Sensor Kapasitif

Sunday, July 8th 2012. | Sensor / Tranducer

Sensor kapasitif merupakan sensor elektronika yang bekerja berdasarkan konsep kapasitif. Sensor ini bekerja berdasarkan perubahan muatan energi listrik yang dapat disimpan oleh sensor akibat perubahan jarak lempeng, perubhan luas penampang dan perubahan volume dielektrikum sensor kapasitif tersebut. Konsep kapasitor yang digunakan dalam sensor kapasitif adalah proses menyimpan dan melepas energi listrik dalam bentuk muatan-muatan listrik pada kapasitor yang dipengaruhi oleh luas permukaan, jarak dan bahan dielektrikum. Sifat sensor kapasitif yang dapat dimanfaatkan dalam proses pengukuran diantaranya adalah sebgai berikut.

Sifat Sensor Kapasitif yang Dimanfaatkan Dalam Pengukuran

  • Jika  luas permukaan dan dielektrika (udara) dalam dijaga konstan, maka perubahan nilai kapasitansi ditentukan oleh jarak antara kedua lempeng logam.
  • Jika luas permukaan dan jarak kedua lempeng logam dijaga konstan dan volume dilektrikum dapat dipengaruhi makan perubahan kapasitansi ditentukan oleh volume atau ketinggian cairan elektrolit yang diberikan.
  • Jika jarak dan dielektrikum (udara) dijaga konstan, maka perubahan kapasitansi ditentukan oleh luas permukaan kedua lempeng logam yang saling berdekatan.

Konsep Sensor Kapasitif

Konsep Sensor Kapasitif,konstruksi sensor kapasitif,definisi sensor kapasitif,teori sensor kapasitif,pengertian sensor kapasitif,dasar sensor kapasitif,karakter sensor kapasitif,sifat sensor kapasitif,struktur sensor kapasitif,aplikasi sensor kapasitif,fungsi sensor kapasitif,menggunakan sensor kapasitif,mengukur berat dengan sensor kapasitif,sensor beban dengan sensor kapasitif,sensor level cairan dengansensor kapasitif,layar sentuh dengan sensor kapasitif,teori dasar sensor kapasitif,dasar teori sensor kapasitif,materi sensor kapasitif,jenis jenis sensor kapasitif,sifat-sifat sensor kapasitif,keuntungan sensor kapasitif,muatan sensor kapasitif,kapasitansi sensor kapasitif,harga sensor kapasitif,jual sensor kapasitif,beli sensor kapasitif,output sensor kapasitif,kegunaan sensor kapasitif,kelebihan sensor kapasitif

Kontruksi sensor kapasitif  yang digunakan berupa dua buah lempeng logam yang diletakkan sejajar dan saling berhadapan. Jika diberi beda tegangan antara kedua lempeng logam tersebut, maka akan timbul kapasitansi antara kedua logam tersebut. Nilai kapasitansi yang ditimbulkan berbading lurus dengan luas permukaan lempeng logam , berbanding terbalik dengan jarak antara kedua lempeng dan berbading lurus dengan zat antara kedua lempeng tersebut (dielektrika), seperti ditunjukkan oleh persamaan berikut :

C=\varepsilon _{0}\varepsilon _{r}\frac{A}{d}

Dimana :

ε0 : permitivitas ruang hampa (8,85.10-12 F/m)
εr : permitivitas relatif (udara = 1)
A : luas plat/lempeng  dalam m2
d : jarak antara plat /lempeng dalam m

Aplikasi Sensor Kapasitif

Beberapa aplikasi yang dapat dibuat dengan sensor kapasitif  diantaranya adalah :

  1. Sensor Tekanan : menggunakan sebuah membran yang dapat merenggang sehingga tekanan dapat dideteksi dengan menggunakan spacing-sensitive detector.
  2. Sensor Berat : menggunakan perubahan nilai kapasitansi diantara kedua plat yang jarak kedua plat berubah sesuai beban berat yang diterima.
  3. Ketinggian cairan : menggunakan perubahan nilai kapasitansi antara kedua plat konduktor yang dicelupkan kedalam cairan.
  4. Jarak : jika sebuah object metal mendekati elektroda kapasitor, didapat nilai kapasitansi yang berubah-ubah.
  5. Layar sentuh : dengan menggunakan X-Y tablet
  6. Shaft angle or linear position : dengan menggunakan metode multiplate, kapasitif sensor dapat mengukur angle atau posisi.
Karena ilmu itu adalah cahaya yang selalu menerangi setiap kehidupan kita. Diperbolehkan meng-copy tulisan di blog ini dengan tetap menjaga amanah ilmiyah & mencantumkan URL Link alamat blog ini. Dan mohon koreksi apabila terdapat kesalahan dalam penyampaian materi. Semoga artikel "Sensor Kapasitif" memberikan manfaat. Terima kasih

Berbagi Artikel "Sensor Kapasitif":

Buat Pesan Untuk Artikel "Sensor Kapasitif"

Be nice, Keep it clean, Stay on topic and No spam.
2+4= (Plus)