Driver / Interface Microcontroller Dengan Beban AC

Monday, February 16th 2015. | Microcontroller, Percobaan, Rangkaian

Rangkaian driver/interface yang digunakan disini berfungsi sebagai antarmuka antara mikrokontroler dengan rangkaian daya. Selain berfungsi sebagai antarmuka rangkaian ini juga berfungsi sebagai pengaman/isolasi antara rangkaian daya dengan mikrokontroler sehingga bila terjadi kerusakan pada rangkaian daya maka mikrokontroler tidak mengalami kerusakan. Rangkaian interface microcontroller dengan beban AC ini terdiri dari 2 bagian sebagai berikut.

  • Driver dan interface/isolator microcontroler
  • Rangkain daya / penggerak beban AC

Kedua bagian drive/interface dan rangkaian daya yang digunakan untuk menggerakan beban ac yang dikontrol oleh microcontroller dapat dilihat pada gambar berikut.

Rangkaian Driver / Interface Microcontroller Dengan Beban AC

Rangkaian Interface Mikrokontroler Dengan Beban AC,interface microcontroller dengan jaringan AC,menghubungkan microcontroller ke rangkaian AC,driver/interface microcontroller dengan rangkaian AC,membuat rangkaian interface mikrokontroler dan beban AC,mikrokontroler ke jaringan AC,rangkaian untuk menghubungkan microcontroller ke beban AC,komponen untuk menghubungkan mikrokontroler dan beban AC,isolator antar microcontroller dengan beban AC,driver beban AC untuk mikrokontroler,penggerak beban AC untuk mikrokontroler

Bagian Driver Dan Interface / Isolator Microcontroler

Komponen utama pembentuk rangkaian driver ini berupa optoisolator dengan tipe MOC 3021, dimana penggeraknya menggunakan diode infra merah dan keluarannya berupa photo triac. Bentuk rangkaian dari driver terlihat seperti pada gambar diatas.

Pada rangkaian driver ini yang perlu diperhatikan adalah besarnya arus yang diperlukan untuk menggerakkan  photo triac agar terhubung, dan besarnya arus yang dibutuhkan oleh rangkaian daya (triac). Besarnya arus yang diperlukan pada led infra merah agar photo triac terhubung adalah berkisar antara 8 – 15 mA, sedangkan arus maksimum yang diperbolehkan melewati photo triac adalah sebesar 100 mA. Dengan menggunakan Vcc sebesar 5 volt, maka untuk mengalirkan arus pada led (Id) sebesar 10 mA diperlukan resistor dengan nilai :

R_{i}=\frac{V_{cc}-V_{d}}{I_{d}}=\frac{5-3}{10mA}=370\Omega

Besarnya arus yang mengalir pada photo triac ditentukan memalui arus yang diperlukan oleh gate pada triac daya. Hal ini tergantung pada triac yang dipakai. Pada sistem ini triac yang digunakan membutuhkan arus gate maksimum 1.2 ampere, sehingga nilai resistor minimal yang harus dipasang pada Rg adalah sebesar :

R_{g}=\frac{V_{ac}-V_{g}}{I_{g}}=\frac{220-2,5}{1,2A}=181\Omega

Bagian Daya / Penggerak Beban AC

Rangkaian daya yang dimaksud disini adalah triac dan rangkaian pendukungnya yang berupa rangkaian snubber. Triac berfungsi untuk memberikan daya ke beban sesuai dengan sudut picu yang diberikan dari mikrokontroler, sedangkan rangkaian snubber berfungsi sebagai komutator pada saat beban berupa beban induktif, sehingga triac dapat dimatikan pada saat yang tepat.

Pada rangkaian ini triac yang digunakan adalah triac dengan tipe Q4004 dengan alasan triac tersebut mudah didapatkan dipasaran dan mampu mengalirkan arus maksimum 4A, sehingga cocok jika digunakan untuk mencatu daya dari beban.

Berbagi Artikel "Driver / Interface Microcontroller Dengan Beban AC":

Artikel Terkait "Driver / Interface Microcontroller Dengan Beban AC"

Karena ilmu itu adalah cahaya yang selalu menerangi setiap kehidupan kita. Diperbolehkan meng-copy tulisan di blog ini dengan tetap menjaga amanah ilmiyah & mencantumkan URL Link alamat blog ini. Dan mohon koreksi apabila terdapat kesalahan dalam penyampaian materi. Semoga artikel "Driver / Interface Microcontroller Dengan Beban AC" memberikan manfaat. Terima kasih

Like Untuk Ikuti Perkembangan Materi Elektronika

Buat Pesan Untuk Artikel "Driver / Interface Microcontroller Dengan Beban AC"

Be nice, Keep it clean, Stay on topic and No spam.
4+4= (Plus)