Converter Tegangan Ke Frekuensi Dengan RC4151

Monday, February 16th 2015. | Artikel Elektronika, Microcontroller, Rangkaian

Agar tegangan output analog dari sebuah sensor dapat dibaca oleh mikrokontroler, maka sinyal analog tersebut harus diubah menjadi data digital. Data digital yang digunakan adalah pulsa-pulsa dengan frekuensi yang sebanding dengan besarnya tegangan dari sensor suhu tersebut. Proses pengubahan tegangan dari sensor suhu menjadi frekuensi dilakukan oleh IC RC4151 atau XR4151.

Nilai frekuensi yang dihasilkan dari IC RC4151 sebanding dengan tegangan DC yang diberikan ke masukan IC RC4151. Secara matematis dapat dirumuskan sebagai berikut :

F_{out}=\frac{0,486\cdot RS}{RB\cdot Ro\cdot Co}V_{in}

T_{low}= 1,1\cdot Co\cdot Ro

Dengan :

RS = Resistor pada pin 2
Rb = Resistor pada pin1 atau pin 6
Ro = Resistor pada pin 5
Co =  Kapasitor pada pin 5

Rangkaian Converter Tegangan Ke Frekuensi Dengan RC4151

Converter Tegangan Ke Frekuensi Dengan RC4151,Rangkaian Converter Tegangan Ke Frekuensi Dengan RC4151,skema Converter Tegangan Ke Frekuensi Dengan RC4151,membuat Converter Tegangan Ke Frekuensi Dengan RC4151,merakit Converter Tegangan Ke Frekuensi Dengan RC4151,fungsi Converter Tegangan Ke Frekuensi Dengan RC4151,menggunakan Converter Tegangan Ke Frekuensi Dengan RC4151,harga Converter Tegangan Ke Frekuensi Dengan RC4151,jual Converter Tegangan Ke Frekuensi Dengan RC4151,menguabh tegangan menjadi frekuensi,alat pengubah tegangan ke frekuensi,tegangan ke frekuensi,converter tegangan ke frekuensi,mengubah tegangan ke frekuensi,IC RC4151,XR4151,converter tegangan ke frekunsi untuk mikrokontroler,mengubah tegangan ke frekuensi untuk microcontroller,volatge to frequency converter,teori converter tegangan ke frekuensi,rumus converter tegangan ke frekuensi,harga converter tegangan ke frekuensi,kit converter tegangan ke frekuensi,modul converter tegangan ke frekuensi

Dengan nilai resistor dan kapsitor seperti pada gambar diatas dimaksudkan untuk pengesetan rangkaian agar frekuensi output-nya 1000 kali nilai tegangan inputnya.

F_{out}=\frac{0,486\cdot 13,9 K\Omega }{100K\Omega \cdot 6,8K\Omega \cdot 10nF}V_{in}=1000 V_{in}

Pemasangan schmitt trigger pada bagian output rangkaian pengubah tegangan ke frekuensi dimaksudkan untuk mempertegas level logika dari frekuensi output rangkaian supaya dapat dibaca oleh mikrokontroler dengan baik.

Aplikasi Rangkaian Converter Tegangan Ke Frekuensi Dengan RC4151

Rangkaian ini dapat diaplikasikan pada pengukuran atau monitoring suatu keadaan menggunakan sensor dengan output besaran listrik analog (tegangan), diantaranya sebgai berikut.

  • Pengubah (converter) tegangan output sensor suhu LM35 menjadi frekuensi.
  • Converter tergangan output photo transistor dalam pengukuran intensitas cahaya.
  • Converter tegangan output sensor gas figaro dalam pengukuran kebocoran gas.
  • Converter tegangan output sensor berat/beban dengan strain gauge.
  • Converter tegangan output sensor suhu dengan NTC pada penetas telor.

Dan masih banyak lagi aplikasi converter tegangan ke frekuensi dengan IC RC4151 yang digunakan dalam pengukuran atau m0nitoring menggunakan mikrokontroler atau komputer.

Berbagi Artikel "Converter Tegangan Ke Frekuensi Dengan RC4151":

Artikel Terkait "Converter Tegangan Ke Frekuensi Dengan RC4151"

Karena ilmu itu adalah cahaya yang selalu menerangi setiap kehidupan kita. Diperbolehkan meng-copy tulisan di blog ini dengan tetap menjaga amanah ilmiyah & mencantumkan URL Link alamat blog ini. Dan mohon koreksi apabila terdapat kesalahan dalam penyampaian materi. Semoga artikel "Converter Tegangan Ke Frekuensi Dengan RC4151" memberikan manfaat. Terima kasih

Like Untuk Ikuti Perkembangan Materi Elektronika

Buat Pesan Untuk Artikel "Converter Tegangan Ke Frekuensi Dengan RC4151"

Be nice, Keep it clean, Stay on topic and No spam.
5+4= (Plus)