Mengukur Level Zat Cair Dengan Cara Thermal

Monday, February 22nd 2016. | Sensor / Tranducer, Teori Elektronika

Mengukur Level Zat Cair Dengan Cara Thermal dilakukan berdasarkan karakteristik penyerapan energi panas yang dapat terjadi pada zat cair. Metode Mengukur Level Zat Cair Dengan Cara Thermal ini pada umumnya diterapkan pada perangkat pemanas zat cair pada peralatan-peralatan industri seperti tabung boiler. Kontruksi dasar sensor untuk “Mengukur Level Zat Cair Dengan Cara Thermal” adalah terdidiri dari sebuah elemen pemanas dibentuk berliku-liku dan sebuah pemanas lain dibentuk tetap lurus. Dua buah sensor diletakkan berhadapan dengan bagian tegakdari pemanas, sebuah sensor tambahan harus diletakkan selalu berada dalam cairan yang berfungsi untuk pembanding. Kedua sensor yang berhadapan dengan pemanas digerakkan oleh sebuah aktuator secara perlahan-lahan dengan perintah naik atau turun secara bertahap. Mula-mula sensor diletakkan pada bagian paling atas, selanjutnya sensor suhu digerakkan ke bawah perlahan-lahan, setiap terdeteksi adanya perubahan suhu pada sensor yang berhadapan pada pemanas berliku, maka dilakukan penambahan pencacahan terhadap pencacah elektronik. Pada saat sensor yang berhadapan dengan pemanas lurus mendeteksi adanya perubahan dari panas ke dingin, maka hasil pencacahan ditampilkan pada peraga.

Teknik Mengukur Level Zat Cair Dengan Cara Thermal

Mengukur Level Zat Cair Dengan Cara Thermal,Teknik Mengukur Level Zat Cair Dengan Cara Thermal,metode Mengukur Level Zat Cair Dengan Cara Thermal,Cara Mengukur Level Zat Cair Dengan Cara Thermal,Sistem Mengukur Level Zat Cair Dengan Cara Thermal,sensor level cairan,sensor level zat cair,sensor level cairan dengah suhu,sensor level cairan cara thermal,sensor level air,sensor level zat cair dengan temperature,teknik pengukuran level ketinggian,pengukuran level zat cair,mengukur ketinggian zat cair

Gambar diatas merupakan metode atau cara Mengukur Level Zat Cair Dengan Cara Thermal, pada gambar diatas sensor suhu yang digunakan lebih dari 1. terdapat sebuah sensor suhu yang digunakan sebagai sensor referensi dan 2 buah sensor sebagai sensor level dan posisi yang digerakan naik-turun pada tabung boiler.

Mengukur Level Zat Cair Dengan Cara Thermal ini biasanya digunakan pada tanki-tanki boiler, karena selain sebagai sensor level cairan, juga dapat dipergunakan untuk mendeteksi gradien perubahan suhu dalam cairan. Teknik ini didasarkan pada fakta penyerapan kalor oleh cairan lebih tinggi dibandingkan penyerapan kalor oleh uapnya, sehingga bagian yang tercelup akan lebih dingin dibandingkan bagian yang tidak tercelup.

Berbagi Artikel "Mengukur Level Zat Cair Dengan Cara Thermal":

Artikel Terkait "Mengukur Level Zat Cair Dengan Cara Thermal"

Karena ilmu itu adalah cahaya yang selalu menerangi setiap kehidupan kita. Diperbolehkan meng-copy tulisan di blog ini dengan tetap menjaga amanah ilmiyah & mencantumkan URL Link alamat blog ini. Dan mohon koreksi apabila terdapat kesalahan dalam penyampaian materi. Semoga artikel "Mengukur Level Zat Cair Dengan Cara Thermal" memberikan manfaat. Terima kasih

Like Untuk Ikuti Perkembangan Materi Elektronika

Buat Pesan Untuk Artikel "Mengukur Level Zat Cair Dengan Cara Thermal"

Be nice, Keep it clean, Stay on topic and No spam.
4+8= (Plus)