroda tanah dan sambungannya umumnya sangat rendah sehingga arus mengalir tidak terhambat. Hubungan antara penghantar tanah dan elektroda tanah seperti gambar di bawah.

Tahanan kontak tanah di sekitar elektroda menurut National Institute of Standards (lembaga pemerintah dalam Departemen Perdagangan AS) menunjukkan bahwa tahanan hampir dapat diabaikan dengan ketentuan bahwa elektroda pentanahan bebas cat, pelumas, dan lain-lain. Elektroda grounding (pentanahan) harus dalam hubungan yang tetap dengan tanah.

Sedangkan tahanan tanah di sekitar elektroda, grounding (pentanahan) dikelilingi tanah yang secara konseptual terbentuk dari sel-sel yang melingkari semuanya memiliki ketebalan sama. Sel-sel yang paling dekat dengan elektroda grounding (pentanahan) memiliki jumlah area terkecil yang menghasilkan tingkat tahanan terbesar. Masing-masing sel berikutnya membentuk area lebih besar yang menghasilkan tahanan lebih rendah. Pada akhirnya ini akan mencapai titik dimana sel-sel tambahan menawarkan tahanan kecil ke tanah di sekitar elektroda grounding (pentanahan) . Jadi berdasarkan informasi ini,maka akan difokus pada cara-cara untuk mengurangi tahanan tanah ketika memasang sistem grounding (pentanahan) .

Berbagi Artikel "Nilai Resistansi Grounding Yang Baik":

Artikel Terkait "Nilai Resistansi Grounding Yang Baik"

Karena ilmu itu adalah cahaya yang selalu menerangi setiap kehidupan kita. Diperbolehkan meng-copy tulisan di blog ini dengan tetap menjaga amanah ilmiyah & mencantumkan URL Link alamat blog ini. Dan mohon koreksi apabila terdapat kesalahan dalam penyampaian materi. Semoga artikel "Nilai Resistansi Grounding Yang Baik" memberikan manfaat. Terima kasih

Like Untuk Ikuti Perkembangan Materi Elektronika

Buat Pesan Untuk Artikel "Nilai Resistansi Grounding Yang Baik"

Be nice, Keep it clean, Stay on topic and No spam.
2+7= (Plus)