Motor Listrik Dengan Efisiensi Energi

Saturday, November 21st 2015. | Teori Elektronika

Motor yang berefisiensi tinggi dirancang khusus untuk meningkatkan efisiensi energi dibanding dengan motor standar. Perbaikan desain difokuskan pada penurunan kehilangan mendasar dari motor termasuk penggunaan baja silikon dengan tingkat kehilangan yang rendah, inti yang lebih panjang (untuk meningkatkan bahan aktif), kawat yang lebih tebal (untuk menurunkan tahanan), laminasi yang lebih tipis, celah udara antara stator dan rotor yang lebih tipis, batang baja pada rotor sebagai pengganti alumunium, bearing yang lebih bagus dan fan yang lebih kecil, dll.

Motor dengan energi yang efisien mencakup kisaran kecepatan dan beban penuh yang luas. Efisiensinya 3% hingga 7% lebih tinggi dibanding dengan motor standar sebagaimana ditunjukkan dalam gambar dibawah menggambarkan peluang perbaikan yang sering digunakan pada perancangan motor yang efisien energinya.

Gambar Perbandingan Antara Motor Yang Berefisiensi Tinggi Dengan Motor Standar

Motor yang berefisiensi tinggi,meningkatkan efisiensi energi,motor standar,Motor dengan energi yang efisien,modifikasi untuk meningkatkan kinerja,motor listrik hemat energy,motor listrik efisien energi,motor litrsi dengan efisiensi tingi,harga motor listrik,jual motor listrik,modifikasi motor listrik,motor listrik daya rendah,seting motor listrik,meningkatkan kemampuan motor listrik,modifikas motor,motor listrik dengan efisiensi energi tinggi

Sebagai hasil dari modifikasi untuk meningkatkan kinerja, biaya untuk motor yang energinya efisien lebih besar daripada biaya untuk motor standar. Biaya yang lebih tinggi seringkali akan terbayar kembali dengan cepat melalui penurunan biaya operasi, terutama pada penggunaan baru atau pada penggantian motor yang masa pakainya sudah habis. Akan tetapi untuk penggantian motor yang ada yang belum habis masa pakainya dengan motor yang efisien energinya, tidak selalu layak secara finansial, oleh karena itu direkomedasikan untuk mengganti dengan motor yang efisien energinya hanya jika motor-motor tersebut sudah rusak.

Tabel Area Perbaikan Efisiensi Yang Digunakan Pada Motor Yang Efisien Energinya

Area Kehilangan Energi

Peningkatan Efisiensi

Besi Digunakan gauge yang lebih tipis sebab kehilangan inti baja yang lebih rendah menurunkan kehilangan arus eddy.

Inti lebih panjang yang dirancang menggunakan baja akan mengurangi kehilangan karena masa jenis flux operasi yang lebih rendah.

Stator I2R

Menggunakan lebih banyak tembaga dan konduktor yang lebih besar meningkatkan luas lintang penggulungan stator. Hal ini akan menurunkan tahanan (R) dari penggulungan dan mengurangi kehilangan karena aliran arus (I).

Rotor I2R

Penggunaan batang konduktor rotor yang lebih besar meningkatkan potongan lintang, dengan demikian merendahkan tahanan konduktor (R) dan kehilangan yang diakibatkan oleh aliran arus (I)

Gesekan & Pegulungan

Menggunakan rancangan fan dengan kehilangan yang rendah menurunkan kehilangan yang diakibatkan oleh pergerakan udara

Kehilangan beban yang menyimpang

Menggunakan rancangan yang sudah dioptimalkan dan prosedur pengendalian kualitas yang ketat akan meminimalkan kehilangan beban yang menyimpang.

Berbagi Artikel "Motor Listrik Dengan Efisiensi Energi":

Artikel Terkait "Motor Listrik Dengan Efisiensi Energi"

Karena ilmu itu adalah cahaya yang selalu menerangi setiap kehidupan kita. Diperbolehkan meng-copy tulisan di blog ini dengan tetap menjaga amanah ilmiyah & mencantumkan URL Link alamat blog ini. Dan mohon koreksi apabila terdapat kesalahan dalam penyampaian materi. Semoga artikel "Motor Listrik Dengan Efisiensi Energi" memberikan manfaat. Terima kasih

Like Untuk Ikuti Perkembangan Materi Elektronika

Buat Pesan Untuk Artikel "Motor Listrik Dengan Efisiensi Energi"

Be nice, Keep it clean, Stay on topic and No spam.
1+6= (Plus)