Karakteristik Frekuensi Radio (RF) Dengan Modulasi Frekuensi (FM)

Friday, September 25th 2015. | Teori Elektronika

Untuk dapat mengirimkan data melalui udara diperlukan suatu device yang dapat melakukan proses penumpangan data digital kepada gelombang pembawa (carrier). Radio Frequency FM data transceiver adalah sebuah device yang dapat mengirimkan data melalui media udara (wireless). Device tersebut dapat melakukan proses penumpangan data digital terhadap gelombang pembawa dengan frekuensi yang lebih tinggi untuk kemudian dipancarkan ke udara oleh pemancar. Pada bagian penerima, gelombang pembawa yang mengandung data digital diterima oleh Radio Frequency FM dibagian penerima.

Karakteristik Frekuensi Radio (RF) Dengan Modulasi Frekuensi (FM),karakteristik frekuensi radio,karakteristik FM,karakteristik frekuensi FM,karakteristik modulasi FM,sifat FM,sifat frekuensi modulasi,kelebihan modulasi FM,keuntungan modulasi FM,teori modulasi FM,karakteristik RF dengan FM,karakteristik RF FM,karakteristik RF,sifat RF,Lebih tahan noise,Bandwidth yang lebar,Radio Frequency FM

Pada pengiriman informasi, sistem FM banyak digunakan dibandingkan dengan sistem AM. Jika dibandingkan dengan sistem AM, maka FM memiliki beberapa keunggulan diantaranya.

  • Lebih tahan noise

Frekuensi yang dialokasikan untuk siaran FM berada pada range frekuensi 88 MHz – 108 MHz, dimana pada wilayah frekuensi ini secara relatif bebas dari gangguan baik dari atmosfir maupun interferensi yang tidak diharapkan. Jangkauan dari sistem modulasi ini tidak jauh jika dibandingkan pada sistem modulasi AM dimana panjang gelombangnya lebih panjang. Sehingga noise yang diakibatkan oleh penurunan level daya hampir tidak berpengaruh karena dipancarkan secara Line Of Sight (LOS).

  • Bandwidth yang lebar

Lebar (band) FM terletak pada bagian VHF (Very High Frequency) dari spektrum frekuensi dimana tersedia bandwidth yang lebih lebar dari pada band siaran AM dengan panjang gelombang medium (MW = Medium Wave). Bandwidth yang lebar pada saluran FM juga memungkinkan untuk memuat dua saluran yaitu data atau audio.

Berbagi Artikel "Karakteristik Frekuensi Radio (RF) Dengan Modulasi Frekuensi (FM)":

Artikel Terkait "Karakteristik Frekuensi Radio (RF) Dengan Modulasi Frekuensi (FM)"

Karena ilmu itu adalah cahaya yang selalu menerangi setiap kehidupan kita. Diperbolehkan meng-copy tulisan di blog ini dengan tetap menjaga amanah ilmiyah & mencantumkan URL Link alamat blog ini. Dan mohon koreksi apabila terdapat kesalahan dalam penyampaian materi. Semoga artikel "Karakteristik Frekuensi Radio (RF) Dengan Modulasi Frekuensi (FM)" memberikan manfaat. Terima kasih

Like Untuk Ikuti Perkembangan Materi Elektronika

Buat Pesan Untuk Artikel "Karakteristik Frekuensi Radio (RF) Dengan Modulasi Frekuensi (FM)"

Be nice, Keep it clean, Stay on topic and No spam.
5+6= (Plus)