Radio Penerima FM Stereo

Thursday, June 21st 2012. | Artikel Elektronika, Rangkaian

Radio penerima FM stereo ini adalah pengembangan dari receiver FM TDA7021 pada artikel sebelumnya. Pada gambar rangkaian dibawah radio penerima FM stereo ini dapat dilihat secara detil pada tiap bagiannya. Radio penerima FM stereo ini menggunakan IC penerima FM TDA7021 kemudian sebagai demodulator FM stereo menggunakan IC TDA7040 dan sebagai penguat audio stereo menggunakan IC TDA7050. Rangkaian radio penerima FM stereo ini menggunakan sumber tegangan DC + 3 volt DC hingga +9 volt DC. Rangkaian radio penerima FM ini didesain sebagai radio penerima FM stereo portable. Rangkaian radio penerima FM stereo ini terdiri dari 3 bagian utama seperti terlihat pada gambar berikut.

Rangkaian Radio Penerima FM Stereo

Rangkaian Radio Penerima FM Stereo,radio FM stereo,penerima FM stereo,rangkain radio fm stereo,radio fm stereo TDA7021,tuner FM stereo TDA7021,membuat radio FM stereo,radio FM stereo IC,skema radio FM Stereo,radio FM stereo TDA7021,radio FM stereo portable,radio FM stereo tegangan rendah,penerima FM stereo tegangan rendah

Rangkaian radio penerima FM stereo diatas dapat diuraikan dalam 3 bagian utam sebgai berikut.

Bagian FM Tuner, bagian ini berfungsi untuk memilih pancaran gelombang radio dari pemancar radio FM. Rangkaian tuner FM pada rangkaian diatas menggunakan IC TDA7021 yang merupakan receiver FM dengan teknologi Micro Tuning Sistem (MTS) dan penguat IF (Intermediate Frequency) dengan sistel FLL (Frequency Locked Loop) dengan frekuensi IF 76 KHz. Rangkaian tuner ini memberikan output berupa sinyal informasi dari pemancar radio FM yang masih mono.

Bagian Demodulator FM Stereo, bagian ini berfungsi untuk memulihakan kanal stereo sinyal informasi yang dipancarkan oleh pemancar FM stereo. Rangkaian demodulator FM stereo ini menggunakan IC TD7040 yang merupakan decoder FM stereo tipe PLL (Phase Locked Loop).

Bagian Penguat Audio, rangkaian ini berfungsi untuk menguatkan sinyal audio (sinyal informasi) stereo agar bisa menggerakan loud speaker. Rangkaian penguat audio dibagun menggunakan penguat audio IC TDA7050 yang merupakan penguat audio dengan tegangan kerja rendah (Low Voltage Amplifier) stereo.

Rangkaian radio penerima FM stereo diatas dilengkapi dengan pengatur level sinyal audio (volume control) menggunakan potensiometer stereo 22 KOhm.

Karena ilmu itu adalah cahaya yang selalu menerangi setiap kehidupan kita. Diperbolehkan meng-copy tulisan di blog ini dengan tetap menjaga amanah ilmiyah & mencantumkan URL Link alamat blog ini. Dan mohon koreksi apabila terdapat kesalahan dalam penyampaian materi. Semoga artikel "Radio Penerima FM Stereo" memberikan manfaat. Terima kasih

Berbagi Artikel "Radio Penerima FM Stereo":

Buat Pesan Untuk Artikel "Radio Penerima FM Stereo"

Be nice, Keep it clean, Stay on topic and No spam.
1+3= (Plus)