Flowmeter Radio Aktif

Saturday, September 26th 2015. | Sensor / Tranducer

Flowmeter Radio Aktif adalah salah satu perangkat untuk mengukur aliran fluida menggunakan metode radio aktif untuk mengetahui aliran fluida dalam suatu pipa. Teknik pengukuran aliran zat cair dengan radio aktif adalah dengan menembakkan partikel netron dari sebuah pemancar radio aktif. Pada jarak tertentu kearah outlet, dipasang detector. Bila terjadi aliran, maka akan terdeteksi adanya partikel “radio aktif”, jumlah partikel yang terdeteksi pada selang tertentu akan sebanding dengan kecepatan aliran fluida.

Teknik lain yang masih menggunakan teknik radio aktif adalah dengan cara mencampurkan bahan radio aktif kedalam fluida kemudian pada bagian-bagian tertentu dipasang detector. Teknik ini dilakukan bila terjadi kesulitan mengukur misalnya karena bahan aliran terdiri dari zat yang berada pada berbagai fase. Teknik radio aktif ini juga biaa dipergunakan pada pengobatan yaitu mencari posisi pembuluh darah yang macet bagi penderita kelumpuhan.

Gambar Flowmeter Dengan Metode Radiasi Nuklir

Flowmeter Radio Aktif,Gambar Flowmeter Dengan Metode Radiasi Nuklir,radio aktif,flowmeter,detektor radio aktif,teori flowmeter radio aktif,prinsip kerja flowmeter radio aktif,sistem kerja flowmeter radio aktif,pengukur aliran fluida radio aktif,metode radio aktif,metode flowmeter radio aktif,kecepatan aliran fluida

Dari gambar diatas terlihat jelas secara teknis proses pengukuran aliran fluida dalam suatu pipa menggunakan metode radio aktif. Pada gambar ilustrasi flowmeter menggunakan metode radiasi nuklir diatas partikel neutron ditembakan pada aliran fluida kemudian pada bagian pipa yang lain diletakan detektor untuk mendeteksi adanya muatan ion akibat radiasi. Jumlah muatan ion yang terdeteksi oleh detektor pad bagin pipa tersebut akan dibandingkan dengan dengan jumlah neutron yang ditembakan, jumlah ion yang akibat radiasi yang terdeteksi ini sebanding dengan kecepatan alairan fluida yang mengalir pada pipa tersebut.

Berbagi Artikel "Flowmeter Radio Aktif":

Artikel Terkait "Flowmeter Radio Aktif"

Karena ilmu itu adalah cahaya yang selalu menerangi setiap kehidupan kita. Diperbolehkan meng-copy tulisan di blog ini dengan tetap menjaga amanah ilmiyah & mencantumkan URL Link alamat blog ini. Dan mohon koreksi apabila terdapat kesalahan dalam penyampaian materi. Semoga artikel "Flowmeter Radio Aktif" memberikan manfaat. Terima kasih

Like Untuk Ikuti Perkembangan Materi Elektronika

Buat Pesan Untuk Artikel "Flowmeter Radio Aktif"

Be nice, Keep it clean, Stay on topic and No spam.
2+7= (Plus)