Jenis Potensiometer Dan Aplikasinya Sebagai Sensor

Wednesday, August 22nd 2012. | Sensor / Tranducer

Potensiometer yang tersedia di pasaran terdiri dari beberapa jenis, yaitu potensiometer karbon, potensiometer wire wound dan potensiometer metal film.

  1. Potensiometer karbon adalah potensiometer yang terbuat dari bahan karbon harganya cukup murah akan tetapi kepressian potensiometer ini sangat rendah biasanya harga resistansi akan sangat mudah berubah akibat pergeseran kontak.
  2. Potensiometer gulungan kawat (wire wound) adalah potensiometer yang menggunakan gulungan kawat nikelin yang sangat kecil ukuran penampangnya.Ketelitian dari potensiometer jenis ini tergantung dari ukuran kawat yang digunakanserta kerapihan penggulungannya.
  3. Potensiometer metal film adalah potensiometer yang menggunakan bahan metal yang dilapiskan kebahan isolator

Gambar Jenis Potensiometer

Jenis Potensiometer Dan Aplikasinya Sebagai Sensor,PotensiometerGambar Jenis Potensiometer,Potensiometer linier,potensiometer logaritmis,potensiometer karbon,potensiometer wire wound,potensiometer metal film,Potensiometer gulungan kawat (wire wound),Penggunaan potensiometer untuk pengontrolan posisi,potensiometer sebagai sensor,aplikasi potensiometer,jenis potensiometer,tipe potensiometer,aplikasi potensiometer,ketelitian potensiometer,potensiometer  sebagai kontrol,kelemahan potensiometer,kelebihan potensiometer,harga potensiometer,ual potensiometer,linieritas potensiometer,resolusi potensiometer,dasar teori potensiometer,definsi potensiometer,potensiometer adalah

Potensiometer karbon dan metal film jarang digunakan untuk kontrol industri karena cepat aus. Potensiometer wire wound adalah potensiometer yang menggunakan kawat halus yang dililit pada batang metal. Ketelitian potensiometer tergantung dari ukuran kawat. Kawat yang digunakan biasanya adalah kawat nikelin.

Penggunaan potensiometer untuk pengontrolan posisi cukup praktis karena hanya membutuhkan satu tegangan eksitasi dan biasanya tidak membutuhkan pengolah sinyal yang rumit. Kelemahan penggunaan potensiometer terutama adalah:

  • Cepat aus akibat gesekan
  • Sering timbul noise terutama saat pergantian posisi dan saaat terjadi lepas kontak
  • Mudah terserang korosi
  • Peka terhadap pengotor

Potensiometer linier adalah potensiometer yang perubahan tahanannya sangat halus dengan jumlah putaran sampai sepuluh kali putaran (multi turn). Untuk keperluan sensor posisi potensiometer linier memanfaatkan perubahan resistansi, diperlukan proteksi apabila jangkauan ukurnya melebihi rating, linearitas yang tinggi hasilnya mudah dibaca tetapi hati-hati dengan friksi dan backlash yang ditimbulkan, resolusinya terbatas yaitu 0,2 – 0,5%

Berbagi Artikel "Jenis Potensiometer Dan Aplikasinya Sebagai Sensor":

Artikel Terkait "Jenis Potensiometer Dan Aplikasinya Sebagai Sensor"

Karena ilmu itu adalah cahaya yang selalu menerangi setiap kehidupan kita. Diperbolehkan meng-copy tulisan di blog ini dengan tetap menjaga amanah ilmiyah & mencantumkan URL Link alamat blog ini. Dan mohon koreksi apabila terdapat kesalahan dalam penyampaian materi. Semoga artikel "Jenis Potensiometer Dan Aplikasinya Sebagai Sensor" memberikan manfaat. Terima kasih

Like Untuk Ikuti Perkembangan Materi Elektronika

Buat Pesan Untuk Artikel "Jenis Potensiometer Dan Aplikasinya Sebagai Sensor"

Be nice, Keep it clean, Stay on topic and No spam.
1+6= (Plus)