Meningkatkan Kemampuan Transistor

Tuesday, July 24th 2012. | Teori Elektronika

Transistor memiliki kemampuan yang dibatasi dari spesifikasi teknis dari produsen transistor tersebut sesuai tipe masisng-masing transistor. Beberapa kemampuan transistor yang sering digunakan adalah kemampuan transistor dalam menguatkan tegangan dengan istilah faktor penguatan (hfe) dan kemampuan maksimum mengalirkan arus listrik pada terminal kolektor emitor. Secara umum ada bebrapa teknik yang dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan tansistor tersebut.

KonfigurasiĀ Transistor Darlington

Konfigurasi Transistor Darlington adalah rangkaian elektronika yang terdiri dari sepasang transistor bipolar (dwi kutub) yang tersambung secara tandem (seri). Sambungan seri seperti ini dipakai untuk mendapatkan penguatan (gain) yang tinggi, karena hasil penguatan pada transistor yang pertama akan dikuatkan lebih lanjut oleh transistor kedua. Keuntungan dari rangkaian Darlington adalah penggunaan ruang yang lebih kecil dari pada rangkaian dua buah transistor biasa dengan bentuk konfigurasi yang sama. Penguatan arus listrik atau gain dari rangkaian transistor Darlington ini sering dituliskan dengan notasi Ī² atau hFE.

Konfigurasi Transistor Darlington,menguatkan kemampuan transistor,meningkatkan kemampuan transistor,meningkatkan penguatan transistor,rangkaian darlington,rumus darlinton,teori darilington,aplikasi darlinton,penguatan transistor darlinton,teori transistor darlington,definisi transistor darlington

Transistor Darlington bersifat seolah-olah sebagai satu transistor tunggal yang mempunyai penguatan yang tinggi. Penguatan total dari rangkaian ini merupakan hasil kali dari penguatan masing-masing transistor yang dipakai:

\beta =1+(hF_{E1}\cdot hF_{E2})

Penguatan total dari transistor Darlington bisa mencapai 1000 kali atau lebih. Dari luar transistor Darlington nampak seperti transistor biasa dengan 3 buah kutub: B (basis), C (Kolektor), dan E (Emitter). Dari segi tegangan listriknya, voltase base-emitter rangkaian ini juga lebih besar, dan secara umum merupakan jumlah dari kedua tegangan masing-masing transistornya, seperti nampak dalam rumus berikut:

V_{BE}=V_{BE1}+V_{BE2}

Konfigurasi Transistor Parallel

Konfigurasi transistor parallel bertujuan untuk menguatkan kapasitas arus transistor. pada konfigurasi transistor secara parallel ini kaki basis dihubungkan dengan basis, emitor dengan emitor dan kolektor dengan kolektor.Pada konfigurasi 2 buah transistor parallel maka besarnya kapasitas atau kemampuan mengalirkan arus listrik transistor akan naik 2 kali lipat .

Konfigurasi Transistor Parallel,mneguatkan arus transistor,meningkatkan arus transistor,manambah daya transistor,meningkatkan daya transistor,hubungan parallel transistor,rangkaian transistor parallel,teori transistor parallel,arus maksimal transistor parallel,transistor parallel,definisi transistor parallel,rumus transistor parallel,arus transistor parallel,

Dengan menghubungkan 2 buah transistor power secara parallel maka besarnya kemampuan transistor mengalirkan arus Imax akan menjadi 2 kali lebih besar sesuai persamaan berikut.

I_{MAX total}= I_{MAX1}+I_{MAX2}

Berbagi Artikel "Meningkatkan Kemampuan Transistor":

Artikel Terkait "Meningkatkan Kemampuan Transistor"

Karena ilmu itu adalah cahaya yang selalu menerangi setiap kehidupan kita. Diperbolehkan meng-copy tulisan di blog ini dengan tetap menjaga amanah ilmiyah & mencantumkan URL Link alamat blog ini. Dan mohon koreksi apabila terdapat kesalahan dalam penyampaian materi. Semoga artikel "Meningkatkan Kemampuan Transistor" memberikan manfaat. Terima kasih

Like Untuk Ikuti Perkembangan Materi Elektronika

Buat Pesan Untuk Artikel "Meningkatkan Kemampuan Transistor"

Be nice, Keep it clean, Stay on topic and No spam.
2+8= (Plus)