Standart Baku Sistem Penerima Televisi

Thursday, August 2nd 2012. | Artikel Elektronika

Dalam pengiriman gambar terdapat beberapa sistem, diantaranya: NTSC, PAL dan SECAM. Standart baku sistem penerima televisi tersebut dapat dijelaskan sebagai berikut.

PAL (Phase Alternating Line)

Adalah sebuah encoding warna yang digunakan dalam sistem televisi broadcast, digunakan di seluruh dunia kecuali di kebanyakan Amerika, beberapa di Asia Timur menggunakan NTSC, sebagian Timur Tengah dan Eropa Timur, dan Prancis (menggunakan SECAM, walaupun kebanyakan dari mereka telah memulai proses menggunakan PAL).

PAL dikembangkan di Jerman oleh Walter Bruch, yang bekerja di Telefunken, dan pertama kali diperkenalkan pada tahun 1967. Catatan bahwa Thomson Prancis, di mana Henri de France mengembangkan SECAM, kemudian membeli Telefunken. Thomson juga berada di belakang merk RCA untuk produk elektronik konsumen, dan RCA menciptakan standar TV warna NTSC (sebelum Thomson terlibat).

NTSC (National Television System Committee)

NTSC dengan format terdiri dari 30 frame video per detik, dimana setiap frame terbentuk dari 525 scanning garis. 486
scanning membentuk visible raster dan sisanya (vertical blanking interval) digunakan untuk sinkronisasi dan penyapuan vertikal serta informasi lain seperti teks penutup dan vertical interval timecode.

Pada raster yang lengkap, scanning genap (lower scanlines) yaitu garis 21-263 membentuk bidang gambar yang pertama dan scanning ganjil (upper scanlines) yaitu garis 283-525 membentuk bidang gambar yang kedua. Sebagai perbandingan, system PAL menggunakan 625 garis (576 visible raster), atau dengan kata lain memiliki resolusi vertikal yang cukup tinggi, tetapi memiliki resolusi frame yang rendah yaitu 25 frame atau 50 bidang gambar per detik.

SECAM (Sequential Color with Memory)

Pada tahun 1957, Henri de France memperkenalkan sistem warna SECAM. Dalam sistem SECAM, resolusi warna gambar dan ukuran secara vertikal dikurangi. Sinyal Q dan I dari sistem NTSC tidak digunakan, sebagai gantinya sinyal R-Y Dan B-Y digunakan sebagai sinyal modulasi, dan dipancarkan dengan bandwidth yang sama. Keduanya tidak dipancarkan secara serempak seperti halnya di dalam sistem NTSC dan PAL. Tetapi secara bergantian, satu garis berisi sinyal R-Y dan garis yang berikutnya berisi sinyal B-Y. Suatu penundaan garis (delay line) di dalam penerima TV membuat kedua sinyal ini bergabung kembali ketika gambar akan ditampilkan.

Tabel Pembagian Sistem Warna, Frame Dan Bandwidth Sinyal

Standart Baku Sistem Penerima Televisi,PAL,NTSC,SECAM,Tabel Pembagian Sistem Warna, Frame Dan Bandwidth Sinyal,Tabel Pembagian sistem frame TV,Tabel Pembagian bandwidth sinyal TV,Sequential Color with Memory),National Television System Committee,Phase Alternating Line,PAL (Phase Alternating Line),NTSC (National Television System Committee),SECAM (Sequential Color with Memory),teori sistem standart warna TV,definisi sistem standart warna,sistem warna TV,sistem PAL,sistem NTSC,sistem SECAM,teori PAL,teori NTSC,teori SECAM,PAL adalah,NTSC adalah,secam adalah,pengertian PAL,pengertian NTSC,pengertian SECAM,bandwidht sinyal TV,format warna TV,sistem warna Televisia penerima TV,warn

Di diatas menampilkan pembagian sistem warna beserta pembagian frame dan bandwidth, IF frekuensi untuk system NTSC, PAL, Pembagian jalur frekuensi berdasarkan besarnya frekuensi, dan pembagian bandwidth untuk masing-masing kanal.

Karena ilmu itu adalah cahaya yang selalu menerangi setiap kehidupan kita. Diperbolehkan meng-copy tulisan di blog ini dengan tetap menjaga amanah ilmiyah & mencantumkan URL Link alamat blog ini. Dan mohon koreksi apabila terdapat kesalahan dalam penyampaian materi. Semoga artikel "Standart Baku Sistem Penerima Televisi" memberikan manfaat. Terima kasih

Berbagi Artikel "Standart Baku Sistem Penerima Televisi":

1 Komentar Untuk Artikel " Standart Baku Sistem Penerima Televisi" »

  • ekel s says:

    kk tv ku lampu powernya on tpi layar tdak nyala dan sudah ku atsi , tpi kembali da masalah baru yaitu muncul gambar tpi cuma sebenrtar layar mati tpi lampu power tetap on dan bila tombol chanel ditekan baru muncul lagi dan beberapa mnenit kembali mati,, mohon bantuannya untuk mengatasinya

Buat Pesan Untuk Artikel "Standart Baku Sistem Penerima Televisi"

Be nice, Keep it clean, Stay on topic and No spam.
0+6= (Plus)