MOSFET Sebagai Saklar

Wednesday, July 25th 2012. | Teori Elektronika

MOSFET (Metal Oxide Semiconductor Field Effect Transistor) merupakan salah satu jenis transistor yang memiliki impedansi mauskan (gate) sangat tinggi (Hampir tak berhingga) sehingga dengn menggunakan MOSFET sebagai saklar elektronik, memungkinkan untuk menghubungkannya dengan semua jenis gerbang logika. Dengan menjadikan MOSFET sebagai saklar, maka dapat digunakan untuk mengendalikan beban dengan arus yang tinggi dan biaya yang lebih murah daripada menggunakan transistor bipolar. Untuk membuat MOSFET sebgai saklar maka hanya menggunakan MOSFET pada kondisi saturasi (ON) dan kondisi cut-off (OFF).

Kurva Karakteristik MOSFET

Kurva Karakteristik MOSFET,teori MOSFET sebagai saklar,MOSFET sebagai saklar,artikel MOSFET sebagai saklar,analisis MOSFET sebagai saklar,definisi MOSFET sebagai saklar,syarat MOSFET sebagai saklar,titik kerja MOSFET sebagai saklar,bias tegangan MOSFET sebagai saklar,membuat MOSFET sebagai saklar,karakteristik MOSFET sebagai saklar,fungsi MOSFET sebagai saklar,input MOSFET sebagai saklar,output MOSFET sebagai saklar

Wilayah Cut-Off (MOSFET OFF)

Pada daerah Cut-Off MOSFET tidak mendapatkan tegangan input (Vin = 0V) sehingga tidak ada arus drain Id yang mengalir. Kondisi ini akan membuat tegangan Vds = Vdd. Dengan beberapa kondisi diatas maka pada daerah cut-off ini MOSFET dikatakan OFF (Full-Off).

Kondisi cut-off ini dapat diperoleh dengan menghubungkan jalur input (gate) ke ground, sehingga tidaka ada tegangan input yang masuk ke rangkaian saklar MOSFET. Untuk lebih jelasnya dapat dilihat pada gambar berikut.

Gambar Rangkaian MOSFET Sebagai Saklar Pada Kondisi Cut-Off

Gambar Rangkaian MOSFET Sebagai Saklar Pada Kondisi Cut-Off,Rangkaian MOSFET Sebagai Saklar Pada Kondisi Cut-Off,MOSFET sebagai skalar posisi OFF,syarat MOSFET sebagai skalar posisi OFF,karakteristik MOSFET sebagai skalar posisi OFF,menggunakan MOSFET sebagai skalar posisi OFF,membuat MOSFET sebagai skalar posisi OFF,saklar MOSFET,Saklar MOSFET tertutup,saklar MOSFET OFF,syarat MOSFET OFF

Karakeristik MOSFET pada daerah Cut-Off antara lain sebagai berikut.

  • Input gate tidak mendapat tegangan bias karena terhubung ke ground (0V)
  • Tegangan gate lebih rendah dari tegangan treshold (Vgs < Vth)
  • MOSFET OFF (Fully-Off) pada daerah cut-off ini.
  • Tidak arus drain yang mengalir pada MOSFET
  • Tegangan output Vout = Vds = Vdd
  • Pada daerah cut-off MOSFET dalam kondisi open circuit.

Dengan beberapa karakteristik diatas maka dapat dikatakan bahawa MOSFET pada daerah Cut-Off merupakan saklar terbuka dengan arus drain Id = 0 Ampere. Untuk mendapatkan kondisi MOSFET dalam keadaan open maka tegnagan gate Vgs harus lebih rendah dari tegangan treshold Vth dengan cara menghubungkan terminal input (gate) ke ground.

Wilayah Saturasi (MOSFET ON)

Pada daerah saturasi MOSFET mendapatkan bias input (Vgs) secara maksimum sehingga arus drain pada MOSFET juga akan maksimum dan membuat tegangan Vds = 0V. Pada kondisi saturasi ini MOSFET dapat dikatakan dalam kondisi ON secara penuh (Fully-ON).

Gambar Rangkaian MOSFET Sebagai Saklar Pada Kondisi Saturasi

Gambar Rangkaian MOSFET Sebagai Saklar Pada Kondisi Saturasi,Rangkaian MOSFET Sebagai Saklar Pada Kondisi Saturasi,membuat skalar MOSFET ON,syarat saklar MOSFET ON,karakteristik saklar MOSFET ON,analogi saklar MOSFET ON,daerah kerja skalr MOSFET ON,saklar MOSFTE Saturasi,Saklar MOSFET cut OFF,saklar MOSFET fully-ON,saklar MOSFET fully-Off

Karakteristik MOSFET pada kondisi saturasi antar lain  adalah :

  • Tegangan input gate (Vgs) tinggi
  • Tegangan input gate (Vgs) lebih tinggi dari tegangan treshold (Vgs>Vth)
  • MOSFET ON (Fully-ON) pada daerah Saturasi
  • Tegangan drain dan source ideal (Vds) pada daerah saturasi adalah 0V (Vds = 0V)
  • Resistansi drain dan source sangat rendah (Rds < 0,1 Ohm)
  • Tegangan output Vout = Vds = 0,2V (Rds.Id)
  • MOSFET dianalogikan sebagai saklar kondisi tertutup

Kondisi saturasi MOSFET dapat diperoleh dengan memberikan tegangan input gate yang lebih tinggi dari tegangan tresholdnya dengan cara menghubungkan terminal input  ke Vdd. Sehingga MOSFET mejadi saturasi dan dapat dianalogikan sebagai saklar pada kondisi tertutup.

Berbagi Artikel "MOSFET Sebagai Saklar":

Artikel Terkait "MOSFET Sebagai Saklar"

Karena ilmu itu adalah cahaya yang selalu menerangi setiap kehidupan kita. Diperbolehkan meng-copy tulisan di blog ini dengan tetap menjaga amanah ilmiyah & mencantumkan URL Link alamat blog ini. Dan mohon koreksi apabila terdapat kesalahan dalam penyampaian materi. Semoga artikel "MOSFET Sebagai Saklar" memberikan manfaat. Terima kasih

Like Untuk Ikuti Perkembangan Materi Elektronika

1 Komentar Untuk Artikel " MOSFET Sebagai Saklar" »

Buat Pesan Untuk Artikel "MOSFET Sebagai Saklar"

Be nice, Keep it clean, Stay on topic and No spam.
2+8= (Plus)