Bandwidth (BW) Dalam Bidang Frekuensi Radio (RF)

Saturday, September 29th 2012. | Teori Elektronika

Dalam bidang telekomunikasi dikenal beberapa pengertian tentang bandwidth (BW). Bandwidth dalam bidang telekomunikasi dapat dibedakan menjadi bandwidth dalam artian kapasitas komunikasi dan bandwidth dalam artian spektrum frekuensi radio yang dipancarkan. Pada bagaian ini diuraikan tentang bandwidth dalam artian spektrum frekuensi radio atau dikenal juga dengan istilah occupied bandwidth atau bandwidth yang dibutuhkan. Setiap peralatan atau perangkat transmisi pada sistem telekomunikasi mempunyai bandwidth. Beberapa pengertian bandwidth  dapat diartikan sebagai berikut :

  • Spektrum elektromagnetik yang diduduki sinyal.
  • Lebar pita frekuensi yang dilalukan oleh kanal (rangkaian).
  • Luas daerah spektral yang signifikan dari sinyal untuk frekuensi-frekuensi positif.

Dari sudut pandang bandwidth-nya, sinyal dapat dibedakan dalam 2 kategori, yakni:

Sinyal dengan bandwidth sempit,  dalam hal ini besar BW mudah ditentukan. Misalnya Pulsa Sinc dengan spektrum frekuensi berbentuk persegi, maka banwidth dari pulsa Sinc tersebut adalah W.

Gambar Pulsa Sinc dengan Spektrum Frekuensi Persegi

Gambar Pulsa Sinc dengan Spektrum Frekuensi Persegi,bandwidth Pulsa Sinc,bandwith Spektrum Frekuensi Persegi

Sinyal dengan bandwidth tak terbatas, Pada umumnya sinyal yang ada dalam praktek, mempunyai bandwidt tak terbatas. Pada kondisi ini, besar BW ditentukan melalui luas daerah spektral yang signifikan dari sinyal untuk frekuensi-frekuensi positif, sehingga didapat beberapa defenisi BW, yakni:

Jika spektrum sinyal simetri dengan main lobe yang dibatasi oleh nilai-nilai nol ( frekuensi dengan spektrum nol), maka main lobe tersebut digunakan sebagai dasar untuk menentukan BW sinyal. Untuk sinyal Low Pass, besar BW adalah ½ bagian dari lebar total main lobe spektrum tersebut.

Sebagai contoh Pulsa persegi dengan lebar pulsa 2T1 sebagai berikut :

Gambar Pulsa Persegi dengan Spektrum Frekuensi Sinc

Gambar Pulsa Persegi dengan Spektrum Frekuensi Sinc,bandwidth Spektrum Frekuensi Sinc,bandwidth Pulsa Persegi

Lebar main lobe = 2π/T1  → BW = ½ x 2π/T1 = π/T1

Untuk sinyal Band Pass, besar BW adalah lebar main lobe pada frekuensi positif (null to null BW). Sebagai contoh Pulsa rf (radio frequency) dengan lebar T sebagai berikut :

Gambar Pulsa rf Dengan Spektrum Frekuensi Sinc Berpusat Di fc

Gambar Pulsa rf Dengan Spektrum Frekuensi Sinc Berpusat Di fc,bandwidth Pulsa rf,bandwidth Frekuensi Sinc Berpusat Di fc

Main lobe = 2/T → BW = 2/T

Bandwidth 3 dB: Besar BW ditentukan dari posisi frekuensi yang mempunyai amplituda 3 dB ( 2-1/2) dari nilai amplituda puncaknya. Untuk sinyal Low Pass, besar BW adalah jarak antara frekuensi nol dengan frekuensi positif pada saat amplituda bernilai 2-1/2 dari nilai puncaknya.

Gambar Pulsa eksponensial dengan Spektrum Frekuensinya

Gambar Pulsa eksponensial dengan Spektrum Frekuensinya,bandwidth Pulsa eksponensial,bandwidth spektrum frekuensi

Bandwidth = 1/2π

Untuk sinyal Band Pass, spektrum berpusat di + fc . Besar bandwidth merupakan jarak antara 2 frekuensi positif yang mempunyai amplituda 2-1/2 dari nilai puncaknya.

Deskripsi Driver Motor DC 2 Arah Dengan Relay Dan ULN 2803

Berbagi Artikel "Bandwidth (BW) Dalam Bidang Frekuensi Radio (RF)":

Artikel Terkait "Bandwidth (BW) Dalam Bidang Frekuensi Radio (RF)"

Karena ilmu itu adalah cahaya yang selalu menerangi setiap kehidupan kita. Diperbolehkan meng-copy tulisan di blog ini dengan tetap menjaga amanah ilmiyah & mencantumkan URL Link alamat blog ini. Dan mohon koreksi apabila terdapat kesalahan dalam penyampaian materi. Semoga artikel "Bandwidth (BW) Dalam Bidang Frekuensi Radio (RF)" memberikan manfaat. Terima kasih

Like Untuk Ikuti Perkembangan Materi Elektronika

Buat Pesan Untuk Artikel "Bandwidth (BW) Dalam Bidang Frekuensi Radio (RF)"

Be nice, Keep it clean, Stay on topic and No spam.
5+3= (Plus)