Hubungan Temperature Dan Sensor Suhu

Wednesday, January 28th 2015. | Teori Elektronika

AC. Srivastava, (1987), mengatakan temperatur merupakan salah satu dari empat besaran dasar yang diakui oleh Sistem Pengukuran Internasional (The International Measuring System). Lord Kelvin pada tahun 1848 mengusulkan skala temperature termodinamika pada suatu titik tetap triple point, dimana fase padat, cair dan uap berada bersama dalam equilibrium, angka ini adalah 273,16 °K ( derajat Kelvin) yang juga merupakan titik es. Skala lain adalah Celcius, Fahrenheit dan Rankine dengan hubungan sebagai berikut:

°F = 9/5 °C + 32  atau
°C = 5/9 (°F-32)  atau
°R = vF + 459,69

Yayan I.B, (1998), mengatakan temperatur adalah kondisi penting dari suatu substrat. Sedangkan  “panas adalah salah satu bentuk energi yang diasosiasikan dengan aktifitas molekul-molekul dari suatu substrat”. Partikel dari suatu substrat diasumsikan selalu bergerak. Pergerakan partikel inilah yang kemudian dirasakan sebagai panas. Sedangkan temperatur adalah ukuran perbandingan dari panas tersebut.

Pergerakan partikel substrat dapat terjadi pada tiga dimensi benda yaitu:

  1. Benda padat,
  2. Benda cair dan
  3. Benda gas (udara)

Aliran kalor substrat pada dimensi padat, cair dan gas dapat terjadi secara :

  1. Konduksi, yaitu pengaliran panas melalui  benda padat (penghantar) secara kontak langsung
  2. Konveksi, yaitu pengaliran panas melalui media cair secara kontak langsung
  3. Radiasi, yaitu pengaliran panas melalui media udara/gas secara kontak tidak langsung

Pada aplikasi pendeteksian atau pengukuran tertentu, dapat dipilih salah satu tipe sensor dengan pertimbangan :

  1. Penampilan (Performance)
  2. Kehandalan  (Reliable) dan
  3. Faktor ekonomis ( Economic)

Pemilihan Jenis Sensor Suhu

Hal-hal yang perlu diperhatikan sehubungan dengan pemilihan jenis sensor suhu adalah: (Yayan I.B, 1998)

  1. Level suhu maksimum dan minimum dari suatu substrat yang diukur.
  2. Jangkauan (range) maksimum pengukuran
  3. Konduktivitas kalor dari substrat
  4. Respon waktu perubahan suhu dari substrat
  5. Linieritas sensor
  6. Jangkauan temperatur kerja

Selain dari ketentuan diatas, perlu juga diperhatikan aspek phisik dan kimia dari sensor seperti ketahanan terhadap korosi (karat), ketahanan terhadap guncangan, pengkabelan (instalasi), keamanan dan lain-lain.

Temperatur Kerja Sensor

sensor temperature,teori temperature,skala temperature,ukuran temperature,satuan temperature,sensor suhu,pemilihan sensor suhu,pertimbangan memilih sensor suhu,temperature kerja sensor,pemilihan jenis sensor suhu,karakteristik sensor suhu,perbandingan sensor suhu,perbandingan jenis sensor suhu

Setiap sensor suhu memiliki temperatur kerja yang berbeda, untuk pengukuran suhu disekitar kamar yaitu antara -35oC sampai 150oC, dapat dipilih sensor NTC, PTC, transistor, dioda dan IC hibrid. Untuk suhu menengah yaitu antara 150oC sampai 700oC, dapat dipilih thermocouple dan RTD. Untuk suhu yang lebih tinggi sampai 1500oC, tidak memungkinkan lagi dipergunakan sensor-sensor kontak langsung, maka teknis pengukurannya dilakukan menggunakan cara radiasi. Untuk pengukuran suhu pada daerah sangat dingin dibawah 65oK =  -208oC ( 0oC = 273,16oK ) dapat digunakan resistor karbon biasa karena pada suhu ini karbon berlaku seperti semikonduktor. Untuk suhu antara 65oK sampai -35oC dapat digunakan kristal silikon dengan kemurnian tinggi sebagai sensor.

Berbagi Artikel "Hubungan Temperature Dan Sensor Suhu":

Artikel Terkait "Hubungan Temperature Dan Sensor Suhu"

Karena ilmu itu adalah cahaya yang selalu menerangi setiap kehidupan kita. Diperbolehkan meng-copy tulisan di blog ini dengan tetap menjaga amanah ilmiyah & mencantumkan URL Link alamat blog ini. Dan mohon koreksi apabila terdapat kesalahan dalam penyampaian materi. Semoga artikel "Hubungan Temperature Dan Sensor Suhu" memberikan manfaat. Terima kasih

Like Untuk Ikuti Perkembangan Materi Elektronika

1 Komentar Untuk Artikel " Hubungan Temperature Dan Sensor Suhu" »

Buat Pesan Untuk Artikel "Hubungan Temperature Dan Sensor Suhu"

Be nice, Keep it clean, Stay on topic and No spam.
4+7= (Plus)