Microphone

Tuesday, June 5th 2012. | Audio, Teori Elektronika

Microphone atau sering ditulis mikropon adalah suatu alat yang dapat mengubah getaran suara menjadi getaran listrik. Microphone merupakan salah satu sumber pokok dan merupakan input studio rekaman (studio produksi). Karena sangat peka dalam menerima getaran suara, peletakan microphone memerlukan pengaturan yang khusus agar suarasuara yang tidak diperlukan tidak ikut masuk menggetarkan membrane mikropon. Media penghantar getaran listriknya merambat melalui kabel.

Contoh Microphone

Contoh Microphone,mikropon,microphone,jenis microphone,teori microphone,definisi microphone pengertian mikropon,fungsi microphone,karateristik microphone,mirophone directional,microphone bidirectional,microphone omni directional,mikropon satu arah,mikropon dua arah,mikropon segala arah,kepekaan microphone,sensitifitas microphone,mikropon peka,mikropon sensitif
Ditinjau dari jenisnya, microphone dibagi menjadi :

Microphone Dinamis

karakter microphone dinamis,Microphone Dinamis,microphone dinamic,dinamic mic,microphone coil,moving coil microphone,fungsi mikropon dinamis,penggunaan mikropon dinamis

Microphone dinamis adalah mikropon yang menggunakan prinsip kerja induksi (mikropon menjadi sumber listrik induksi). Prinsip kerja : Getaran suara yang masuk menggerakkan membran; getaran membran menggerakkan moving coil; getaran moving coil yang berada dalam membrane magnet akan menyebabkan timbulnya aliran listrik. Aliran listrik yang berupa gelombang listrik seirama dengan getaran suara yang diterima.

Microphone Carbon (Cardiode)

Microphone Carbon,mikropon karbon,karakter microphone carbon,fungsi mikropon karbon,arti mikropon karbon

Microphone karbon adalah mikropon yang menggunakan prinsip kerja tahananĀ  (resistansi) yang berubah-ubah, biasanya adalah resistor arang. Prinsip kerja : Getaran suara yang masuk menggetarkan membran. Getaran membran ini menyebabkan kerenggangan dan kerapatan arang berubah-ubah. Hal ini menyebabkan bervariasinya nilai resistansi arus listrik yang melewati kumparan primer. Arus listrik pada kumparan primer akan terinduksi pada gulungan sekunder dan besar kecilnya arus ini tergantung dari getaran membran yang disebabkan oleh getaran suara yang diterima.

Microphone Kondensor

Microphone Condenser,condenser mic,microphone kondensator,kondensator mic,karakteristik kondenser mic,fidelitas kondenser mic

Microphone kondensor adalah mikropon yang dalam kerjanya menggunakan kondensator. Prinsip kerja : Getaran suara yang masuk menggetarkan membran. Getaran membran ini mengakibatkan gerakan maju dan mundur lempengan penghantar pada kondensator. Dengan perubahan ini, nilai kondensator pun berubah seiring dengan perubahan getaran. Perubahan kapasitansi ini menyebabkan terjadinya getaran listrik. Selanjutnya getaran listrik ini diperkuat oleh Preamp. Pada mikropon jenis ini memerlukan tegangan phantom dari preamp sebesar 48 volt, tetapi untuk aplikasi sehari hari biasanya mikropon kondensor cukup menggunakan bateray 1,5 volt.

Menurut karakteristiknya, microphone dibagi menjadi :

Microphone Omnidirectional

Microphone omnidirectional merupakan mikropon yang mempunyai sensitivitas ke segala arah.

Microphone Bidirectional

Microphone bidirectional merupakan mikropon yang mempunyai daerah sensitivitas dua arah berbentuk seperti angka 8 dengan nilai kepekaan pada bagian epan dan belakang mikropon.

Microphone Directional

Microphone directional merupakan mikropon yang mempunyai sensitivitas hanya ke arah depan dan sudut-sudut kecil di sekitarnya.

Setiap microphone mempunyai karakteristik yang berlainan pada frekuensi respon, output, impedansi, dan daerah jangkauan. Selain itu penggunannya pun berbeda-beda. Seperti diketahui, mikropon untuk studio biasanya adalah jenis dinamis dan kondenser. Microphone dinamis adalah mic yang mempunyai daerah frekuensi yang lebar dan penampilannya sangat kokoh. SedangkanĀ microphone kondenser mempunyai fidelitas yang paling baik diantara.

Berbagi Artikel "Microphone":

Artikel Terkait "Microphone"

Karena ilmu itu adalah cahaya yang selalu menerangi setiap kehidupan kita. Diperbolehkan meng-copy tulisan di blog ini dengan tetap menjaga amanah ilmiyah & mencantumkan URL Link alamat blog ini. Dan mohon koreksi apabila terdapat kesalahan dalam penyampaian materi. Semoga artikel "Microphone" memberikan manfaat. Terima kasih

Like Untuk Ikuti Perkembangan Materi Elektronika

1 Komentar Untuk Artikel " Microphone" »

Buat Pesan Untuk Artikel "Microphone"

Be nice, Keep it clean, Stay on topic and No spam.
4+6= (Plus)