Interface Motor DC Ke Microcontroller

Thursday, June 7th 2012. | Artikel Elektronika, Microcontroller, Rangkaian

Rangkaian interface motor DC ke microcontroller ini adalah salah contoh rangkaian driver motor DC yang dapat dihubungkan langsung ke microcontroller. Rangkaian interface motor DC dengan microcontroller pada gambar dibawah dappat digunakan untuk mengontrol kecepatan putaran motor DC dari microcontroller menggunakan teknik PWM (Pulse Width Modulation) atau dapat juga mengendalikan jalan tidaknya (ON atau OFF) motor DC menggunakan logika kontrol high (1) atau Low (0) dari microcontroller. Rangkaian interface (antarmuka) motor DC dengan microcontroller ini merupakan driver motor DC yang sangat sederhana dan praktis digunakan untuk aplikasi sederhana pengendalian motor DC 1 arah. Rangkaian detil dari interface motor DC ke microcontroller dapat dilihat pada gambar berikut.

Rangkaian Interface Motor DC Ke Microcontroller

Rangkaian Interface Motor DC Ke Microcontroller,Driver Motor DC Sederhana,interface motor dc,interface motor dc ke microcontroller,menghubungkan motor dc ke microcontroller,rangkaian driver motor dc,mengontrol motor dc,rangkaian kontrol motor dc,antarmuka motor dc dan microcontroller,kontroller motor dc sederhana,Driver Motor DC Sederhana ke microcontroller

Dari gambar rangkaian interface motor DC ke microcontroller diatas, motor DC akan disupply tegangan secara 1 arah saja dari sumber tegangan positif melalui transistor. Jalur kontrol rangkaian inteface motor DC diatas dapat diberikan sinyal kontrol berupa pulsa PWM ataupun logika kontrol High dan Low. Untuk pengontrolan kecepatan mmotor DC maka jalur kontrol tersebut diberikan sinyal kontrol berupa pulsa PWM dari microcontroller. Dan untuk keperluan pengendalian motor DC tanpa kontrol kecepatan dapat menggunakan logika kontrol High untuk menjalankan motor DC dan logika Low untuk menghentikan motor DC.

Rangkaian interface motor DC dengan microcontroller diatas dibuat menggunakan 2 buah transistor yang dirangkai darlington sebagai driver motor DC dan sebuah dioda yang dipasang paralel dengan motor DC dan berfungsi untuk membuang impuls tegangan induksi dari motor DC yang dikontrol oleh rangkaian interface motor DC ke Microcontroller diatas.

Karena ilmu itu adalah cahaya yang selalu menerangi setiap kehidupan kita. Diperbolehkan meng-copy tulisan di blog ini dengan tetap menjaga amanah ilmiyah & mencantumkan URL Link alamat blog ini. Dan mohon koreksi apabila terdapat kesalahan dalam penyampaian materi. Semoga artikel "Interface Motor DC Ke Microcontroller" memberikan manfaat. Terima kasih

Berbagi Artikel "Interface Motor DC Ke Microcontroller":

Buat Pesan Untuk Artikel "Interface Motor DC Ke Microcontroller"

Be nice, Keep it clean, Stay on topic and No spam.
2+7= (Plus)