Jenis Material Katoda Tabung Hampa (Vacuum Tube)

Wednesday, June 10th 2015. | Teori Elektronika

Material yang digunakan untuk membuat katoda pada tabung hampa merupakan material khusus. pada dasarnya terdapat 3 jenis material yang dapat digunakan untuk membuat katoda pada tabung hampa. Ketiga material pembuat katoda tabung hampa (vacuum tube) tersebut adalah tungsten, thoriated thungsten dan katoda berlapis oxida (oxide coated cathode). ketiga bahan pembuat katoda pada tabung hampa (vacuum tube) tersebuat dapat diuraikan lebih dalam lagi sebagai berikut :

Struktur Atom Tungsten,jenis Tungsten,harga Tungsten,Tungsten murah,kelebihan Tungsten,logam Tungsten,beli Tungsten,jual Tungsten,cara buat Tungsten,buat Tungsten,buat katoda Tungsten,alasan penggunaan Tungsten,katoda Tungsten,tabung hampa Tungsten,jual Tungsten online

Material Katoda Jenis Tungsten

Material ini adalah material yang pertama kali digunakan orang untuk membuat katode. Tungsten memiliki dua kelebihan untuk digunakan sebagai katoda yaitu memiliki ketahanan mekanik dan juga titik lebur yang tinggi (sekitar 3400 derajat Celcius), sehingga tungsten banyak digunakan untuk aplikasi khas yaitu tabung X-Ray yang bekerja pada tegangan sekitar 5000V dan temperature tinggi. Akan tetapi untuk aplikasi yang umum terutama untuk aplikasi Tabung Audio dimana tegangan kerja dan temperature tidak terlalu tinggi maka tungsten bukan material yang ideal, hal ini disebabkan karena tungsten memiliki fungsi kerja yang tinggi( 4,52 eV) dan juga temperature kerja optimal yang cukup tinggi (sekitar 2200 derajat celcius)

Material Katoda Jenis Thoriated Tungsten

Material ini ialah campuran antara tungsten dan thorium. Thorium adalah material yang secara individual memiliki fungsi kerja 3,4 eV, campuran antara thorium dan tungsten memiliki fungsi kerja 2,63 eV, yaitu suatu nilai fungsi kerja yang lebih rendah dibandingan dengan fungsi kerja tungsten ataupun thorium dalam keadaan tidak dicampur. Selain itu hasil pencampuran kedua logam tersebut memiliki temperature kerja optimal yang lebih rendah daripada tungsten yaitu 1700 derajat celcius hal ini berarti besarnya energi yang dibutuhkan untuk pemanasan pada aplikasi pemakaian logam campuran ini juga lebih rendah.

Material Katoda Jenis Katoda berlapis oksida (Oxide-Coated Cathode)

Katoda tipe ini terbuat dari lempengan nickel yang dilapis dengan barium dan oksida strontium. Sebagai hasil dari pelapisan tersebut maka dihasilkanlah katoda yang memiliki fungsi kerja yang dan temperature kerja optimal rendah yaitu sekitar 750 derajat celsius. Katoda jenis ini umumnya digunakan untuk aplikasi yang menggunakan tegangan tidak lebih dari 1000 V.

Berbagi Artikel "Jenis Material Katoda Tabung Hampa (Vacuum Tube)":

Artikel Terkait "Jenis Material Katoda Tabung Hampa (Vacuum Tube)"

Karena ilmu itu adalah cahaya yang selalu menerangi setiap kehidupan kita. Diperbolehkan meng-copy tulisan di blog ini dengan tetap menjaga amanah ilmiyah & mencantumkan URL Link alamat blog ini. Dan mohon koreksi apabila terdapat kesalahan dalam penyampaian materi. Semoga artikel "Jenis Material Katoda Tabung Hampa (Vacuum Tube)" memberikan manfaat. Terima kasih

Like Untuk Ikuti Perkembangan Materi Elektronika

Buat Pesan Untuk Artikel "Jenis Material Katoda Tabung Hampa (Vacuum Tube)"

Be nice, Keep it clean, Stay on topic and No spam.
0+5= (Plus)