Regulator Tegangan Variable LM317

Monday, June 4th 2012. | Komponen, Power Supply

Regulator tegangan variabel merupakan rangkaian regluator yang memiliki tegangan output dapat diubah-ubah sesuai kebutuhan. Rangkaian regulator tegangan variabel pada saat ini telah tersedia dalam bentuk chip IC regulator tegangan variabel 3 pin. Salah satu contoh regulator tegangan variabel adalah IC LM317. IC LM317 merupakan chip IC regulator tegangan variable untuk tegangan DC positif. Untuk membuat power supply dengan tegangan output variabel dapat dibuat dengan sederhana apabila menggunakan IC regulator LM317. IC Regulator tegangan variabel LM317 terdiri dari rangkaian internal sebagai berikut.

Rangkaian Internal LM317

internal lm317,blog diagram lm317,lm317,datasheet lm317,rakaian internal lm317,bagian lm317,fungsi bagian lm317,fungsi lm317,blok diagram lm317

Fungsi bagian pada regulator tegangan positif LM317

  • Voltage Reference adalah jalur atau bagian yang berfungsi memberikan tegangan referensi kontrol tegangan output pada regulator LM317. Input tegangan referensi daiambil dari rangkaian pembagi tegangan variabel (R1 dan R2 pada rangkaian dibawah).
  • Komparator berfungsi sebagai pembanding antar tegangan output dan tegangan referensi, dimana besarnya tegangan output dapat dihitung dari persamaan dibawah.
  • Circuit Protection adalah rangkaian pelindung IC LM317 dari erjadinya arus konrsleting dan sebagi pelindung IC dari panan kerlebihan.
  • Power regulator adalah ragnkaain darlinto transistor NPN yang berfungsi untuk memperkuat arus output regulator tegangan variabel LM317.

IC regulator tegangan variabel LM317 memiliki kemampuan mengalirkan arus maksimum sebesar 1,5 Ampere dan mampu memberikan tegangan output variabel dari 1,2 volt DC sampai dengan 37 volt DC. Contoh aplikasi penggunaan regulator tegangan variabel LM317 dapat dilihat pada gambar berikut.

Rangkaian Regulator Tegangan Variable LM317

Rangkaian Regulator Tegangan Variable LM317,regulator tegangan variabel,regulator variabel positif,IC lm317,aplikasi LM317,rangkaian LM317,power supply variable,skema regulator positif variabel,skema regulator variabel lm317,teori dasar lm317,teori regulator variable,artikel regulator variabel,regualtor lm317,aplikas regulator lm317,rumus lm317,rumus regulator variable,spesifikasi regulator lm317

Rangkaian regulator tegangan variabel diatas menggunakan IC LM317 sehingga rangkaian regulator menjadi sederhana. Komponen pendukung regulator tegangan variable LM317 pada dasarnya adalah rangkaian pembagi teganga variabel kombinasi R1 dan R2. Kapsitor Ci dan Co berfungsi sebgai tapis input dan output. nilai tegangan referensi pada regulator tegangan diatas ditentukan berdasarkan posisi tuas R2. Besarnya tegangan output pada regulator tegangan variabel dengan IC LM317 (Vo) diatas dapat dihgitung dengan persamaan berikut.

V_{O}=1,25v \left ( 1+\frac{R2}{R1} \right )+ I_{adj}R2

Spesifikasi Regulator Tegangan Variabel LM317

  • Arus maksimum 1,5 Ampere
  • Dapat memberikan perubahan output dari 1,2 volt sampai 37 volt DC
  • Dilengkapi dengan proteksi dari hubung singkat (shot cirkuit.
  • Dilengkapi dengan proteksi over heating (panas berlebih)

Karena ilmu itu adalah cahaya yang selalu menerangi setiap kehidupan kita. Diperbolehkan meng-copy tulisan di blog ini dengan tetap menjaga amanah ilmiyah & mencantumkan URL Link alamat blog ini. Dan mohon koreksi apabila terdapat kesalahan dalam penyampaian materi. Semoga artikel "Regulator Tegangan Variable LM317" memberikan manfaat. Terima kasih

Berbagi Artikel "Regulator Tegangan Variable LM317":

Buat Pesan Untuk Artikel "Regulator Tegangan Variable LM317"

Be nice, Keep it clean, Stay on topic and No spam.
0+7= (Plus)