Converter Tegangan Ke Frekuensi Dengan IC 555

Friday, February 13th 2015. | Artikel Elektronika, Percobaan, Rangkaian

Converter tegangan ke frekuensi adalah rangkaian yang berfungsi untuk mengubah level tegangan sinyal input menjadi frekuensi pulsa output. Rangkaian converter tegangan ke frekuensi dapat dibuat menggunakan IC NE555. Rangkaian converter tegangan ke frekuensi dengan IC 555 ini akan mengubah level tegangan input menjadi frekuensi pulsa output, dimana semakin tinggi level tegangan input maka semakin tinggi pula frekuensi sinyal output. Untuk membangun converter tegangan ke frekuensi astabil multivibrator 555 ditambahkan rangkaian integrator aktif IC TL071. Konfigurasi integrator dan multivibrator sebagai penyusun rangkaian converter tegangan ke frekuensi ini dapat dilihat pada gambar berikut.

Rangkaian Converter Tegangan Ke Frekuensi Dengan IC 555

Rangkaian Converter Tegangan Ke Frekuensi Dengan IC 555,konverter tegangan ke frekuensi,converter tegangan ke frekuensi,converter tegangan ke frekuensi dengan IC 555,rangkaian converter tegangan ke frekuensi IC 555,skema converter tegangan ke frekuensi IC 555,konsep conversi tegangan ke frekuensi,prinsip kerja converter tegangan ke frekuensi,aplikasi IC 555 cebagai converter tegangan ke frekuensi,teknik konversi tegangan ke frekuensi denagn ic 555,membuat konverter tegangan ke frekuensi IC 555,merakit converter tegangan je frekuensi,prinsip kerja converter tegangan ke frekuensi

Rangkaian converter tergangan ke frekuensi diatas terdiri dari 2 bagian utama yaitu bagian integrator yang disusun dengan operasional amplifier TL071 P1, R1 dan C1 kemudian bagian multivibrator IC 555. Rangkaian converter tegangan ke frekuensi ini dapat diberikan input dari 0 – 10 volt dan akan memberikan frekuensi output dari 0 – 1000 Hz. Frekuensi output dari rangkaian converter tegangan ke frekuensi diatas dapat ditentukan dengan persamaan matematis sebagai berikut.

F_{out}=\frac{V_{in}}{P1+R1}\cdot C_{1}\cdot \frac{1}{3}V_{cc}

Proses konversi teganga ke frekuensi pada rangkaian diatas dimulai pada saat tegangan C1 mencapai 2/3 Vcc sehingga membuat transistor discharge didalam IC 555 ON dan mengosongkan muatan kapasitor C1 hingga 1/3 Vcc dan proses pengisian muatan C1 berjalanlagi hingga 2/3 Vcc dan proses ini berulang terus sehingga multivibrator akan memberikan output dalam bentuk pulsa dengan frekuensi sesuai kecepatan proses pengisisan dan pengosongan kapasitor C1. Karena nilai kapasitas C1 dan resistansi input (P1 dan R1) tetap sehingga kecepatan proses pengisian kapasitor ditentukan oleh level tegangan input rangkaian.

Fungsi P1 pada rangkaian converter tegangan ke frekuensi diatas adalah sebagai kalibrator frekuensi output terhadap level tegangan input sehingga dapat mengkonversikan secara linier tegangan input 0 – 10 volt menjadi frekuensi output 0 – 1000Hz. Rangkaian converter tegangan ke frekuensi dengan IC 555 diatas beroperasi dengan tegangan sumberĀ Ā± 15 volt DC.

Berbagi Artikel "Converter Tegangan Ke Frekuensi Dengan IC 555":

Artikel Terkait "Converter Tegangan Ke Frekuensi Dengan IC 555"

Karena ilmu itu adalah cahaya yang selalu menerangi setiap kehidupan kita. Diperbolehkan meng-copy tulisan di blog ini dengan tetap menjaga amanah ilmiyah & mencantumkan URL Link alamat blog ini. Dan mohon koreksi apabila terdapat kesalahan dalam penyampaian materi. Semoga artikel "Converter Tegangan Ke Frekuensi Dengan IC 555" memberikan manfaat. Terima kasih

Like Untuk Ikuti Perkembangan Materi Elektronika

Buat Pesan Untuk Artikel "Converter Tegangan Ke Frekuensi Dengan IC 555"

Be nice, Keep it clean, Stay on topic and No spam.
1+7= (Plus)